Sabtu, 27 Desember 2008

Harus Berbeda

Manusia tercipta di dunia dalam bentuk yang sama. Meskipun ini generalisasi. Karena itu fitrah manusia adalah menjadi crowd, kerumunan yang tidak berarti. Anggota kerumunan tidaklah memiliki makan apa - apa bagi anggota yang lain. Mereka semua setara.

Crowd, memiliki pola berpikir yang sama, kebiasaan yang sama. Tidak ada yang istimewa dari Crowd selain jumlah dan keteraturannya. Intinya membosankan. Dari kebosanan yang mematika itu lahir sejumlah anggota kerumunan yang mengingingkan level yang lebih tinggi dari sekadar anggota.

Mereka melepaskan atribut crowd dengan menciptakan nilai - nilai sendiri yang berbeda dari nila - nilai crowd. Jika crowd mengangap keadilan adalah semua harus diperlakukan sama, para pembangkang crowd menganggap ini lelucon.

Keadilan tidak mungkin tercipta dari kesamaan. Keadilan adalah tidak ada yang sama. Karena atribut ekstrem ini mereka dainggap mush oleh crowd. Jadilah mereka mahluk kesepian. Seperti bintang - bintang di malam gelap. Mereka bukan bagian dari langit gelap meskipun sama - sama bagian dari malam.

Manusia sudah seharusnya berbeda satu sama lain.

1 komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut