Minggu, 29 Maret 2009

Tidak Butuh Identitas

Hal aneh lain yang sering ditemukan dalam situs jejaring sosial adalah ada begitu banyak pengguna yang tidak memakai nama asli ketika mendaftarkan diri. Lalu hal ini berlanjut pada pencantuman profil yang tidak sesuai. Seolah - olah mereka hendak menciptakan identitas baru yang berbeda dengan pribadi sejati mereka sendiri.

Sebetulnya ada banyak alasan lain, para pengguna berbuat seperti ini. Biasanya alasan privasi maupun sekedar senang - senang mendominasi. Tapi apapun alasannya, biasanya pengguna semacam ini jarang mendapatkan perhatian di dunia maya. Karena biasanya pengguna situs jejaring sosial hanya akan menambahkan seseorang sebagai temannya jika orang tersebut memiliki profil yang jelas.

Tapi kecenderungan saat ini berbeda. Orang - orang kini mulai asal saja dalam mencari kawan dalam situs jejaring sosial. Mereka tidak peduli apakah orang tersebut dikenalnya atau tidak. Kondisi seperti inilah yang saya alami selama 3 bulan bertualang di Facebook.

Saya mendaftarkan diri di situs ini tanpa nama asli, foto, maupun profil jelas. Tapi tetap saja ada juga orang yang mengirim undangan pertemanan padaku. Tanpa perkenalan mendalam atau hal semacamnya, saya pun secara asal menjadikan mereka sebagai teman. Dan alhasil, 1000 orang lebih jadi kawanku di FB.

Ironisnya, tidak sampai 1/3 dari mereka yang jadi temanku mengenalku.

3 komentar:

AMey mengatakan...

hahaha...jd itu tujuan lu nambah2 tmn scara acak?
dsrrr...
tp blh juga tuh, adakan pnelitian mgenai dampak facebook?

dhila13 mengatakan...

hmm... saya mau komen apa ya?

Miss 'U mengatakan...

berteman kadang memang tidak perlu saling kenal kan :D :D

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...