Kamis, 29 April 2010

Refarat Rabies

Pendahuluan
Rabies adalah penyakit infeksi akut susunan saraf pusat pada manusia dan mamalia yang disebabkan oleh virus rabies yang termasuk dalam genus Lyssa virus.


sumber gambar:http://silenceraloner.files.wordpress.com/2009/05/dog-obedience-school1.jpg

Etiologi
Virus rabies merupakan prototipe dari genus Lyssa virus dari famili Rhabdoviridae. Dari genus Lyssa virus ada 11 jenis virus yang secara antigen mirip dan bisa menyebabkan rabies.

Ciri virus ini adalah:
- Berbentuk peluru
- Ukuran 180x75 nm
- single stranded RNA

Rabu, 28 April 2010

Ciri-Ciri Psikopat

Ini artikel yang saya dapat dari jurnal Multiply teman. Setelah membacanya langsung tersadar... ternyata di dunia ini ada banyak psikopat. 

Silahkan baca....semoga bermanfaat.




sumber gambar:http://maulanusantara.files.wordpress.com/2008/06/psycho.jpg

DOKTOR John Clarke, doktor di bidang psikologi dari University of Sydney, Australia, yang bertahun-tahun menjadi psikolog kriminal,
mengingat hari di saat dia seketika itu sadar bahwa mungkin ada sejumlah psikopat di jutaan kantor di seluruh dunia. “Saya sedang menyampaikan kuliah psikologi kejahatan dan memberikan daftar ciri psikopat. Setelah selesai, seorang perempuan menghampiri dan berkata “Anda baru saja menggambarkan bos saya,” katanya kepada kantor berita Jerman (DPA).

Clarke juga penulis buku The Pocket Pscyho yang berisikan panduan singkat bagaimana melindungi diri dari psikopat organisasional menyatakan bahwa psikopat tidak hanya ada di penjara, di ruang sidang pengadilan, atau pada kisah thriller. Psikopat, baik laki-laki maupun perempuan, sedang berencana licik di tempat kerja, di seluruh dunia. Penelitian menyatakan bahwa satu persen populasi orang dewasa yang bekerja adalah psikopat di tempat kenanya. Psikopat seperti itu ada di kantor besar maupun kecil, dia ada di ruang rapat dewan maupun di lantai-lantai toko.

Selasa, 27 April 2010

Pekerjaan

Mungkin apa yang dikatakan Sersan William James pada anaknya dalam film The Hurt Locker ada benarnya,

"Saat kau beranjak dewasa...beberapa hal yang dulu kau sukai mungkin takkan terlihat istimewa lagi. Seperti mainan badut dalam kotak milikmu. Mungkin kau sadar bahwa ini hanya potongan logam dan mainan hewan......kemudian kau melupakan beberapa benda yang sangat kau sukai. Dan saat kau seumuran Ayah,
mungkin hanya 1 atau 2 benda yang akan kau cintai."

Seiring berjalannya waktu, hal-hal yang dulu terlihat menarik tidak lagi menjadi begitu mempesonakan diriku. Aku masih ingat ketika dulu menonton serial Power Ranger, semua jagoan dalam acara TV itu terlihat sangat hebat. Kendaraan dan senjata yang mereka gunakan, keadilan yang ingin mereka bela, benar-benar membuatku ingin menjadi seperti mereka. Tapi begitu aku tahu kalau ternyata kehebatan itu hanya sebatas rekayasa desain grafis, minatku pada Power Ranger langsung pudar. Aku merasa tertipu.

Seperti sudah menjadi takdir, banyaknya pengetahuan yang kita raih berbanding lurus dengan berkurangnya keindahan dunia ini. Mungkin karena alasan inilah banyak ilmuwan yang sudah meneliti banyak hal tidak lagi begitu tertarik dengan pencapaian uang berlimpah, mobil mewah ataupun game PS3 keluaran terbaru. Uang tidak lebih dari sekedar logam dan kertas, mobil hanya kumpulan sekrup dan lempeng logam lalu apalah arti game PS3, yang tersusun dari pixel-pixel yang terkompresi dalam sekeping cakram fiber.

Mereka yang mencintai pekerjaannya akan bahagia selamanya. Mungkin....

Senin, 26 April 2010

Keindahan

Hidup sebagai mahasiswa teknik sebenarnya menyenangkan cuma sayangnya banyak orang yang tidak menyadarinya. Kebanyakan mahasiswa terlalu terpaku pada tugas gambar, menghitung dan asistensi. Seolah tidak ada kehidupan lain di luar mistar, pensil mekanik, kalkulator dan kopi. Padahal kalau mereka mau membuka mata lebar-lebar dan membiarkan perasaan mereka berbicara lebih banyak, ada banyak kenikmatan yang bisa dirasakan di luar ruang-ruang kaku kelas yang hanya berisi ocehan dosen mengenai logaritma, aritmatika dan berbagai rumus yang mampu meng-hang-kan otak mahasiswa dalam sekejap.




Jangan tanya mahasiswa teknik, berapa jumlah pohon di taman merah kampus karena mereka nyaris tidak pernah menikmati indahnya taman itu. Atau jangan tanya mengenai berapa buah cermin pecah di toilet kampus pada mahasiswa teknik, karena saking sibuknya, banyak anak teknik yang sudah tidak pernah lagi menyisir rambut atau sekedar memandangi cermin untuk memastikan keutuhan wajah setelah kerja tugas gambar semalaman.

Hanya aksara ACC di kertas laporan dan huruf A di papan nilai yang tampak indah di mata mahasiswa teknik. Sedangkan yang lain....samar-samar. Hei, jam berapa sekarang?

Seputar Demam

Sejarah


Gambar Termometer. Dikutip dari Wikipedia


Keadaan demam sejak zaman Hipocrates sudah diketahui sebagai pertanda penyakit. Galileo pada abad pertengahan menciptakan alat pengukur suhu dan Santorio di Padua melaksanakan aplikasi pertama penemuan ini di lingkungan klinik. Tiga abad kemudian, untuk pertama kalinya Traube mempelihatkan sebuah kurva suhu secara menyeluruh yang dibuat di sebuah klinik di Leipzig. Dan pengukuran suhu semakin terkenal karena Wunderleich. Dia menyatakan bahwa kondisi seorang pasien dapat diketahui lebih akurat jika kita mengetahui suhunya.

Dan saat ini pengukuran suhu menjadi salah standar pemeriksaan fisik paling penting dalam dunia kesehatan. Suhu dikelompokkan dalam satu kelompok pemeriksaan yang disebut Pemeriksaan Vital. Kelompok pemeriksaan vital ini biasanya disingkat menjadi TNPS singkatan dari Tensi, Nadi, Pernapasan dan Suhu.

Hampir semua pasien yang masuk rumah sakit biasanya diperiksa fungsi vitalnya.

Ukuran


Suhu pasien biasanya diukur dengan menggunakan termometer air raksa. Dan tempat pemeriksaannya adalah di aksila (ketiak), rektum (dubur), atau oral (mulut). Biasanya ada perbedaan pengukuran suhu antara aksila, oral maupun rektum. Dalam keadaan normal biasanya perbedaan sekitar 0,5 derajat celcius; suhu rektal lebih tinggi dibanding suhu oral.

Suhu tubuh normal berkisar antara 36,5-37,2 derajat celcius. Suhu subnormal di bawah 36,2 derajat celcius. Bila suhu di atas 37,2 derajat celcius maka itu disebut demam.

Hiperpireksia adalah suatu keadaan kenaikan suhu tubuh sampai setinggi 41,2 derajat celcius atau lebih, sedangkan hipotermia adalah keadaan suhu tubuh di bawah 35 derajat celcius.

Patofisiologi

Demam terjadi karena pelepasan pirogen dari dalam leukosit yang sebelumnya telah terangsang oleh pirogen eksogen yang dapat berasal dari mikroorganisme seperti bakteri, parasit dll atau karena sebab inflamasi lain yang tidak disebabkan oleh infeksi seperti pada keganasan.

Dewasa ini diduga bahwa pirogen endogen adalah Interleukin-1 (IL-1). Dalam hipotalamus, zat ini merangsang pelepasan asam arakidonat (AA) serta mengakibatkan sintesis prostaglandin E2 yang langsung menyebabkan pireksia (demam).

Sensasi panas pada seseorang yang demam semakin terakumulasi akibat proses metabolisme yang ikut menyumbang panas akibat kerjanya yang semakin bertambah sebagai efek demam.

Tipe-Tipe Demam


Beberapa tipe demam yang dapat kita temui antara lain:
1. Demam septik; Suhu berangsur naik ke tingkat yang tinggi sekali pada malam hari dan turun kembali ke tingkat di atas normal pada pagi hari. Sering disertia keluhan menggigil dan berkeringat. Bila demam tinggi lalu turun ke tingkat yang normal dinamakan juga demam hektik.
2. Demam Remiten; Suhu badan turun setiap hari tapi tidak pernah mencapai suhu badan normal.
3. Demam Intermiten; Suhu badan turun ke tingkat normal selama beberapa jam dalam satu hari. Bila demam seperti ini terjadi setiap dua hari sekali disebut tertiana dan bila terjadi dua hari bebas demam di antara dua serangan demam disebut kuartana.
4. Demam Kontinyu; Suhu tubuh saat demam tidak memiliki variasi signifikan (tidak sampai satu derajat). Bila demam yang terus menerus tinggi maka disebut hiperpireksia.


Suatu tipe demam biasanya dihubungkan dengan tipe penyakit tertentu seperti demam intermiten erat kaitannya dengan malaria. Dalam praktek, 90 % kasus demam yang baru saja terjadi pada dasarnya merupakan suatu penyakit self-limitting seperti influenza dan beberapa penyakit kausa virus lainnya. Namun kita harus tetap waspada pada infeksi bakterial seperti Pneumonia, Abses atau TBC.

Selain akibat infeksi, demam juga dapat disebabkan oleh suatu toksemia, karena keganasan atau reaksi pemakaian obat. Selain itu gangguan pada pusat regulasi suhu dapat menyebabkan demam seperti pada heat stroke, perdarahan otak, koma atau gangguan sentral lainnya.

Demam Belum Terdiagnosis

Demam belum terdiagnosis adalah suatu keadaan di mana pasien mengalami demam terus menerus selama 3 minggu dengan suhu badan di atas 38,3 derajat celcius dan tetap belum ditemukan penyebabnya walaupun telah diteliti secara intensif dengan menggunakan saran laboratorium dan penunjang medis lainnya.

Istilah yang digunakan untuk penyakit ini adalah: febris et causa ignota, fever of obscure origin, fever pf undiagnosed origin (FUO). Penyebab FUO, sesuai golongan penyakitnya antara lain: infeksi (40%), neoplasma (20%), penyakit kolagen (20), penyakit lainnya (10%) dan idiopatik (10%).

Sebelum dilakukan pemeriksaan yang mutahir, maka untuk mendiagnosis keadaan seperti itu kita harus melakukan uji darah, kultur bakteri dan biposi pada jaringan yang dicurigai mengalami gangguan.


Demam Dibuat-Buat

Kadang-kadang seorang pasien dengan sengaja berusaha dengan berbagai cara agar suhu tubuhnya saat diukur terlihat lebih tinggi dari suhu tubuh yang sebenarnya. Keadaan demam seperti ini disebut factitous fever.
Bila diketahui bahwa seorang pasien berpura-pura demam, maka saat melakukan pemeriksaan harus diadakan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi manipulasi.

 (R.H.H Nelwan. IPD FKUI 2006)

Sabtu, 24 April 2010

Update Status FB Pakai Blackberry Tanpa Harus Memilikinya

Pernah lihat orang yang update status di Facebooknya pakai Blackberry, seperti in:

Terlihat bonafid kan. Biasanya seseorang harus membeli Blackberry yang harganya jutaan rupiah agar bisa mengupdate status FB seperti gambar di atas.

Hal seperti itu hanya menimbulkan kesenjangan sosial antara pengguna FB. Nah, untuk mengatasi kesenjangan itu maka situs http://pc.statusvia.net 
dan situs fb.trikgratis.com. menciptakan suatu aplikasi yang memungkinkan kita mengupdate status FB melalui berbagai gadget keren dan aneh...

Mulai dari Blackberry, iPhone, iPad hingga telepati...Pokoknya keren deh...

Cara update statusnya mudah sekali.
1. Login dulu di FB
2. Terus buka tab baru di browser dan masuk di situ http://pc.statusvia.net atau fb.trikgratis.com.. Nah, di halaman itu akan terlihat berbagai gadget aneh yang bisa anda tampilkan saat mengupdate status anda.
3. Klik salah satu gadget yang Anda sukai...Misalnya Update facebook status via ATM machine
4. Setelah melakukannya, akan muncul halaman baru. Untuk sementara, biarkan halaman baru itu terbuka. Sekarang, segera ke halaman FB anda. Klik kotak tempat anda biasa menulis status. (klik saja kotak putihnya). Kemudian segera kembali ke halaman yang tadi sudah anda buka. Lalu Klik Update via XXX (XXX=gadget yang Anda pilih, karena di contoh ini kita memilih ATM, jadi XXX=ATM).
5. Nah, halaman dialog Facebook akan muncul setelah anda melakukannya. Di kotak dialog bari ini, Anda bisa mengupdate status yang Anda inginkan. Kalau sudah mengupdate status, coba tengok kembali halaman profil Anda, pastikan Anda sudah mengupdate status dari Gadget yang benar.



Nah, seperti itu saja langkahnya, Sederhana, kita bisa mengupdate status FB melalui Blackberry, iPhone dkk tanpa harus memilikinya. (Mungkin ini repost, tapi semoga berguna). 

Jumat, 23 April 2010

Balada Rusak

Sudah sebulan tugas menggambar teknik kubiarkan menganggur. Bingung harus mulai dari mana. Ide awalnya sih, mau mulai dari membaca do'a terus dilanjutkan dengan mengkalibrasi mistar lalu menggambar hingga bosan melanda.Tapi sepertinya Tuhan belum mengizinkan (saat-saat seperti ini, selalu saja Tuhan dijadikan alasan. Dasar, manusia!), tiap kali do'a kupanjatkan, bukannya semangat yang kudapat, justru ngantuk yang menghadang dan meng-KO dalam tidur yang dalam. Salahkah aku? Berdosakah aku?Entahlah, tapi sudah kucoba berbagai upaya untuk mengatasi ngantuk yang tidak ketulungan ini.

Mengingat kembali kejadian di masa lalu, mengira-ngira dan menduga, apa sebab diriku tertidur begitu cepat. Awalnya kuberpikir, aktifitas organisasi yang berlebih menjadi penyebab utamanya. Jadi kuputuskan untuk vakum dari organisasi selama tugas gambarku belum selesai. Ini ujian yang berat bagiku, meninggalkan organisasi seperti melewati bara api yang tingginya segunung. Tidak bisa lagi kubermain PS di sekret, bertemu frekuensi orang-orang cakep juga berkurang, ndak bisa lagi suruh-suruh junior. Tapi kutetapkan hati untuk melawan semua godaan itu. Tapi apa daya berhenti dari organisasi tidak menyelesaikan masalah, meskipun sudah tidak pernah lagi beraktivitas seperti nendang, mukul, injak orang saat latihan beladiri waktu sore, ngantuk tetap menyerangku saat malam. Karena itu kucoba strategi lain, minum kopi secerek penuh, alhasil, sama saja, ngoroknya makin menjadi.

Pertempuran melawan ngantuk ini berlangsung hingga 29 hari tanpa pernah sekalipun kusentuh pensil mekanikku. Aku mulai panik dan meratap pada Tuhan,

Tuhan, Bosku, yang Menciptakan dan Mengirimku di Fakultas Teknik,
Tugasku belum selesai akibat ngantuk yang tidak bisa kulawan, Ndak tahu lagi harus ngapain. Tolong mudahkan urusanku. Amiin.

Setelah berdo'a seperti itu, aku tidur lagi.

Hari ini tepat sebulan setelah tugas diberikan, gambarku belum jadi juga. Saya tidak peduli lagi.

Selasa, 20 April 2010

Monumen

Sudah lebih dari setahun kuperhatikan para buruh bangunan di dekat pasar sentral kota berpeluh ria mengangkat pasir, mengayak serta mencampurkannya dalam adonan air dan semen. Tampak getas dan perkasa saat bekerja. Kulihat puluhan dari mereka sibuk memanjati rangka-rangka baja yang sudah lebih dulu dipancang. Tinggi sekali. Ini benar-benar sebuah mega proyek. Sepertinya masih butuh waktu lama hingga monumen pahlawan kota ini dapat berdiri tegak menemani puluhan bangunan lain yang sudah lebih dulu membelah cakrawala kota.

Ratusan milyar juta sudah dianggarkan demi menegakkan monumen beku itu. Di papan proyek terpampang tulisan Rp 325.750.000.-, jumlah dana yang fantastis. Saya jadi berpikir, apakah sebuah kenangan heroisme memang pantas dihargai sebanyak itu dalam perwujudan beton dan rangka logam? Sebuah pikiran yang wajar saja tercetus dari kepala dari seorang manusia yang tidak pernah merasakan sulitnya melawan rasa takut dan perihnya telinga akibat dentuman mortir dan berondongan senjata demi meraih sebuah kemerdekaan. Karena ketidaksebandingan itu, kubiarkan pikiran itu menjadi penghuni tetap dalam otakku. Tidak pernah kucetuskan sekalipun dalam lisanku tiap kali kumelewati pembangunan monumen, menyapa pekerja yang tengah lalu lalang, dan dalam obrolan di warung kopi pun, tidak pernah kuungkapkan pertanyaan itu. Kubiarkan itu mengendap hingga mengganggu malam-malamku dengan mimpi tentang hubungan kemerdekaan bangsaku dengan perang kebudayaan, korupsi, kelaparan dan kriminalitas yang terjadi di negaraku. Sepertinya ini mimpi yang tidak berhubungan dengan apa yang kupikirkan.

Kira-kira apa yang akan dikatakan semua orang yang telah mati karena ingin merebut kemerdekaan bangsa ini seandainya mereka bisa bangkit kembali dan melihat keadaan negara yang sudah mati-matian dibelanya dulu? Apakah mereka akan menyesali semua hal telah mereka korbankan dulu? Hanya mereka dan Tuhan yang tahu.

Kemerdekaan itu mahal. Tapi apakah penting mendirikan monumen untuk merayakan dan memperingatinya? entahlah, yang kutahu, manusia itu suka melupakan segalanya, mungkin saja monumen itu digunakan untuk mengingatkan kembali mereka yang masih hidup, bahwa penjajahan pernah terjadi di dunia dan kini hal itu tidak nampak lagi.

Minggu, 18 April 2010

Pemeriksaan Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Manusia Saat Berusia 20-30 Tahun

Semua orang yang berusia sekitar 20-30 tahun akan berpikir bahwa masa-masa seperti itu adalah masa puncak kehidupan. Badan masih bugar, nyaris tidak ada penyakit yang menggerogoti tubuh. Meskipun begitu, ada baiknya, pada usia seperti ini, kontrol kesehatan harus tetap dilakukan agar tidak menyesal nantinya. Sebab banyak penyakit pada usia tua terjadi akibat keteledoran menjaga kesehatan saat masih muda.

Sabtu, 17 April 2010

Ada Maknanya.

Sejak terkena malaria beberapa tahun yang lalu, saya jadi suka sama biologi. Tiap hari kubaca buku cetak terbitan Depdiknas, karena memang cuma itu buku yang ada di sekolahku, untuk mencari tahu segala hal yang berkaitan dengan malaria.

Karena keterbatasan buku acuan, belum ada warnet dan yang sejenisnya serta tidak ada tetangga, tetua dkk. yang mau menjawab pertanyaanku tentang malaria, terpaksa aku mencari tahu sendiri soal malaria.

Tapi sayangnya, alih-alih mencari tahu, saya justru tidak menemukan apapun. Hanya satu hal yang kutahu, malaria disebabkan Plasmodium yang dibawa oleh nyamuk.

Setelah mengetahui kenyataan pahit ini, saya kembali melahirkan pertanyaan. Mengapa harus ada nyamuk di muka bumi ini?

Ku rasa, nyamuk tidak ada guna-gunanya hidup di muka bumi ini, sudah bawa penyakit, ribut, bikin gatal saja kalau sudah mengisap darah.

Sebenarnya saya termasuk orang yang toleran terhadap mahluk lain. Terhadap kucing ataupun anjing, selama mereka tidak mengambil makananku, tidak mungkin kulayangkan tangan dan kakiku pada tubuh berbulu mereka. Tapi untuk nyamuk, sulit kuberikan toleransi seperti itu, tiap kali kutemukan mereka, selalu saja terbsersit keinginan untuk melumat mereka dengan hempasan tanganku. Seandainya saja nyamuk hanya mengisap darah, tidak mengakibatkan gatal saat mengisap, tidak menciptakan keributan saat terbang di malam hari dan yang paling utama, tidak menyebarkan penyakit, akan kurelakan 1-2 cc darahku untuk mahluk seperti mereka. Sayangnya, mereka tidak seperti itu.

Hingga kemarin, aku yang hanya seorang Siswa SMP selalu bertanya dalam hati apa makna nyamuk di ciptakan di muka bumi ini?

Hari ini kumengerti nyamuk diciptakan untuk menyiksa manusia.

Semangat dan Ceria

Satu hal yang kupelajari hari ini. Tidak semua manusia suka melihat orang lain bersemangat. Dengan dalih menjaga kesopanan, etika, dan kesusilaan, keceriaan dan semangat yang terbersit pada wajah dan tingkah laku orang lain bisa terlindas tanpa ampun di bawah ceramah menggurui dari manusia yang jengkel.

Padahal bersemangat itu baik. Ceria juga baik.

Mengapa keduanya harus digilas aturan yang tak tahu diri? Mungkin saja mereka yang benci keduanya tidak pernah bisa merasakan nikmatnya bersemangat dan ceria.

Seandainya mereka tahu indahnya semangat yang tak mengenal waktu dan ceria yang tak melihat tempat, tidak mungkin Amir dimarahi guru saat tertawa dalam kelas.

Minggu, 11 April 2010

Catatan Pinggir

Mungkin sudah saatnya mengembalikan Catatan Pinggir Gunawan Mohammad ke tempat asalnya. Masalahnya sudah hampir 6 bulan buku itu ada di tanganku, untung saja, yang punya buku tidak pernah mencarinya, jadi tidak ada book collector yang mengincarku.

Kalau boleh kukatakan, Catatan Pinggir Gunawan Mohammad adalah salah satu buku essay terbaik yang pernah saya baca. Dalam semua tulisannya di buku itu, Gunawan Mohammad (GM) mampu mengajak kita menjelajahi seluruh penjuru dunia, mengkritisi semua ideologi dan memberikan pemahaman yang mendalam terhadap beragam karya sastra. Dia mampu menguraikan pemikiran Karl Marx, Lenin, Shakespeare, John Adam, Soekarno dan banyak tokoh dunia lainnya dengan gaya yang sederhana serta ringkas. Dengan gaya penulisan seperti itu, buku ini menjadi semacam ensiklopedia mini sejarah dunia. Kita tidak perlu membangunkan Karl Marx dan Trotsky dari kuburnya untuk bisa tahu perbedaan pemikiran keduanya tentang komunis, atau tidak perlu menonton sandiwara panjang Hamlet untuk bisa tahu apa inti drama Shakespeare itu, cukup baca buku Catatan Pinggir.

Betul-betul buku yang menarik. Jadi berpikir kembali untuk mengembalikannya.  

Sabtu, 10 April 2010

Tidak Jelas

Saya melihat de javu pada jam dinding kamarku yang tidak berdetak lagi karena berkali-kali jatuh. Saya bisa melihatnya juga pada ember biru yang kemarin pecah karena ditendang tetangga pemabuk. Pada kotoran kucing di atas gundukan pasir, de javu pun bisa ketemukan.

Sepertinya ada yang salah dengan otakku hingga begitu banyak de javu berseliweran di sekitarku.

Mungkin besok aku harus bertemu psikiater. Nampaknya bekerja sebagai penagih pajak melahirkan begitu banyak bias de javu dalam pikiranku setiap kali kumelihat jejak-jejak kekerasan. Pada jam yang jatuh, ember yang remuk, dan kotoran kucing. Ada sisa kekerasan di situ.

Jumat, 09 April 2010

Biografi: Prolog-Negara

Namaku Karl Lenin. Aku orang Indonesia.

Nyaris separuh usiaku di masa lalu kuhabiskan dengan harapan agar tidak pernah dilahirkan di Indonesia. Ada sejuta alasan yang dapat kuungkapkan untuk membenarkan harapan ini. Mulai dari banyaknya pelanggaran hukum, ketidakpedulian terhadap lingkungan, hingga masalah pendidikan dan kematian pun bisa kujadikan alasan untuk berharap tidak pernah melihat negara ini.

Tapi separuh usiaku selanjutnya kemudian membalik harapan itu. Kini tidak lagi kuberharap akan memiliki harapan seperti dulu lagi. Kini aku mencoba merasa memiliki negara ini. Berat sekali mencintai sebuah negara yang kebaikannya nyaris tak nampak karena menggunungnya keburukan.

Kamis, 08 April 2010

Nyanyian Frustasi

Please, Please, Please, Let Me Get What I Want - The Smiths

Dmaj7      A            D       A
       Good times for a change.

                  F#m              G               A  Asus4 A
See the look I've had could make a good man turn bad.

    G             A             D        A        Gmaj7
So  please please please  let me   let me   let me....let me

           A               Bm       Gmaj7  A
get what I want this time.

Verse2:
Dmaj7                   A                D  A
      Haven't had a dream in a long time.

                    F#m              G        A  Asus4 A
See the life I've had could make a good man bad.

  G                 A        D  A          Gmaj7
So for once in my life let me   get what I want.

           A                          Bm
Lord knows it would be the first time.

Gmaj7      A                          D  D7
Lord knows it would be the first time.

Instrumental and outro:
G  A  D  A  Gmaj7

G  A  D  D7  F#m  Bm

G  Dmaj7  A

Aaron Z. Rother  (Ultimate-Guitar.com)
Salah satu lagu yang durasinya sangat singkat, untuk versi normalnya hanya sekitar 1 menit 50 detik. 
Liriknya sederhana. Namun mampu menghujam tiap orang yang selalu jadi pecundang seumur hidupnya 
(Kalau orang itu bisa bahasa Inggris). 
 
Lagu yang menggambarkan kefrustasian seseorang yang tidak pernah berhasil mendapatkan 
keinginannya. Hingga rela mengiba-iba agar diberikan kesempatan untuk mendapatkan 
keinginannya meskipun sekali saja.
 
Versi Muse dari lagu ini terlalu banyak distorsinya jadi sulit untuk mendapatkan feel  
kefrustasian dalam lagunya, malah justru jadi semangat kalau mendengar versi ini. 
Namun jika mendengar versi akustik ataupun instrumentalianya, dapat tertangkap jelas, 
neurosis yang terkandung dalam lagu ini, seperti gunung api yang siap meletus akibat 
kelamaan membendung kecewa. 
 
Banyak manusia di muka bumi ini yang mengalami keadaan seperti itu. Frustasi karena
tidak pernah mampu meraih keinginannya.  
 
 Versi Muse:
 
 
Meskipun Muse pernah mengaransemen lagu ini dan memasukannya dalam album, Feel Good,
namun mereka tak sekali pun memainkannya secara LIVE. Entah apa alasannya, mungkin
saja karena ini bukan lagu milik mereka atau ini dimaksudkan untuk 
menghormati The Smiths, band yang pertama menyanyikan lagu ini.
  
 
 Versi Akustik oleh The Smiths
 
Ini versi akustik yang dimainkan langsung oleh penyanyi aslinya, The Smiths.
 
 

Versi OST 500 Days Of Summer (2009)

 

Kalau yang versi ini, no comment. Belum pernah nonton filmnya.

 Sebenarnya masih banyak versi lain lagu ini. Cari saja di Youtube.

 
 
 
 
nb: (ini lagu yang  direkomendasikan Adri. Selalu saja, selera musik manusia ini tidak pernah salah) 

Rabu, 07 April 2010

Biografi: Prolog-Nama Ideologis

Ukuran sepatu 41 Ukuran sepatu 41
Namaku Karl Lenin. Terdengar sangat barat. Tapi saya jauh dari kesan itu. Bahkan sebagai manusia dunia, saya sangat Indonesia. Tidak ada sedikit pun potongan barat padaku. Hidung pesek khas Austronesia, rambut ikal seperti mie instan kering, kulit gelap pekat mendekati pekatnya 5 sendok kopi dalam secangkir air hangat, dan tinggi badan yang tidak jauh beda dengan rata-rata tinggi orang-orang Wedoid. Betul-betul jauh kesan manusia Kaukasus penghuni Eropa. Yang terdengar Eropa dari diriku hanyalah namaku. Itu pun orang tuaku sengaja memberikan nama seperti itu bukan karena alasan cinta, tapi lebih pada alasan kebencian mereka pada komunis serta tokoh-tokohnya, Karl berasal berasal dari nama Karl Marx, orang yang mencetuskan ideologi komunisme dan Lenin, berasal dari Lenin, orang yang membuat negara sosialis pertama di dunia, Uni Soviet. Kata ibuku, namaku bukanlah sebuah panggilan sayang untukku tapi sebagai alarm bagiku agara dapat menjauhi segala hal yang berhubungan dengan namaku sendiri. Fungsi lain nama seperti itu, katanya, agar aku dapat berkamuflase di era globalisasi nanti, saat semua orang Barat datang ke Timur untuk berdagang dan menyebarkan budaya. Dengan nama kebarat-baratan seperti ini, kedua orang tuaku bilang, aku tidak perlu canggung lagi bersosialisasi dengan orang-orang asing. Harapan yang aneh. Tapi begitulah adanya asal mula nama Karl Lenin kudapatkan.

Padahal kalau cuma untuk alasan globalisasi, sebenarnya saya tidak harus berganti nama menjadi Karl Lenin. (Sayang penyematan nama barat itu dikarenakan alasan sentimentil ideologi) sebab di era globalisasi nantinya, yang akan menggurita menjelajah dunia bukan saja budaya barat, budaya timur juga pasti tidak mau kalah dalam melakukan ekspansi untuk menunjukkan keunggulannya pada seluruh dunia. Jadi kemungkinan besar, penyeragaman budaya bisa dihindari seandainya semua bangsa di dunia ini punya kebanggaan untuk mempertahankan budayanya. Tapi kalau saya melihat keadaan Indonesia, nampaknya beberapa tahun ke depan, mayoritas orang di negara ini akan mulai menjadi seperti orang barat, karena pelestarian budaya nyaris kalah dengan kegencaran orang-orang mengadopsi budaya asing. Orang-orang nyaman dengan pakaian mini di negara beriklim tropis seperti Indonesia, celana jins juga tepat digunakan karena tekstur kainnya yang tebal cocok untuk kondisi alam Indonesia yang keras, dan ide kebebasan yang sebebas-besana juga kelihatan tepat disebarkan dinegara yang selama beratus tahun terjajah bangsa asing.

sumber gambar:http://csammisrun.net/images/cparty.jpg

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...