Minggu, 04 September 2011

Topografi Bab II - Ekstremitas Superior

BAB II
EXTREMITAS SUPERIOR


Topografi Bab I - Pendahuluan Topografi Umum
Topografi Bab II - Ekstremitas Superior
Topografi Bab III - Ekstremitas Inferior



A.SUBCLAVIA
    A.subclavia dextra dipercabangkan oleh arteria anonyma (= truncus brachiocephalicus), yang sinistra dipercabangkan langsung dari acus aortae. A.subclavia dextra, berjalan melangkung ke laterocranial, mula-mula berada di sebelah dorsal vena subclavia dextra, masuk ke dalam fissura scaleni posterior, dan berada di dalam sulcus arteria xubclaviae (costa I), lalu masuk ke dalam fossa axillaris, menjadi a.axillaris (di sebelah caudal dari clavicula).
Arteria subclavia dibagi menjadi:
1.    di sebelah medial m.scalenus anterior
2.    di sebelah dorsal m.scalenus anterior
3.    di sebelah lateral m.scalenus anterior.
Dari bagian yang (1) dipercabangkan:
§    vertebralis
§    a.mammaria interna
§    truncus thyreocervicalis
Dari bagian ke-(2), dipercabangkan truncus costocervicalis, yaitu dari dinding dorsal a.subclavia.
Dari bagian ke-(3), dipercabangkan arteria transversa colli.

TRUNCUS THYREOCERVICALIS
    Dipercabangkan dari dinding ventral a.subclavia, berbentuk pendek dan besar, segera memberi 4 buah cabang, antara lain a.transversa scapulae (= a.supra scapularis), yang berjalan ke caudal,  ke arah ventro-lateral melalui fissura scaleni anterior, menyilang plexus brachialis dan a.brachialis, berada di sebelah dorsal clavicula, ditutupi oleh venter inferior m.omohyoideus, tiba pada margo superior scapulae, berada di sebelah cranial ligamentum transversum scapulae superior, masuk ke dalam fossa supraspinata. Arteri ini meninggalkan fossa supraspinata melalui collum scapulae di sebelah ventral ligamentum transversum scapulae inferius, masuk ke dalam fossa infraspinata. Di dalam fossa supra spinata et infraspinata dipercabangkan beberapa cabang kecil.
Arteri ini mengadakan anastomose di bagian medial dengan ramus descendens a.transversa colli, dan di bagian lateral dengan a.circumflexa scapulae.

A.TRANSVERSA COLLI
    Berada di sebelah lateral fissura scaleni posterior, berjalan ke dorsal menembus plexus brachialis di antara cabang C 6 – 7, tiba di bagian ventral m.levator scapulae, dan bercabang dua menjadi ramus ascendens dan ramus descendens. Ramus ascendens berjalan ascendens di sebelah ventral m.levator scapulae; ramus descendens berjalan turun ke caudal, di sebelah medial margo vertebralis scapulae, di antara mm.rhomboidei dan m.serratus posterior superior, mengadakan anastomose dengan cabang-cabang dari a.transversa scapulae.

Vena subclavia berada di sebelah superficial arteria subclavia, dan berjalan melalui fissura scaleni anterior, bermuara ke dalam vena anonyma.

A. AXILLARIS
    Merupakan lanjutan dari a.subclavia, dimulai pada tepi lateral costa I sampai di tepi caudal m.teres major, dan berada di dalam fossa axillaris. A.axillaris berada di sebelah profunda vena axillaris.
Oleh m.pectoralis minor, a.axillaris dibagi menjadi tiga bagian, sebagi berikut:
1.    di sebelah cranial [proximal]
2.    di sebelah dorsal
3.    di sebelah lateral [distal] dari otot tersebut tadi.
Dari bagian (1) dipercabangkan a.thoracalis suprema dan a.thoraco acromialis.
Dari bagian (2) dipercabangkan a.thoracalis lateralis
Dari bagian (3) dipercabangkan a.subscapularis, a.circumflexa humeri anterior dan a.circumflexa humeri posterior.



A.thiracalis suprema
    Suatu cabang kecil, berjalan ke arah medial di antara m.pectoralis minor dan m.pectoralis major.

A.thoraco acromialis
    Dipercabangkan tepat di cranialis m.pectoralisminor, menembusi fascia clavipectoralis dan bercabang menjadi rr.pectorales, r.deltoideus dan r.acromialis (cabang ini membentuk rete acromialis bersama-sama dengan cabang-cabang dari a.transversa scapulae).

A.thoraco lateralis
    Berjalan ke caudal mengikuti tepi m.pectoralis minor mengikuti n.thoracalis longus menuju ke m.serratus anterior.

A.subscapularis
    Merupakan cabang yang terbesar dari percabangan A.axillaris, berjalan ke caudal di sebelah ventral m.subscapularis dan bercabang menjadi a.circumflexa scapulae dan a.thoraco dorsalis.

A.circumflexa scapulae
    Melengkung ke dorsal di sebelah medial caput longum m.triceps brachii, lalu berjalan melalui fissura axillaris medialis, masuk ke dalam fossa infra spinata dan mengadakan anastomose dengan cabang-cabang dari a.transversa scapulae.

A.thoraco dorsalis
    Merupakan lanjutan dari a.subscapularis yang berjalan ke bagian posterior axilla, berada pada tepi anterior m.latissimus dorsi bersama-sama dengan n.thoraco dorsalis, memberi suplai darah untuk m.latissimus dorsi dan mengadakan anastomose dengan cabang a.circumflexa scapulae.

A.circumflexa humeri anterior
    Dipercabangkan dari dinding lateral A.axillaris, berjalan horizontal menuju ke collum humeri, ditutupi oleh m.coracobrachialis, m.biceps brachii caput breve, lalu memberi cabang-cabang yang berjalan di dalam sulcus intertubercularis, masuk ke dalam articulatio humeri. Cabang lain adalah a.nutricia humeri.

A.circumflexa humeri posterior
    Berjalan ke caudolateral, di sebelah ventral m.subscapularis, berjalan menuju ke posterior, melalui fissura axillaris lateralis bersama-sama dengan nervus axillaris, masuk ke dalam fossa supra spinata, mempercabangkan cabang-cabang yang menuju ke articulatio humeri dan turut membentuk rete acromiale. Juga membentuk anastomose dengan cabang-cabang dari a.circumflexua humeri anterior dan dari a.profunda brachii.

PLEXUS BRACHIALIS
    Adalah pangkal dari serabut-serabut saraf yang berasal dari medulla spinalis C 4 – Th 1, dan mempersarafi extremitas superior. Dibentuk oleh ramus anterior nervus spinalis C 5 – Th.1, bisa bervariasi dari medulla spinalis C 4 atau dari medulla spinalis Th.2.Bilamana medulla spinalis C 4 yang dominan dan Th.1 kurang, maka tipe ini disebut prefixed type; dan bilamana medulla spinalis C 5 sedikit dan dari medulla spinalis Th.1 dan Th.2 yang banyak, maka tipe ini disebut postfixed type.

Lokalisasi
    Berada di dalam regio colli posterior, dibatasi di sebelah caudal oleh clavicula dan berada di sebelah postero-lateral m.sternocleidomastoideus, berada di sebelah cranial dan dorsal arteria subclavia [ bagian ke-3 ], disilangi oleh m.omohyoideus venter inferior [ pada orang hidup dapat dipalpasi di sebelah cranial maupun di sebelah caudal otot tersebut, pada sudut antara clavicula dan m.sternocleidomastoideus ].
Struktur yang berada di sebelah superficial adalah platysma myoides, nn.supraclaviculares, vena jugularis externa, venter inferior m.omohyoideus dan arteria transversa colli.
    Plexus ini masuk ke dalam fossa axillaris bersama-sama dengan arteria axillaris.
Pada sisi inferolateral m.pectoralis minor, di sebelah ventral m.subscapularis tampak percabangan terminal dari plexus ini.
    Ramus anterior nervus spinalis C 5 – 6 bersatu membentuk truncus superior, yang tampak di antara m.scalenus medius dan m.scalenus anterior. Truncus medius hanya dibentuk oleh ramus anterior n.spinalis C 7, dan truncus inferior dibentuk oleh ramus anterior n.spinalis C 8 – Th 1. Setiap truncus terbagi dua menjadi cabang ventral dan cabang dorsal, masing-masing mempersarafi bagian ventral dan dorsal extremitas superior. Cabang ventral dari truncus superior dan truncus medius bersatu membentuk fasciculuc lateralis, berada di sebelah lateral a.axillaris. Cabang ventral dari truncus inferior membentuk fasciculuc medialis, berada di sebelah medial dari arteria axillaris. Cabang dorsal dari ketiga truncus bersatu membentuk fasciculus posterior, terletak di bagian posterior arteria axillaris.
Plexus brachialis menerima komponen sympathis melalui ganglion cervicale medius, yaitu n.spinalis C 5 – 6, melalui ganglion cervicale inferius atau ganglion stellatum untuk n.spinalis C 6 – 7 – 8, dan melalui ganglion para vertebrale Th I dan II untuk nervus spinalis Th. 1 – 2.
    Menurut letaknya terhadap clavicula percabangan plexus brachialis dibagi menjadi pars supraclavicularis dan pars infraclavicularis.

Yang termasuk percabangan pars supraclavicularis adalah:
–    N.thiracalis posterior, setelah tembus m.scalenus medius segera bercabang dua menjadi n.dorsalis scapulae dan n.thoracalis longus; n.dorsalis scapulae berjalan ke caudodorsal, berada di sebelah profunda m.levator scapulae, berada di antara m.rhomboideus major et minor dan m.serratus posterior superior (berjalan bersama-sama dengan ramus ascendens dan ramus descendens arteria transversa colli); n.thoracalis longus berjalan ke caudal di sebelah dorsal plexus brachialis dan vasa axillaris, lalu mengikuti tepi lateral m.serratus anterior.
–    N.subclavius, berada di sebelah ventral plexus brachialis. Di sebelah lateral dari n.phrenicus, menuju ke m.subclavius (berada di sebelah ventral vasa subclavia). Sering dari nervus ini dipercabangkan neben phrenicus (= n.phrenicus accessorius).
–    N.suprascapularis, berjalan ke arah dorsolateral, ditutupi oleh m.omohyoideus venter inferior dan tepi anterior m.trapezius, lalu berjalan di sebelah caudal ligamentum transverum scapulae superius, masuk ke dalam fossa supra spinata, selanjutnya melalui collum scapulae dan berada di sebelah ventral dari ligamentum transversum acapulae inferius masuk ke dalam fossa infra spinata.

Pars infraclavicularis mempercabangkan :
§    Nn.thoracales anteriores, ada dua buah yang masing-masing berada di sebelah lateral dan medial a.axillaris, mempersarafi mm.pectorales.
§    Nn.subscapulares, biasanya ada dua buah, berjalan ke caudal, di sebelah dorsal plexus brachialis, bersifat motoris untuk m.subscapularis dan m.teres major.
§    N.thoraco dorsalis, berjalan mengikuti a.thoraco dorsalis pada dinding posterior fossa axillaris menuju ke m.latissimus dorsi (motoris).
§    N.axillaris, disebut n.circumflexus, berjalan ke arah latero-caudal, berada di sebelah ventral m.subscapularis, di sebelah dorsal a.axillaris, menyilang m.teres minor, meninggalkan fossa axillaris dengan melalui fissura axillaris lateralis bersama-sama dengan a.circumflexa humeri posterior, memberi cabang-cabang kepada m.teres minor dan m.deltoideus, selanjutnya menembusi fascia brachii di antara caput longum m.triceps brachii, menuju ke kulit sebagai n.cutaneus brachii lateralis.
§    N.cutaneus brachii medialis, berjalan melalui fossa axillaris menuju ke bagian proximal brachium, tembus fascia axillaris di beberapa tempat untuk mempersarafi kulit pada regio brachium bagian medial (sampai di epicondylus medialis humeri). Seringkali saraf ini membentuk perhubungan dengan ramus lateralis n.intercostalis ke-II sebagai nervus intercostobrachialis, yang juga menuju ke brachium dekat pada fossa axullaris. Saraf ini berasal dari fasciculuc medialis.
§    N.cutaneus antebrachii medialis, berasal dari fasciculuc medialis, berada di sebelah medial a.axillaris, menembusi fascia brachii setinggi hiatus basilicus dan mempersarafi kulit pada regio antebrachium bagian medial.
§    Cabang terminal plexus brachialis adalah:
1.    N.musculocutaneus
2.    N.medianus
3.    N.ulnaris
4.    N.radialis
Secara skematis percabangan terminal plexus brachialis adalah sebagai berikut:
–    Fasciculus lateralis mempercabangkan :
1.    N.musculocutaneus
2.    Radix superior nervus medianus.
–    Fasciculuc medialis mempercabangkan :
1.    N.ulnaris
2.    N.cutaneus brachii medialis
3.    N.cutaneus antebrachii medialis
4.    Radix inferior nervus medianus
–    Fasciculuc posterior mempercabangkan :
1.    N.axillaris
2.    N.radialis.

NERVUS MEDIANUS
    Dibentuk oleh radix superior [ radix lateralis ] dari fasciculus lateralis dan radix inferior [ radix medialis ] dari fasciculus medialis, berada di sebelah lateral arteria axillaris. Dibentuk oleh serabut-serabut saraf yang berpusat pada medulla spinalis segmental C 5 – Thoracal 1.
    Sepanjang brachium n.medianus berjalan berdampingan dengan arteria brachialis, mula-mula berada di sebelah lateral, lalu menyilang di sebelah ventral arteria tersebut kira-kira pada pertengahan brachium; selanjutnya memasuki fossa cubiti dan berada di sebelah medial arteria brachialis. Di daerah brachium nervus ini tidak memberi percabangan.
    Memasuki daerah antebrachium n.medianus berada di antara kedua caput m.pronator teres, berjalan ke distal di bagian medial antebrachium, oleh karena itu disebut nervus medianus, berada di sebelah profunda m.flexor digitorum sublimis. Memberikan rami musculares untuk :
1.    m.pronator teres
2.    m.palmaris longus
3.    m.flexor carpi radialis
4.    m.flexor digitorum superficialis.
Segera setelah n.medianus masuk ke dalam regio antebrachium, dipercabangkan ramus interosseus anterior yang berjalan pada permukaan ventral membrana interossea, dan mempersarafi m.flexor pollicis longus, pars lateralis m.flexor digitorum profundus dan m.pronator quadratus. Cabang ini berakhir pada m.pronator quadratus.
Ramus palmaris nervi mediani adalah cabang yang menembusi fascia antebrachii, berjalan ke distal menuju ke pergelangan tangan dan terbagi menjadi ramus medialis dan ramus lateralis. Ramus medialis mempersarafi kulit manus dan megadakan anastomose dengan ramus palmaris nervi ulnaris, sedangkan ramus lateralis mempersarafi kulit daerah thenar dan mengadakan anastomose dengan nervus cutaneus antebrachii lateralis.
    Pada daerah pergelangan tangan n.medianus berada di sebelah profunda tendo m.palmaris longus, berjalan di antara tendo m.flexor digitorum superficialis [di sebelah medial] dan tendo m.flexor carpi radialis [di sebelah lateral], kemudian berjalan di dalam canalis carpi, melekat pada facies profunda ligamentum carpi transversum. Di tempat tersebut seringkali n.medianus terjepit dan memberi “The carpal Tunnel Syndrome”. Sesaat setelah meninggalkan tepi distal ligamentum carpi transversum n.medianus mempercabangkan suatu ramus muscularis yang berjalan kembali [recurrent] untuk mempersarafi m.abductor pollicis brevis, m.opponens pollicis dan m.flexor pollicis brevis.
N. medianus berakhir dengan membentuk 3 buah nervi digitales palmares communes (= nervi digitales volares communes), masing-masing bercabang lagi membentuk nervi digitales palmares proprii.
Nervus digitalis palmaris communis I bercabang tiga membentuk nervi digitales palmares proprii, yang masing-masing berjalan menuju kepada kedua sisi ibu jari, serta sisi lateral jari II.
Nervus digitalis palmaris communis II bercabang dua menuju ke sisi medial jari II dan sisi lateral jari III [masing-masing disebut nervus digitalis palmaris proprius].
Nervus digitalis palmaris communis III memberi dua cabang nervi digitales palmares proprii, menuju ke sisi medial jari III dan sisi lateral jari IV. Innervasi ini sering disebut innervasi kulit 3 ½ jari bagian lateral.
Nn.digitales palmares communes mempersarafi juga m.lumbricalis I, II dan III.

NERVUS ULNARIS
    Merupakan cabang utama dari fasciculus medialis, berada di sebelah medial a.axillaris, selanjutnya berjalan di sebelah medial a.brachialis. pada pertengahan brachium saraf ini berjalan ke arah dorsal menembusi septum intermusculare mediale, berjalan terus ke caudal dan berada pada facies dorsalis epicondylus medialis humeri, yaitu di dalam sulcus nervi ulnaris humeri; di tempat ini n.ulnaris ditutupi oleh kulit sehingga dapat dipalpasi. Di daerah brachium n.ulnaris tidak memberi percabangan.
    Saraf ini masuk regio antebrachium dengan melewati celah di antara kedua caput m.flexor carpi ulnaris, lalu berjalan di antara m.flexor carpi ulnaris dan m.flexor digitorum profundus. Kepala kedua otot tersebut diberikan rami musculares.
    Di sebelah distal pertengahan antebrachium n.ulnaris memberi dua cabang cutaneus, sebagai berikut :
1.    ramus dorsalis,  yang berjalan ke dorsal, berada di sebelah profunda tendo m.flexor carpi ulnaris, mempersarafi kulit pada sisi ulnaris manus dan facies dorsalis 1 ½ jari, sejauh phalanx intermedia;
2.    ramus palmaris, yang mempersarafi kulit sisi ulnaris pergelangan tangan dan manus.
Pada ujung distal antebrachium n.ulnaris berjalan berdampingan dengan arteria ulnaris, a.ulnaris berada di sebelah lateral, kemudian berjalan bersama-sama memasuki daerah manus, terletak di sebelah superficialis dari ligamentum carpi transversum, berada di antara os pisiforme [di bagian medial] dan hamulus ossis hamati [ di bagian lateral ].
    Pada regio manus n.ulnaris terbagi ke dalam ujung-ujung terminal, sebagai berikut :
1.    ramus superficialis, mempersarafi m.palmaris brevis, lalu terbagi dua membentuk  nn.digitales palmares [volares] communes. Cabang ini mempersarafi kulit 1 ½ jari bagian medial, pada facies palmaris seluruhnya dan pada facies dorsalis sampai phalanx distalis;
2.    ramus profundus, yang berjalan bersama-sama dengan arteria ulnaris, arteri berada di sebelah lateral sampai pada arcus volaris profundus. Mempersarafi otot-otot hypothenar, memberi dua buah cabang, yang masing-masing menuju ke ruang interossea, bersifat motoris untuk mm.interossei. Juga mempersarafi kedua otot lumbricales bagian medial. Ramus profundus ini berakhir dengan mempersarafi m.adductor pollicis dan m.interosseus palmaris I.

NERVUS MUSCULOCUTANEUS
    Merupakan cabang dari fasciculuc lateralis dan berpusat pada medulla spinalis segmen C 5 – 7, menembusi m.coracobrachialis, berjalan menyilang ke arah lateral di antara m.biceps brachii dan m.brachialis. Memberi cabang ramus muscularis untuk m.coracobrachialis, m.biceps brachii dan m.brachialis. saraf ini berjalan meninggalkan tepi lateral m.biceps brachii, tembus fascia, melanjutkan diri sebagai nervus cutaneus antebrachii lateralis, yang mempersarafi facies lateralis regio antebrachium.

NERVUS AXILLARIS
[ = N.CIRCUMFLEXUS ]
    Merupakan cabang yang besar dari fasciculus posterior, berada di sebelah dorsal arteria axillaris, meninggalkan fossa axillaris tanpa memberi percabangan di sini. N.axillaris berjalan di antara m.subscapularis dan m.teres minor, berada di sebelah lateral caput longum m.triceps brachii, berjalan melalui fissura axillaris lateralis bersama-sama dengan arteria circumflexa humeri posterior. N.axilaris letak bersandar pada collum chirurgicum humeri.
Memberi cabang :
1.    Ramus superficialis [= ramus posterior], mempersarafi m.teres minor dan pars dorsalis m.deltoideus, lalu menembusi fascia profunda pada margo posterior m.deltoideus menjadi nervus cutaneus brachii lateralis.
2.    Ramus profundus [= ramus anterior], berjalan ke ventral melingkari collum chirurgicum [bersama-sama dengan a.circumflexa humeri posterior], dan berada di bagian profunda m.deltoideus. bersifat motoris untuk otot tersebut serta memberi cabang-cabang kecil untuk innervasi kulit pada daerah tersebut.
3.    Ramus articularis, yang mempersarafi pars antero-inferior capsula articularis humeri.

NERVUS RADIALIS
    Merupakan cabang yang terbesar dari plexur brachialis dan adalah lanjutan dari fasciculus posterior. Berjalan menyilang tendo m.latissimus dorsi, berada di sebelah dorsal arteria axillaris, melewati tepi caudal m.teres major, di antara caput longum m.triceps brachii dan humerus, selanjutnya berada di antara caput medial dan caput lateral m.triceps brachii. Saraf ini berjalan ke distal melingkari humerus [ berbentuk spiral ],  berada di dalam sulcus spiralis bersama-sama dengan arteria profunda brachii. Tiba pada sisi lateral brachium n.radialis menembusi septum intermusculare laterale, berjalan di antara m.brachialis dan m.brachioradialis, di sebelah ventral epicondylus lateralis humeri, terbagi dua menjadi ramus superficialis dan ramus profundus.
Memberi percabangan :
1.    rami musculares untuk m.triceps brachii, m.anconeus, m.brachioradialis, m.brachialis dan m.extensor carpi radialis longus,
2.    nervus cutaneus brachii posterior, dipercabangkan di daerah axilla, mempersarafi kulit brachium di bagian posterior sampai setinggi olecranon,
3.    nervus cutaneus antebrachii posterior, dipercabangkan di dalam sulcus nervi radialis, menembusi caput laterale m.triceps brachii, mempersarafi kulit antebrachium di bagian posterior sampai mencapai pergelangan tangan,
4.    ramus articulus untuk articulatio cubiti.

Ramus superficialis nervi radialis merupakan lanjutan dari n.radialis, berjalan pada sisi lateral antebrachium, ditutupi oleh m.brachioradialis. Pada kira-kira sepertiga bagian cranial antebrachium saraf ini berjalan makin mendekati arteria radialis, pada daerah sepertiga bagian medial antebrachium saraf ini sudah berjalan pada sisi lateral arteria radialis, dan pada sepertiga bagian distal nervus radialis meninggalkan a.radialis lalu berjalan ke arah dorsal dengan ditutupi oleh tendo m.brachioradialis, mencapai facies dorsalis pergelangan tangan, dan bercabang dua membentuk ramus lateralis dan ramus medialis. Ramus lateralis kecil dan mempersarafi kulit bagian radialis. Ramus medialis mengadakan anastomose dengan cabang-cabang dari nervus cutaneus antebrachii lateralis dan ramus dorsalis nervi ulnaris, selanjutnya membentuk 4 buah nervus digitalis dorsalis, yang mempersarafi :
–    sisi ulnaris jari I
–    sisi radialis jari II
–    sisi ulnaris jari II dan sisi radialis jari III
–    sisi ulnaris jari III dan sisi radialis jari IV.

Ramus profundus nervi radialis berjalan ke dorsal, berada pada sisi radialis os radius, menembusi m.supinator, berjalan ke distal pada facies dorsalis membrana interossea, ditutupi oleh m.extensor pollicis longus, kini disebut nervus interosseus posterior. Sebelum berjalan ke dorsal saraf ini memberi rr.musculares untuk m.extensor carpi radialis brevis dan m.supinator. Setelah menembusi m.supinator dipercabangkan rami musculares untuk m.extensor digitorum communis, m.extensor digiti minimi, m.extensor carpi ulnaris, m.extensor pollicis longus et brevis, m.abductor pollicis longus dan m.extensor indicus proprius.

ARTERIA BRACHIALIS
    Arteria axillaris setelah menyilang m.subscapularis, m.latissimus dorsi dan m.teres major melanjutkan diri menjadi arteria brachialis didalam regio brachium. Arteria brachialis terletak superficialis dan dapat dipalpasi pada sisi medial brachium, berjalan sepanjang sisi medial m.biceps brachii, makin ke caudal arahnya menjadi semakin ke lateral. Di bagian caudal brachium a.brachialis berjalan pada facies ventralis m.brachialis, lalu berada di sebelah ventral ujung distal os humerus.
Nervus medianus berjalan di sebelah lateral arteria brachialis, menyilang di sebelah ventral arteria tersebut untuk tiba di bagian medial a.brachialis.
Ujung caudalis arteria brachialis ditutupi oleh aponeurosis bicipitalis, dan memisahkan arteria brachialis daripada vena mediana cubiti. Pada tempat ini dapat didengar denyut arteri pada pemeriksaan tekanan darah.
Seluruh struktur pada brachium, mulai dari kulit sampai pada tulang, mendapat suplai darah dari cabang-cabang arteria brachialis.
Percabangan arteria brachialis :
1.    arteria profunda brachii
2.    arteria nutricia humeri
3.    arteria collateralis ulnaris superior
4.    arteria collateralis ulnaris inferior
5.    rami musculares.

Ad.1. Arteria profunda brachii
    Arteri ini adalah cabang yang terbesar, keluar dari sisi medio-dorsal tepat ketika arteri brachialis berada pada tepi caudal m.teres major. Berjalan ke arah profunda, berada di antara caput longum dan caput lateral m.triceps brachii, lalu berjalan bersama-sama dengan nervus radialis di dalam sulcus nervi radialis, dipisahkan oleh caput laterale dan caput mediale m.triceps brachii; ujung terminalnya membentuk bifurcatio menjadi arteria collateralis radialis dan arteria collateralis media.

Dari arteria profunda brachii dipercabangkan :
1.    ramus deltoideus, yang berjalan ke proximal di antara caput longum dan caput laterale m.triceps brachii, mengadakan anastomose dengan arteria circumflexa humeri posterior;
2.    arteria collateralis radialis, dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari arteria profunda brachii dan berjalan bersama-sama dengan nervus radialis menuju ke regio antebrachium. Terletak di sebelah profunda dari caput laterale m.triceps brachii, berjalan sampai mencapai crista supracondylaris lateralis, menembusi septum intermusculare laterale, berjalan descendens di antara m.brachioradialis dan m.brachialis menuju ke facies ventralis epicondylus lateralis humeri, dan berakhir dengan membentuk anastomose dengan arteria recurrens radialis. Sebelum menembusi septum intermusculare laterale arteri ini memberi suatu cabang yang berjalan ke distal menuju ke facies dorsalis epicondylus lateralis, lalu bergabung dengan anastomose yang berada di sekitar olecranon;
3.    arteria collaterais media, berjalan menembusi caput longum dan caput mediale m.triceps brachii, berjalan descendens sepanjang facies dorsalis humerus membentuk anastomose dengan arteria interossea recurrens, dan bergabung dengan anastomose di sekitar olecranon;
4.    rami musculares, yang memberi suplai darah kepada m.deltoideus dan otot-otot yang dilalui oleh percabangan tersebut tadi;
5.    arteria nutricia humeri, berjalan masuk ke dalam foramen nutricium yang berada di bagian posterior tuberositas deltoidea.

Ad.2. Arteria nutricia humeri
    Arteria ini dipercabangkan pada pertengahan brachium dan masuk ke dalam foramen nutricium yang terdapat dekat dengan insertio m.coracobrachialis

Ad.3. Arteria collateralis ulnaris superior
    Arteri ini kecil, dipercabangkan setinggi pertengahan brachium. Banyak kali dipercabangkan oleh arteria profunda brachii. Menembusi septum intermusculare mediale dan berjalan ke distal pada permukaan caput mediale m.triceps brachii, tiba pada daerah di antara epicondylus medialis humeri dan olecranon, berada bersama-sama dengan nervus ulnaris; mengadakan anastomose dengan arteria recurrens ulnaris posterior dan arteria collateralis ulnaris inferior, ditutupi oleh m.flexor carpi ulnaris.

Ad.4. Arteria collateralis ulnaris inferior
    Cabang ini dipercabangkan 5 cm di sebelah cranial dari articulatio cubiti. Berjalan ke arah medial pada permukaan m.brachialis, menembusi septum intermusculare mediale, lalu berputar ke dorsal humerus dan tiba di antara m.triceps brachii dan os humerus; mengadakan anastomose dengan cabang dari arteria collateralis media di sebelah cranialis fossa olecranii.
Ketika arteri ini berada pada facies m.brachialis dipercabangkan suatu cabang yang berjalan ascendens untuk mengadakan anastomose dengan arteria collateralis ulnaris superior. Selain itu dipercabangkan pula suatu cabang yang berjalan descendens di sebelah ventral epicondylus medialis humeri, yang mengadakan anastomose dengan arteria recurrens ulnaris anterior. Sebuah cabang lainya berada di sebelah dorsal epicondylus medialis humeri, mengadakan anastomase dengan arteria collateralis ulnaris superior dan arteria recurrens ulnaris posterior. Mempercabangkan rami musculares sebanyak 3 – 4 buah yang mensuplai m.coracobrachialis, m.biceps brachii dan m.brachialis.

ANASTOMOSE DI SEKELILING ARTICULATIO CUBITI
    Bentuk anastomase ini lebih dikenal dengan nama RETE ARTICULARE CUBITI. Dibagi menjadi yang terletak di bagian ventral dan di bagian dorsal epicondylus medialis et lateralis humeri.
Anastomose yang berada di bagian ventral epicondylus medialis humeri, dibentuk oleh :
§    ramus anterior dari arteria collateralis ulnaris inferior
§    arteria recurrens ulnaris anterior
§    ramus anterior dari arteria collateralis ulnaris superior.
Anastomose yang berada di bagian dorsal epicondylus medialis humeri dibentuk oleh :
§    arteria collateralis ulnaris inferior
§    arteria recurrens ulnaris posterior
§    ramus doralis dari arteria collateralis ulnaris superior.
Anastomose yang terdapat di sebelah ventral epicondylus lateralis humeri dibentuk oleh :
§    arteria recurrens radialis
§    arteria collateralis radialis.
Anastomose yang berada di sebelah dorsal epicondylus lateralis humeri dibentuk oleh :
§    arteria collateralis ulnaris inferior
§    arteria interossea recurrens
§    arteria collateralis media.
Di sebelah proximal dari olecranon terdapat anastomose yang dibentuk oleh :
§    arteria interossea recurrens
§    arteria collateralis ulnaris inferior
§    arteria recurrens ulnaris posterior.

ARTERIA RADIALIS
    Arteria brachialis di dalam fossa cubiti berada pada linea mediana, dan setinggi collum radii membentuk bifurcatio menjadi arteria radialis  dan arteria ulnaris. Dari arah perjalanannya tampak seolah-olah arteria radialis merupakan kelanjutan dari arteria brachialis. Diameter arteria radialis adalah lebih kecil daripada arteria ulnaris.
Arteria radialis dibagi menjadi 3 bagian, sebagai berikut:
1.    bagian pertama, terletak antara collum radii dan sisi medial processus styloideus radii,
2.    bagian kedua, mulai dari arteria radialis membelok ke posterior di sebelah distal processus styloideus radii sampai ketika arteri itu meninggalkan Anatomical Snuffbox.
3.    bagian ketiga, mulai dari tempat di mana arteria radialis berjalan melalui kedua caput m.interosseus dorsalis I menuju ke vola manus.

Bagian pertama arteria radialis berada pada regio brachium, ditutupi oleh m.brachioradialis di bagian proximal, berjalan pada facies ventralis tendo m.biceps brachii, m.supinator, insertio m.pronator teres, caput radialis m.flexor digitorum superficialis, m.flexor pollicis longus, m.pronator quadratus dan ujung distal os radius [ di sini dapat diraba pulsasinya ]. Pada sepanjang antebrachium m.brachioradialis berada di sebelah lateral arteria radialis. Di sepertiga bagian medial antebrachium nervus radialis berjalan di sebelah lateral arteria radialis. M.flexor carpi radialis berada di sebelah medial dari arteria radialis.
Memberi percabangan :
1.    rami musculares
2.    ramus calpalis palmaris
3.    ramus palmaris superficialis
4.    arteria recurrens radialis

Ad.1. Rami musculares memberi suplai darah kepada otot-otot di bagian radialis antebrachium.

Ad.2. Ramus carpalis palmares adalah sebuah cabang kecil yang keluar dekat tepi caudal m.pronator quadratus, berjalan pada facies palmaris ossa carpalia, membentuk anastomose dengan ramus carpalis palmaris yang dipercabangkan oleh arteria ulnaris. Anastomose ini dilengkapi oleh cabang-cabang dari arteria interossea anterior dan ramus recurrens dari arcus palmaris profundus. Jaringan anastomose ini membentuk rete carpi volare, yang memberi suplai darah kepada wrist joint.

Ad.3. Ramus palmaris superficialis, dipercabangkan pada saat arteria radialis membelok pada sisi lateral pergelangan tangan menuju ke dorsal. Cabang ini berjalan menembusi otot thenar, memberi vascularisasi pada daerah ini, dan membentuk anastomose dengan ujung distalis arteria ulnaris yang dinamakan arcus palmaris superficialis.

Ad.4. Arteria recurrens radialis, dipercabangkan di bagian distal articulatio cubiti, berjalan ascendens di antara m.brachioradialis dan m.brachialis, melayani otot-otot tersebut, dan mengadakan anastomose dengan arteria collateralis radialis [cabang dari a.pofunda brachii].

    Bagian kedua dari erteria radialis adalah ketika arteri ini berada di sebelah distal processus styloideus radii dan membelok ke dorsal pada sisi radialis ujung distal radius dan masuk ke dalam spatium interosseum I. Arteria radialis berjalan di dalam Anatomical Snuff box, disilangi oleh tendo m.abductor pollicis longus, m.extensor pollicis brevis dan m.extensor pollicics longus. Dari bagian ini dipercabangkan ramus carpalis dorsalis, yang mengadakan anastomose dengan ramus carpalis dorsalis a.ulnaris membentuk rete carpi dorsale.
Dari rete carpi dorsale dipercabangkan 3 buah arteriae metacarpales dorsales, berjalan ke arah distal pada permukaan m.interosseus dorsalis II, III dan IV, lalu masing-masing bercabang dua membentuk aa.digitales dorsales, yang memberi vascularisasi jari III, IV dan V, membentuk anastomose dengan aa.digitales palmares propriae yang dipercabangkan oleh arcus palmaris superficialis.
Cabang yang lain adalah arteria metacarpalis dorsalis I sebelum a.radialis berjalan melalui kedua caput m.interosseus dorsalis I, yang memberi suplai darah kepada jari I dan II.
    Bagian ketiga dari arteria radialis berjalan ke arah vola manus dengan melalui kedua caput m.interosseus dorsalis I. Di daerah vola manus dipercabangkan arteria princeps pollicis, yang selanjutnya bercabang dua untuk melayani kedua sisi jari I. Selanjutnya arteria radialis memberi cabang arteria radialis indicis yang menuju ke sisi lateral jari II.
Kemudian arteria radialis membelok ke arah medial di antara kedua caput m.adductor pollicis, melanjutkan diri menjadi arcus palmaris profundus; arcus ini ditutupi oleh tendo m.flexor digitorum profundus dan berada setinggi basis ossis metacarpalis, berada pada facies ventralis mm.interossei. Arcus palmaris profundus dilengkapi di bagian medial oleh ramus palmaris profundus arteria ulnaris, dan terletak kira-kira 2 cm di sebelah proximal dari arcus palmaris superficialis.
Dari arcus palmaris profundus dipercabangkan cabang-cabang ke arah proximal, turut membentuk rete carpi volare, dan ke arah distal memberi cabang yang dinamakan arteriae metacarpales palmares, beranastomose dengan aa.digitales palmares communes yang dipercabangkan oleh arcus palmaris superficialis.

ARTERIA ULNARIS
    Mempunyai bentuk yang lebih besar daripada arteria radialis. Setelah dipercabangkan oleh arteria brachialis maka arteria ulnaris berjalan oblique ke arah caudal, mencapai sisi ulnaris antebrachium kira-kira pada pertengahan antebrachium. Selanjutnya berjalan sepanjang sisi ulnaris pergelangan tangan, menyilang ligamentum carpi transversusm di sebelah radialis os pisiforme. Tepat di sebelah distal os pisiforme arteria ulnaris bercabang dua dan masing-masing cabang tersebut bergabung dengan arcus palmaris superficialis dan arcus palmaris profundus.
Memberi percabangan sebagai berikut :
a.    pada antebrachium :
1.    arteria recurrens ulnaris anterior
2.    arteria recurrens ulnaris posterior
3.    arteria interossea communis
4.    rami musculares
b.    pada pergelangan tangan :
1.    arteria interossea anterior
2.    arteria interossea posterior
c.    pada manus :
1.    arcus palmaris superficialis
2.    ramus palmaris profundus

Ad.a.1. Arteria recurrens ulnaris anterior, dipercabangkan di sebelah distal articulatio cubiti, berjalan kembali ke cranialis, berada di antara m.brachialis dan m.pronator teres, memberi suplai darah kepada otot-otot tersebut, berada di sebelah ventral dari epicondylus medialis humeri, mengadakan anatomose dengan arteria collateralis ulnaris superior et inferior.

Ad.a.2. Arteria recurrens ulnaris posterior, dipercabangkan di sebelah distal dari pangkal arteria recurrens ulnaris anterior, mempunyai bentuk yang lebih besar daripada arteria tersebut tadi. Berjalan ke dorsal dan medial di antara m.flexor digitorum sublimis dan m.flexor digitorum profundus, lalu berjalan ascendens di sebelah dorsal epicondylus medialis humeri. Berada di antara epicondylus medialis humeri dan olecranos, ditutupi oleh m.flexor carpi ulnaris, mengadakan anastomose dengan arteria collateralis ulnaris superior, arteria collateralis ulnaris inferior dan arteria interossea recurrens.

Ad.a.3. Arteria interossea communis, panjang 1 cm, dipercabangkan tepat di sebelah caudalis tuberositas radii, berjalan ke arah dorsal pada tepi cranialis membrana interossea antebrachii, lalu bercabang dua membentuk arteria interossea anterior dan arteria interossea posterior.

Ad.b.1. Arteria interossea anterior, berjalan ke distal pada permukaan ventral membrana interossea, bersama-sama dengan ramus interosseus palmaris nervi mediani, ditutupi oleh m.flexor digitorum profundus dan m.flexor pollicis longus; memberi rami musculares dan  arteria nutricia kepada os radius dan os ulna.
Pada tepi cranialis m.pronator quadratus arteria interosseus posterior, mencapai facies dorsalis pergelangan tangan, dan beranastomase dengan rete carpi orsale.
Arteria interossea anterior memberi cabang arteria mediana, yang berjalan bersama-sama dengan nervus medianus menuju ke vola manus.
Sebelum arteria interossea anterior menembusi membrana interossea dipercabangkan sebuah cabang yang berjalan ke distal, ditutupi oleh m.pronator quadratus, bergabung dengan rete carpi volare.

Ad.b.2. Arteria interossea posterior, berjalan ke dorsal di antara chorda obliqua dan tepi cranialis membrana interossea, berada di antara m.supinator dan m.abductor pollicis longus, selanjutnya berjalan ke distal pada facies dorsalis antebrachium di antara lapisan otot-otot yang terletak superficialis dan profundus; memberi rami muculares untuk otot-otot tersebut.
Di cranialis m.abductor pollicis longus dan m.extensor pollicis brevis arteria interossea posterior ditemani oleh nervus interosseus dorsalis. Pada bagian distal antebrachium arteria interossea posterior mengadakan anastomose dengan ujung terminal arteria interossea anterior dan dengan rete carpi dorsale.
Dekat pada pangkal arteria interossea posterior dipercabangkan arteria interossea recurrens, yang berjalan ascendens di antara epicondylus lateralis humeri dan olecranon, menembusi m.supinator, membentuk anastomose dengan arteria collateralis media, yang dipercabangkan oleh arteria profunda brachii, dengan arteria recurrens ulnaris posterior dan dengan arteria collateralis ulnaris inferior.
Ramus carpalis palmaris merupakan cabang kecil yang menyilang di sebelah ventral ossa carpalia, ditutupi oleh tendo m.flexor digitorum profundus, mengadakan anastomose dengan cabang yang sama dari arteria radialis.
Ramus carpalis dorsalis dipercabangkan setinggi os pisiforme, berjalan ke arah dorsal ditutupi oleh tendo m.flexor carpi ulnaris, berjalan pada facies dorsalis ossa carpalia, ditutupi oleh tendo otot-otot extensor dan membentuk anastomose dengan cabang yang sama dari arteria radialis.

Ad.c.1. Arcus palmaris superficialis dibentuk oleh arteria ulnaris, dan sering dilengkapi oleh suatu cabang yang keluar dari ramus palmaris superficialis arteria radialis, dan dapat juga dilengkapi oleh cabang dari arteria radialis indicis dan arteria princeps pollicis. Arcus ini menyilang vola manus dengan lengkungannya yang menghadap ke arah distal.

Ad.c.2. Ramus palmaris profundus berjalan di antara m.abductor digiti minimi dan m.flexor digiti minimi brevis, menembusi origo m.opponens digiti minimi, mengadakan anastomose denagn arteria radialis, dan melengkapi arcus palmaris profundus.

Arteriae digitales palmares communes
    Ada 2 buah yang dipercabangkan dari sisi distalis arcus palmaris superficialis, berjalan ke distal menuju m.lumbricalis II, III dan IV. Setiap arteria ini menerima cabang yang sama dari arteria metacarpalis palmaris, dan segera bercabang dua membentuk aa.digitales palmares propriae yang berjalan sepanjang sisi ulnaris jari  II dan sisi radialis jari III, sisi ulnaris jari III dan sisi radialis jari IV, sisi ulnaris jari IV dan sisi radialis jari V.

PEMBULUH VENA
Terdiri dari vena superficialis dan vena profunda. Vena superficialis terdiri dari vena cephalica dan vena basilica.
Vena cephalica dimulai pada dorsum manus, berjalan ke proximal pada sisi radialis antebrachium.
Vena basilica berjalan pada sisi ulnaris antebrachium.
Pada facies dorsalis dan facies ventralis antebrachium terdapat vena-vena yang menghubungkan kedua vena tersebut tadi.
Pada fossa cubiti terdapat vena mediana cubiti, yang menghubungkan vena cephalica dengan vena basilica dengan arah cranio medial.
Selanjutnya vena cephalica berjalan pada sisi lateral m.biceps brachii, menembus fascia dan berjalan di dalam trigonum deltoideo-pectorale dan bermuara ke dalam vena axillaris.
Vena basilica berjalan pada sisi medial m.biceps brachii. Pada pertengahan brachium vena basilica berjalan melalui hiatus basilicus  dan bermuara kedalam vena brachialis.
Vena profunda berjalan bersama-sama dengan arteri bersangkutan.


SYSTEMA LYMPHATICA
    Nodus limphaticus pada extremits superior terdiri dari gugusan superficialis dan gugusan profunda.
Lymphonodi superficialis berjumlah sedikit dan mempunyai ukuran yang kecil. termasuk di dalamnya adalah:
1.    lymphonodus supratrochlearis = l.n.cubitalis, berjumlah 1 – 2 buah nodus yang terletak 2 – 3 cm di sebelah cranial epicondylus medialis humeri, berada di sebelah medial vena mediana cubiti. Pembuluh lymphe afferent berasal dari jari III, IV dan V, dari bagian medial manus dan permukaan superficialis sisi ulnaris antebrachium. Pembuluh efferent berjalan bersama-sama dengan vena basilica, dan bergabung dengan pembuluh-pembuluh lymphe yang berada di bagian profunda.
2.    lymphonodus deltodeopectorale = l.n.infraclaviculare berjalan 1 – 2 buah, berada di samping vena cephalica, di antara m.pectoralis major dan m.deltoideus, di sebelah caudalis dari clavicula.

Lymphonodus profundus terutama berkumpul di fossa axillaris, dinamakan lymphonodi axillares dan ada beberapa yang berada pada regio antebrachium mengikuti arteria radialis, arteria ulnaris dan arteria interossea, dan pada brachium berada pada sisi medial arteria brachialis.

Nodi lymphatici axillares berukuran besar, berjumlah antara 20 – 30 buah, dan dapat dibagi menjadi beberapa gugusan, sebagai berikut:
1.    gugusan lateral, terdiri dari 4 – 6 lymphonodus, terletak pada sisi dorso-medial vena axillaris. Pembuluh lymphe afferent membawa lymphe dari seluruh extremitas superior, kecuali yang mengikuti vena cephalica. Pembuluh efferent membawa lymphe menuju ke gugusan centralis dan gugusan subclavicularis, dan sebagian lagi menuju ke l.n.cervicalis profundus gugusan inferior;
2.    gugusan anterior = gugusan pectoralis berjumlah 4 – 5 buah lymphonodi, berada pada sisi inferior m.pectoralis minor, di sekitar arteria thoracalis lateralis. Pembuluh lymphe afferent membawa lymphe dari kulit dan otot dinding anterior dan dinding lateral thorax, dari mamma pars centralis dan pars lateralis. Pembuluh afferent sebagian membawa lymphe menuju ke gugusan centralis dan sebagian lagi menuju ke gugusan subclavicularis ;
3.    gugusan posterior = gugusan subscapularis, berjumlah 6 – 7 buah lymphonodi, terletak pada sisi inferior dinding posterior fossa axillaris, mengikuti arteria subscapularis. Pembuluh afferent berasal dari kulit dan otot pars dorsalis collum di bagian caudal dan dari dinding dorsal thorax. Pembuluh efferent menuju ke gugusan centralis ;
4.    gugusan centralis = gugusan intermedialis, berjumlah 3 – 4 buah lymphonodi yang terletak pada corpus adiposum di basis fossa axillaris. Pembuluh afferent berasal dari lymphonodus axillaris lainnya (gugusan  lainnya) dan pembuluh efferent menuju ke pars subclavicularis ;
5.    gugusan medial = gugusan subclavicularis = gugusan apical, berjumlah 6 – 12 buah lymphonodi, sebagian terletak pada facies posterior bagian cranialis m.pectoralis minor dan sebagian lagi berada di bagian superior dari bagian cranialis otot tersebut tadi. Pembuluh afferent berjalan bersama-sana dengan vena cephalica, dan juga berasal dari gugusan lainnya. Pembuluh efferent membentuk truncus subclavius, yang akan bermuara ke dalam angulus venosus, yaitu tempat pertemuan antara vena jugularis interna dan vena subclavia atau bermuara ke dalam truncus jugularis; pada bagian kiri bermuara ke dalam ductus thoracicus.
Beberapa pembuluh efferent seringkali menuju ke ll.nn.cervicales profundus inferior.


Topografi Bab I - Pendahuluan Topografi Umum
Topografi Bab II - Ekstremitas Superior
Topografi Bab III - Ekstremitas Inferior

oleh: Prof. dr. H. Razak Datu, Ph.D, PAK (Staf Pengajar Mata Kuliah Anatomi FK Universitas Hasanuddin, Makassar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut