Rabu, 16 November 2011

Madagascar

Sudah pernah nonton film Madagascar? Sebagai review singkat, Madagascar merupakan sebuah film animasi produksi Disney yang bercerita tentang tingkah laku sekelompok mahluk kebun binatang yang terpaksa harus tinggal di alam liar Madagascar. Setelah menonton film ini dan melihat latar yang menjadi setting animasi-nya, saya jadi bertanya-tanya kenapa film-nya tidak mengambil latar pulau di Indonesia saja. Padahal kalau masalah keindahan dan keunikan marga satwa, Indonesia pasti tidak kalah dengan Madagascar.

Poster film Madagascar: Escape 2 Africa. Diambil dari sini



Hanya saja, kalau mau dibuat berlatar Indonesia, judulnya mungkin harus diganti jadi Borneo atau Papua lalu para tokoh utamanya juga harus diganti jadi harimau sumatra (gantikan singa), kuda sumbawa (gantikan zebra), badak jawa (gantikan kuda nil),dan orang utan (satwa Indonesia apa yang bisa gantikan jerapah?). Sedangkan untuk aktor binatang pendukung lainnya seperti lemur, kera, dan penguin tidak perlu diganti sama sekali  karena untuk lemur dan kera, Indonesia kaya akan spesies  ini. Hanya saja kalau soal penguin, saya merasa mahluk ini sejak awal memang sudah salah habitat, jadi tidak perlu diganti sama sekali.

Peta Madagascar. Diambil dari sini

Sebagai info singkat, Madagascar merupakan satu-satunya negara Afrika yang berbentuk pulau, terpisah dari benua Afrika. Sejak zaman dahulu kala, negara ini sudah menjalin hubungan bilateral yang erat dengan bangsa Indonesia. Ada banyak literatur yang menyatakan bahwa para pelaut asal Bugis (salah satu suku di Sulawesi Selatan) sering mengujungi negara pulau di Selatan benua Afrika ini dengan menggunakan kapal Phinisi untuk berdagang dan menyebarkan agama. Tapi well, itu masa lalu. Sekarang kebanyakan orang Sulawesi kalau mau ke luar negeri, lebih suka liburan ke Malaysia dan Singapura dibanding ke hutan Madagascar bahkan ke hutan Kalimantan sekali pun. Kata mereka mall dan belanja lebih menarik dari hutan dan hutan itu tidak aman. Memang sejak kapan hutan itu aman?
Berikut ini adalah gambar-gambar keindahan hayati di Madagascar.
Gambar 1: Pohon Baobab. Pohon kebanggaan masyarakat Madagascar. Pohon ini telah hidup lebih dari 2000 tahun. Diambil dari sini.
Gambar 2: Ini bukan gambar burung. Tapi gambar ngengat komet (comet moth) jantan  yang memiliki rentangan sayap sepanjang 20 cm dan panjang ekor mencapai 15 cm. Dengan kata lain, ngengat ini nyaris sama panjangnya dengan mistar anak sekolah. Diambil dari BBC Wildlife Edisi Februari 2011.


Gambar 3: Chameleon pygmi. Tidak lebih besar dari kecoak rumah. Diambil dari sini.

Gambar 4: Apex Madagascar. Salah satu predator utama di Madagascar. Diambil dari sini

Gambar 5: Lemur Tikus. Salah satu lemur yang menjadi model binatang untuk film Madagascar. Diambil dari sini.

nb: saya mau ke sana.

8 komentar:

Miss 'U mengatakan...

Orang Sulawesi masih banyak kok yang suka merantau dan tersebar di pulau pulau lain :D *nunjuk diri sendiri*
tapi bukan untuk berlibur :D

Inayah Mangkulla mengatakan...

hore... SKYDRUGS mau jadiiiiiiiiii, sutradaraaaa.... Hehe

Dongeng2 endonesa pun kaya, banyak skali hal2 yang bisa diekplorasi secara cerita di sini. sayang hollywood/disney tak melirik itu.

Outbound Malang mengatakan...

berkunjung sob..salam kenal

Yudi Darmawan mengatakan...

soal lagu di blog saya, bener banget mas, judulnya River, yang nyanyi Tatsuya Ishii (OST. Gundam Seed)

walah, kirain si Mort itu Tarsius (binatang indonesia) ternyata sebangsa tikus..

o iya, udah saya follow nih, ditunggu follow backnya lho.. hehe

Bayu Hidayat mengatakan...

wah setuju banget indonesia itu ngak ada tandingannya. hidup indonesia lah. madagaskan juga bagus. tapi pasti tempatnya panas banget. kan di afrika

NuellubiS mengatakan...

eh madagazcar kan ceritanya bersetting di kebun binatang di AS, jadi wajar ada penguin. hehhehe

OOT: ikutin kontes pertama yang gw bikin yuk >> http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/11/give-away-pertama.html

gitabeneran mengatakan...

hayulah,,,bikin film semacam madagaskar
kita angkat komodo kek, ayam kek...dll
SETUJU BANGET

Fiction's World mengatakan...

aih itu lemur tikus mirip banget sama si moth :D
iya ya kayaknya bagus tuh kalau bersetting di Indonesia, tapi artworknya kayaknya musti tetep digarap sama orang luar biar emm lebih bagus hhahha

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut