Minggu, 26 Juni 2011

Van Riot

Hanya ingin menulis judulnya. Untuk memplesetkan judul lagu Arctic Monkeys, Riot Van. Keseluruhan hari ini adalah Arctic Monkeys. Mereka menginvasi hariku dengan lagu-lagu slengean dan nada-nada yang mengempasis seluruh isi kepalaku. Meskipun lagu-lagu mereka sama sekali tak ada dapat kupahami, tetap saja ku jajarkan telingaku untuk mendengar celotehan-celotehan itu.

Mungkin saja aku mulai ikut-ikutan slengean seperti mereka.

Frickles Cow

You fall in the hellish condition without your mind recognition. When past comes to end, this is your part to close devil pathway. There won't be any misery if you try it. Don't hesitate, don't take back. Just go and go. Dare the world, dare dangerous thing. And life your dream in imaginary way.

Kliping: Pemerintah Mulai Kewalahan Bayar Gaji PNS

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia saat ini sudah cukup tinggi dan bisa memberatkan anggaran pemerintah dalam penyediaan tunjangan gaji serta pensiun dan asuransi.
"Terkait PNS perlu waspadai karena memang jumlahnya sudah cukup tinggi dan program reformasi birokrasi adalah inisiatif yang kita harapkan agar produktivitas PNS kita meningkat," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/6). Menkeu menjelaskan, saat ini banyak alokasi anggaran rutin di daerah ditetapkan untuk pembiayaan belanja pemerintah seperti untuk gaji pegawai padahal belanja modal sangat terbatas sehingga pembiayaan infrastruktur menjadi terbengkalai.
Untuk itu, Menkeu melanjutkan perlu dipikirkan inisiatif mengenai pengurangan jumlah pegawai negeri sipil pada 2012 dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi agar anggaran dapat lebih dialokasikan untuk belanja modal. Selain itu, jumlah pegawai negeri yang semakin meningkat juga dapat memberatkan pemerintah dalam penyediaan tunjangan pensiun dan asuransi. Karena itu Menkeu berharap, program reformasi birokrasi dapat berjalan dengan semestinya, sehingga efektifitas dan produktifitas kerja pegawai negeri sipil dapat tercapai.
Ia menginginkan di masa mendatang diperlukan pengetatan penerimaan pegawai negeri sipil melalui kegiatan seleksi yang baik dan selektif. (Ant/ARI)




nb:
well...bisa jadi pemerintah akan bangkrut. apalagi kalau sudah tidak ada lagi yang membayar pajak. mungkin sebaiknya semua pegawai di indonesia mulai berpikir untuk berwiraswasta.

Sabtu, 25 Juni 2011

Tulisan

Sepertinya semua hal sudah pernah kutuliskan. Jadi apa lagi yang harus ditulis?

Minggu, 19 Juni 2011

Hidup: Whatever People Say I Am, That's What I'm Not

Pernah menghadapi orang menjengkelkan? Saya yakin pasti pernah. Tidak ada manusia yang bisa bebas dari penjajahan orang yang menjengkelkan. Tidak peduli di mana dirimu berpijak, mau di tanah berlumut, aspal atau pun melayang di udara, pasti ada saatnya orang menjengkelkan melintas di hadapanmu lalu merubah harimu yang menyenangkan jadi seperti neraka versi mini. Mungkin hanya setan yang tidak pernah bertemu orang menjengkelkan karena saat bertemu orang macam itu, setan pasti bahagia karena telah menemukan saudara sekeyakinannya.

Tapi segila-gilanya bertemu orang yang menjengkelkan masih akan lebih gila lagi bila kita harus dihadapkan pada kondisi tidak bisa bertemu orang yang telah menyebarkan isu tak benar tentang dirimu. Rasanya seperti sedang menggenggam pemicu senjata pemusnah massal yang dapat menghancurkan sebuah benua namun tidak tahu harus diarahkan ke mana moncongnya karena target kemarahan tersebut sedang ada urusan di tempat lain(mungkin dia sedang ke toilet dan berak darah di situ).

Saking panasnya, kemarahan yang tersimpan rasanya seperti hendak melubangi dada, dan membakar habis semua yang ada di sekitarnya. Orang yang mentalnya hanya secuil kuku, biasanya akan langsung meledak seperti reaktor nuklir yang kepanasan lalu merusak teman-teman serta rumahya. Pada umumnya orang seperti ini, rata-rata ber-IQ-EQ jongkok a.k.a imbicile.

Orang yang rasional dan logis mustinya memiliki motto seperti judul album Arctic Monkey, Whatever People Say I Am, That's What I'm Not sambil terus merancang rencana balas dendam yang baik. :D We forgive but not forget.


nb: terinspirasi dari cerita teman yang merasa dirinya difitnah. well, dunia ini memang begitu kawan, kalau bukan kamu yang memfitnah, maka orang lain yang akan melakukannya. Itu sudah hukum alam. Jadi pilih mana? :D

Bila ada yang merasa tulisan ini melanggar moral bla...bla...bla...kode etik bla...bla...bla...agama...bla...bla....  i'm sorry. Whatever You Say I Am, That's What I'm Not. :D


sumber gambar: demotivate.us

Jumat, 17 Juni 2011

Friday End

I guess this the end of days series. Thanks for your kind attention.
Goody bye and good luck.





nb: world begin in friday and it will end in friday too.

Kamis, 16 Juni 2011

Thursday And Rush

Berada dalam deadline yang mencekik bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Apalagi harus menghadapinya bersama orang yang suka memaksa, mendorong, merajuk dan mengeluh. Membuatmu nyaris tak bernapas sampai lupa mendetakkan jantung.


Tapi itulah konsekuensi hidup bersama orang lain.Terkadang kita harus mengalah dan mengkompromikan segala kebencian serta kemarahan kita agar tetap jinak dalam menghadapi orang-orang yang tidak kita sukai. 


Tidak perlu memaksakan diri menjadi orang suci dan berusaha memadamkan ketidaksukaan terhadap seseorang karena tidak ada yang salah dengan tidak menyukai beberapa orang di dunia ini. Karena terkadang ada beberapa orang di muka bumi ini yang memang tidak membutuhkan rasa suka dari kita.

Rabu, 15 Juni 2011

So It's Wednesday

"Semua orang memiliki kelainan jiwa dalam dirinya, tapi tidak semua harus berakhir di rumah sakit jiwa."

Saat menjalani kehidupan, kebanyakan rekan blogger, pasti merasa selalu (ingin) merasa dirinya bermental normal, tanpa gangguan jiwa. Kenormalan itu ditandai oleh beberapa indikator seperti rekan blogger masih mampu beraktivitas sebagaimana biasanya, masih bisa memposting dan blogwalking, serta yang paling utama adalah rekan blogger tidak membaca postingan ini di rumah sakit jiwa dalam keadaan kaki dan tangan terikat.
Tapi apakah rekan blogger benar-benar normal seutuhnya? Coba pastikan itu dengan melakukan tes MMPI. Banyak orang yang kukenal normal dalam kehidupan sehari-hari, ternyata dianggap mengalami gangguan jiwa oleh hasil tes MMPI. Entah itu paranoid-selalu merasakan ada orang yang hendak mencelakainya, hipokondriasis-selalu merasakan adanya gangguan fisik seperti nyeri perut, sakit kepala dsb padahal tidak ada kelainan fisik dalam dirinya, depresi-merasa hidup ini tidak berarti dan berbagai jenis kelainan lainnya. Namun kesimpulan tes MMPI itu tidak membuat mereka harus dirawat di rumah sakit jiwa. Kenapa bisa?

Hal itu dikarenakan kelainan - kelainan jiwa ringan dapat muncul pada hampir semua orang normal sebagai respon terhadap stressor sosial yang setiap saat bisa memborbadir pikiran orang normal hingga remuk tak berbentuk. Stressor itu bisa datang dari pekerjaan, asmara, keluarga, kontes SEO, google adsense dan lain-lain. Pada orang yang memiliki kapasitas mental yang baik, biasanya mereka mampu memberikan respon yang sesuai terhadap stressor tersebut dengan cara mengatasi atau menghilangkan stressor sehingga kelainan jiwa bisa ikut hilang. Atau pada beberapa kejadian, mereka dapat hidup bersama stressor tersebut tanpa menimbulkan disfungsi sosial.

Namun apabila stressor sosial membuat rekan blogger mulai menunjukkan tanda-tanda curiga berlebihan pada semua orang, emosi tak terkendali, mudah marah, serta mulai menarik diri dari pergaulan, ada baiknya rekan blogger segera mencari pertolongan ke psikolog atau psikiater sebelum rekan blogger berakhir di RSJ akibat berkelakuan aneh seperti lari-lari telanjang di kota, memukul anggota keluarga, mengancam tetangga hingga mencoba bunuh diri. Kelainan jiwa bisa dicegah bila kita mampu mencari pertolongan dan membicarakan semua masalah kita pada orang terdekat. Jangan malu untuk mengakui ada kelainan jiwa dalam diri kita. Karena kelainan jiwa bukanlah tanda kelemahan.

Selasa, 14 Juni 2011

Tuesday Test

Suasana di RSJ
Mumpung masih jalan-jalan di jiwa, jadi kusempatkan saja melihat-lihat suasana kehidupan para pasien yang dirawat di RSJ Dadi Makassar. Banyak hal lucu dan gila yang tiap hari terjadi di sini. Seandainya pengambilan gambar pasien diperbolehkan di sini, pasti sudah kupotret hal-hal gila di sini, malah kalau bisa kurekam pakai video. Karena celotehan pasien yang sering slengean. Ada yang mengaku jadi jendral, nabi, presiden, bahkan Tuhan. Pokoknya bisa bikin melek seharian karena tertawa. Sayangnya untuk melindungi privasi pasien semua hal tersebut tidak dapat kulakukan.

Lagian, banyak juga hal miris di sini. Karena seringnya terjadi penindasan pasien kuat terhadap pasien lemah sehingga banyak juga pasien yang mengalami luka parah. Padahal petugas di sini sudah berusaha keras menghindarkan kejadian seperti itu dengan memisahkan orang gila yang suka mengacau dari orang gila yang berkelakuan tenang. Tapi yang namanya orang gila, selalu saja mereka melakukan hal-hal yang melewati batas.

Banyak juga pasien yang suka sekali telanjang. Meskipun sudah didandani oleh petugas dengan pakaian yang layak, tatap saja lagi beberapa jam kemudian, mereka bugil lagi. Ini juga salah satu alasan mengapa saya tidak mau memposting foto-foto suasana di RSJ. Bisa - bisa dikatakan pornografi. Oleh karena itu saya menghimbau pada semua rekan blogger agar tidak pernah mengambil gambar di RSJ, untuk menghargai privasi pasien. Segila-gilanya pasien jiwa, lebih gila lagi orang yang mengambil foto mereka demi mendapatkan keuntungan pribadi.


Tes MMPI

Pernah dengar kata MMPI? Bagi orang yang pernah mengikuti suatu seleksi penerimaan karyawan atau pegawai, pasti pernah dengar istilah ini. MMPI adalah singkatan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory. 

Ini merupakan suatu instrumen tes kejiwaan yang dipakai untuk menilai kesehatan mental seseorang. Jadi wajar saja kalau setiap calon karyawan/pegawai harus dites dengan MMPI karena perusahaan tidak mau mempekerjakan orang yang mengalami gangguan jiwa. 

MMPI terdiri dari 566 pernyataan yang hanya perlu direspon dengan memilih ya atau tidak. Dan pernyataan-pernyataan itu, berkisar tentang aktivitas sehari-hari dan keinginan-keinginan kita. Misalnya, aku menyukai bunga, aku ingin menjadi pembalap, aku ingin menjadi polisi, dan 533 pernyataan lainnya.

Dari serangkaian materi sepele ini akan muncul kesimpulan tentang sepuluh kondisi jiwa peserta tes MMPI yakni: 
-Hypochondriasis (keluhan fisik), 
-Depression (kecenderungan ingin bunuh diri)
-Schizophrenic (mengalami halusinasi dan kekacauan proses pikir), 
-Paranoia (kecurigaan berlebihan), 
-Conversion hysteria (sakit jasmani karena pengaruh psikologis), 
-Psychopathic deviate (antisosial), 
-Masculinity-femininity (mengukur seberapa maskulin dan femininnya seseorang lewat kegiatan yang dilakukan), 
-Social introvert (kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain), 
-Psychasthenia (ketelitian), dan 
-Hypomania (reaksi ketika berhadapan dengan orang banyak). 
Penjelasan lanjutan mengenai semua kelainan di atas, nanti saja ya, kalau sempat.


Kita harus mengerjakan tes MMPI dalam kurun waktu 2 jam saja. Tidak boleh lebih dan tidak boleh asal-asalan saat menjawab. Karena kalau asal-asalan, hal itu bisa diketahui dengan sendirinya begitu jawaban diperiksa. Dan kalau sudah begitu, pasti kita tidak bakalan lulus tes.

Nah, tadi saya melakukan tes ini. Pernyataannya sih singkat-singkat, terus jawabnya mudah banget, cuma ya atau tidak. Tapi karena jumlah pernyataannya itu lho yang sampai 566 nomor, bikin bosan, menggoda sekali untuk dijawab asal-asalan. 
Pantas saja kalau konsistensi, relevansi dan ketahanan kapasitas kerja dinilai melalui tes ini.

Semoga hasil tesku normal. :D

Senin, 13 Juni 2011

Monday News

Hari ini saya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Harap dicatat, saya ke RSJ bukan untuk berobat, karena saya belum segila itu sampai harus menyerahkan diri sendiri ke sana. Lagian mana ada orang gila yang dengan sukarela mau ke RSJ? 
Memang sih, hanya orang-orang spesial yang biasa masuk RSJ, paling banter ya dokter, perawat, psikolog, pasien beserta keluarganya, orang yang tersesat dan binatang lokal. 

Pasien yang masuk RSJ pun alasannya selalu itu-itu saja, kalau bukan karena keluarganya tidak tahan lagi dengan kelakuan Si Gila, atau kemungkinan dia didapat secara kebetulan diemperan jalan ketika sedang masturbasi atau lari-lari telanjang keliling kota, atau yang dimasukkan paksa oleh polisi karena dia adalah pembunuh berantai yang suka memutilasi korbannya. Jarang sekali ada orang gila yang mau menyerahkan diri dirawat di RSJ. 

Gila-gila begitu, hampir semua orang gila adalah pecinta kebebasan sejati. Para revolusioneris, libertarian, reformis, maupun mereka yang anarkis tidak akan pernah mampu menandingi kecintaan para orang gila terhadap kebebasan. Karena saking bebasnya, orang gila tidak lagi peduli pada nilai-nilai moral dan sosial yang berlaku umum. Jadi sebetulnya salah kalau kita memperjuangkan sebuah kebebasan yang ideal kalau tidak merujuk pada gaya hidup para orang gila. Karena bebas yang sesungguhnya adalah bebasnya para orang gila. Tidak ada satu pun hukum yang dapat mengikat orang gila.
Nah, waktu jalan-jalan di RSJ tadi, saya menemukan beberapa hal menarik.
Pertama, ternyata suatu kebebasan yang ideal, akan berujung pada hukum alam survival of the fittest. Persis seperti teori yang dibuat oleh Darwin. 
Orang gila kan tidak bisa diatur, mereka bertindak secara bebas berdasarkan kehendak nafsu. Karena itu acara pembagian makanan pada pasien di bangsal jiwa, lebih menyerupai pertempuran antara Hercules melawan monyet. Pemenangnya sudah jelas. Hanya mereka yang kuat yang bisa mendapatkan makanan enak. Mereka yang lemah hanya bisa menikmati remah-remahnya.

Kedua, hati-hati terhadap pasien jiwa karena hampir semua pasien jiwa memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Sekali menonjok saja, bisa langsung mematahkan hidung. Karena itu jika ingin berkunjung di bangsal jiwa, sebaiknya ada yang menemani, untuk memastikan belakangmu aman-aman saja. Kau tak pernah tahu ketika sebuah tonjokkan mendarat di punggungmu.

Ketiga, gila-gila begitu ternyata pasien jiwa tetaplah manusia seperti orang normal lainnya. They still need love and can give it to anyone. Tadi ketemu pasien jiwa yang punya dua orang istri. Padahal pasien itu sudah menunjukkan tanda-tanda gila sejak muda. Bayangkan, pasien sudah pernah beberapa kali masuk RSJ, tapi tetap saja, kedua istrinya masih setia menjaga pasien tersebut sampai sekarang. Istri-istri yang sabar.

Keempat, sudah ya.. capek ngetik.

Monday Dreaming

Mungkin sudah terlambat bagi kita untuk memahami bumi ini. Mengingat sudah begitu banyak kerusakan yang telah kita perbuat terhadapnya. Tapi lebih baik terlambat kan, daripada tidak sama sekali.

Jangan sampai saat kita punya cucu nanti, mereka kebingungan dalam membedakan hutan dan gunungan sampah serta tidak bisa lagi merasakan berbasah-basah ria dibawah guyuran air hujan beraroma hambar-manis karena begitu parahnya hujan asam memborbadir permukaan bumi.
Mungkin sudah terlambat bagi kita untuk memulai. Setelah begitu banyak kehancuran yang telah terjadi. Tapi apalagi yang bisa kita lakukan, selain memulai?

Minggu, 12 Juni 2011

Sunday Riot

Ini bukan kali pertama kamu mengatakan selamat tinggal  pada dunia. Kalau tidak salah, ini sudah menjadi kali ke-5 dalam 5 bulan terakhir. Bila selamat tinggal telah terucap dari bibirmu, itu berarti saya harus bersiaga karena kamu pasti sedang merencanakan tindakan bodoh yang dapat memastikanmu berpisah dengan dunia ini. 

Hingga sekarang masih terekam dengan jelas semua tindakan bodohmu di beberapa bulan terakhir. Mulai dari upaya menelan 50 butir dextrometorphan di Januari, merobek-robek nadi di Februari, melompat dari lantai 5 sebuah ruko di Maret, dan yang terakhir menabrakkan diri pada truk tronton di April lalu. Dokter dan perawat IRD pasti sudah bosan melihatmu keluar masuk rumah sakit karena tiap kali kamu masuk, mereka bisa tidak tidur semalaman sampai kondisimu stabil. Belum lagi keluargamu yang menangisi dan menjagaimu selama kamu tak sadarkan diri. Kamu seperti tidak menghargai mereka yang telah mengupayakan hidupmu dengan berkali-kali mencoba mati.

Padahal ada begitu banyak orang yang rela mengeluarkan miliaran uang dan menahan deraan rasa sakit hanya untuk mendapatkan satu detak jantung dan helaan napas. Kamu membuang nyawa seperti membuang tisu toilet bekas di tempat sampah.

Entah apa lagi tindakan bodoh yang akan kau lakukan nanti. Saya berharap ucapan selamat tinggalmu hanya akan menjadi ucapan kosong yang tak bermakna, meskipun sebenarnya saya tidak suka pada ucapan tak bermakna, tapi untuk kasusmu saya bisa berkompromi.

Sabtu, 11 Juni 2011

Last Party In Saturday

Setelah 2 hari berturut-turut memposting hal-hal berbau pajak dan pajak,
rasanya bosan juga. Karena itu saya tidak akan membahas lagi persoalan pajak dalam waktu dekat. Lagipula saya takut pada kebenaran teorema yang mengatakan bahwa peningkatan penderita sakit hati berbanding lurus dengan peninggian intensifitas pembincaraan mengenai pajak dan wakil rakyat. Hal ini sudah terbukti di pondokanku, tiap kali dua topik itu menjadi fokus pembicaraan, sumpah serapah selalu melayang  di arena diskusi, persis seperti bom-bom yang berjatuhan di Pearl Harbour. Dan hal itu kembali terbukti di dua postingan terdahuluku mengenai pajak dan pajak. Rata-rata rekan blogger yang berkomentar, memiliki kesamaan rasa sakit hati terhadap sistem perpajakkan negara ini. Sebenarnya saya mengharapkan suatu conter-opinion terhadap dua postingan tersebut. Setidaknya untuk membuktikan bahwa isi postingan tersebut salah. Tapi tampaknya mayoritas pengunjung blog ini memiliki satu visi yang sama dengan saya tentang perlunya perbaikan sistem perpajakkan di Indonesia. Kalau saya sebagai warga negara sih, hanya menginginkan keterbukaan dalam pengelolaan pajak. Kalau bisa semua pendapatan pajak dan pengeluarannya dapat dibeberkan ke publik, diaudit oleh akuntan independen, dan tidak boleh ada rahasia antara kami dengan nasib uang pajak kami. If  you took our moneys, at least you have to tell us, what are you going to do with them? You'll use them for infrastrucutures or you'll burn them in your bloody damn vacation?

Akhir kalam, saya memohon maaf pada semua orang yang merasa tersakiti di dua postinganku sebelumnya. Kalau memang isi postingan tersebut salah, mohon diluruskan, agar postingan tersebut tidak menjadi fitnah di antara kita. I am just trying to talk about reality, if you think those are wrong, please tell me.

Kalau ada yang memiliki pengalaman bahagia berurusan dengan persoalan pajak, mohon kisahnya dishare. Thanks.

Jumat, 10 Juni 2011

Pajak, あなたは私が狂ったよう

Satu chapter lagi tentang pajak. Sebetulnya bosan juga sih bicarakan masalah ini. Tapi ada beberapa informasi yang ingin saya bagi pada rekan-rekan blogger.

Tahukah rekan blogger, kalau ternyata pajak penghasilan itu bersifat progresif, nyaris tak mengenal regresi. Jadi seandainya pada tahun 2011 gaji rekan blogger 3.000.000 dan kena pajak 5% berarti jumlah pajak yang harus dibayar oleh rekan blogger adalah 150.000/bulan. Bila pada tahun berikutnya, 2012, tiba-tiba rekan blogger mengalami penurunan penghasilan menjadi 2.000.000 maka seharusnya pajak yang dibayar rekan blogger ikut turun kan...Tapi kenyataannya tidak begitu, rekan blogger harus tetap membayar 150.000/bulan. Hanya cacat, sakit degeneratif seperti diabetes dan kawan-kawan yang dapat mengurangi produktivitas yang bisa jadi alasan penurunan tagihan pajak. Dan bila rekan blogger telat bayar pajak, maka petugas pajak diberi wewenang oleh undang-undang Nomor 14 tahun 2002, untuk langsung mengeksekusi harta rekan blogger tanpa harus melalui jalur hukum yang lain. Fakta ini diceritakan oleh salah seorang teman dan sumber dari sini.

Terus, apa rekan-rekan blogger juga tahu kalau ternyata banyak perusahaan besar yang melakukan kongkalikong dengan petugas penarik pajak sehingga mereka dapat membayar pajak dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang seharusnya? Fakta ini sudah terlalu sering dibeberkan di TV, terutama pada kasus Si Jayus.
Dan apa rekan-rekan blogger juga tahu kalau ternyata sebagian besar pajak yang rekan blogger bayar digunakan untuk biaya jalan-jalan anggota DPR ke luar negeri serta dialihkan ke proyek-proyek yang sarat akan KKN? Fakta ini juga tiap hari disajikan di media, sampai bosan rasanya melihat berita yang itu-itu saja.

Jadi mengapa kita harus membayar pajak kalau ternyata pengelolaan pajak masih seperti ini bentuknya?



nb:あなたは私が狂ったよう = Anata wa watashi ga kurutta yō = kau membuatku gila (sumber: google translate)

sumber gambar:
http://www.santosoblog.com/wp-content/uploads/2011/01/CARTOON-GAYUS_0.jpg

Kamis, 09 Juni 2011

Pajak

"Mungkin ini bukanlah postingan yang menarik bagi kebanyakan orang yang pernah berurusan dengan pajak atau sama sekali tidak mau dipajak."

Well, pajak merupakan suatu kontradiksi dalam sebuah negara demokrasi. Karena di satu sisi, sebuah negara demokrasi mengharuskan dirinya sendiri (tidak ada yang bisa memaksa negara, kecuali pemberontakan rakyat) untuk mengupayakan (ingat, hanya mengupayakan tidak sampai membuatnya jadi nyata) kemerdekaan dan kebebasan bagi warganya. Namun di sisi lain, negara juga menjadi pengekang bagi warganya sendiri dengan menciptakan berbagai aturan yang mengharuskan warganya membayar kemerdekaan dan kebebasan tersebut dengan sejumlah materi atau uang. Bila warga negara tidak membayar pajak, maka negara akan menggunakan kekuatan hukum untuk memenjarakan lalu menyita harta kekayaan warganya.

Jika rekan-rekan blogger ingin tahu bagaimana undang-undang pajak penghasilan di Indonesia serta sanksi yang bisa diperoleh jika kita dianggap (ingat, hanya dinas pajak yang menganggapnya) menggelapkan pajak, maka silahkan baca Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2000 di sini dan di situs pajak.go.id. Di situ dijabarkan secara panjang lebar (betul-betul panjang, dan sangat lebar) mengenai pajak penghasilan, mulai dari pengertian, apa yang bisa dipajak, hingga saya nyaris tertidur saat membacanya. Intinya berbelit-belit. Pada tahun 2009, undang-undang tersebut direvisi, yang menonjol adalah revisi pada pasal 17 tentang jumlah pajak penghasil yang harus dibayar warga negara.

Ringkas perubahannya ada di bawah ini:
Tarif Pajak Penghasilan (PPh)
Pasal 17 UU No. 17 Tahun 2000 (Berlaku sampai dengan 31 Desember 2008)
TARIF WAJIB PAJAK PRIBADI
No.
Lapisan Penghasilan
Tarif
1.
S.d Rp 25.000.000,-
5%
2.
Di atas Rp25.000.000,- s.d. Rp 50.000.000,-
10%
3.
Di atas Rp50.000.000,- s.d. Rp 100.000.000
15%
4.
Di atas Rp100.000.000,- s.d.Rp200.000.000,-
25%
5.
Di atas Rp200.000.000,-
35%
Keputusan Perubahan (Berlaku mulai 1 Januari 2009):
No.
Lapisan Penghasilan
Tarif
1.
S.d. Rp 50.000.000,-
5%
2.
Di atas Rp50.000.000,- s.d. Rp 250.000.000
15%
3.
Di atas Rp250.000.000,- s.d.Rp 500.000.000,-
25%
4.
Di atas Rp500.000.000,-
30%

  • TARIF WAJIB PAJAK PENGHASILAN BADAN USAHA
Ketentuan UU No. 17 Tahun 2000 (Berlaku sampai dengan 31 Desember 2008):
Lapisan Penghasilan
Tarif
s.d Rp 50.000.000,-
10%
Di atas Rp 50.000.000,- s.d. Rp 100.000.000,-
15%
Di atas Rp 100.000.000,-
30%

Keputusan Perubahan (Berlaku mulai 1 Januari 2009):
· Tarif tunggal 30%
· Diturunkan menjadi 28% pada tahun 2009, dan menjadi 25% pada tahun 2010.
· Untuk WP Badan Masuk Bursa diberikan tarif 5% lebih rendah dari tarif yang berlaku. (sumber: pajak.go.id)
Undang-undang di atas masih bisa berubah. Tergantung mood pemerintah. Mungkin saja nanti pajak penghasilan akan mencapai 50%, who knows.

Dalam dunia kemafiaan, hal yang dilakukan negara itu dapat dikatakan sebagai pemalakan, perampasan, a.k.a racketeering (Wikipedia: criminals demand money from businesses in exchange for the service of "protection" against crimes that the racketeers themselves instigate if unpaid----Terjemahan bebasnya--> pilih mana? bayar saya, penjara, atau mati?).

Pemerintah tidak pernah ditangkap karena melakukan pemalakkan terhadap warganya karena mereka dianggap sebagai pembuat hukum. Sedangkan mafia, ketika melakukan pemalakan, otomatis Si Mafia sudah dapat ditangkap (ini kalau petugasnya belum disuap) atas tuduhan extortion (Wikipedia:a criminal offense which occurs when a person unlawfully obtains either money, property or services from a person(s), entity, or institution, through coercion----> terjemahan bebasnya-->kejahatan yang dilakukan karena mengambil harta orang lain dengan jalan koersi/kekerasan). Padahal secara layanan, bisa jadi dari palak yang ditarik tersebut mafia dapat memberikan layanan proteksi yang lebih baik dibanding negara.

Negara mungkin sudah merasa bangga atas pencapaian yang telah mereka raih selama ini dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan yang mudah rusak, layanan publik yang berbelit-belit, serta birokrasi yang rumitnya minta ampun. Tapi wajib pajak membutuhkan hal yang lebih, berhubung sudah terlalu banyak yang dipalak dari mereka. Hampir semua aspek kehidupan diterkam palak pemerintah. Mulai dari gaji yang diterima tiap bulan hingga sebatang korek api yang kita beli di pasar. Semuanya sudah dipajak. Karena itu jangan salahkan rakyat sering marah pada pemerintah. Mereka hanya meminta haknya. Itu saja.

Seandainya pemerintah tidak juga mampu menciptakan kesejahtraan, bisa jadi warga negara akan meminta jasa mafia untuk mensejahtrakan mereka. Kita tidak pernah tahu.

Selasa, 07 Juni 2011

Review Video Terbaru Coldplay: Every Teardrop Is A Waterfall

Akhirnya pada tanggal 6 Juni 2011 kemarin, Coldplay resmi merilis video single terbaru mereka, Every Teardrop Is A Waterfall di Youtube. Sayangnya, video ini hanya menayangkan album art single mereka, tidak ada adegan di dalamnya. Kalau pada postingan sebelumnya tentang single mereka, saya menyatakan bahwa warna musik single terbaru ini terkesan tidak "Coldplay" lagi yang kental akan nuansa BritPop psikedelik dan mistis. Well, harus kuakui ternyata saya salah. Setelah berulang-ulang memutar video ini,  baru kusadari kalau ternyata nuansa Britpop Coldplay masih terdengar jelas bergaung di sepanjang lagu. Hentakan drum Will Champ, lengkingan gitar Johny Buckland, dentuman bass Guy Berryman dan warna suara Chris Martin masih belum berubah. Tetap keren seperti yang dulu.


 
Dalam single ini, Coldplay tetap mempertahankan ciri khas mereka dalam mengekplorasi kata sehingga dapat melahirkan lirik-lirik berdiksi unik seperti pada potongan lirik berikut:
 
maybe i'm in the black, maybe i'm on my knees
maybe i'm in the gap between the two trapezes
but my heart is beating and my pulses start
cathedrals in my heart


Tidak banyak lirik lagu yang mengaitkan kata trapezes dan cathedrals dalam satu bait yang sama, berhubung, kedua kata itu sangat berbeda arti dan jarang digunakan dalam satu konteks yang sama. Dan bila dicermati dengan baik, bait di atas mengandung makna universalisme yang cukup kental. Coldplay ingin menyatakan bahwa warna dan latar belakang manusia lainnya hanyalah atribut yang membedakan manusia, karena pada dasarnya kita semua berasal dari satu ras manusia yang sama-sama memiliki jantung dan nadi yang berdetak dalam satu denyut yang sinkron, dalam bait ini Coldplay menyimbolisasikannya dengan sinkronisasi ini sebagai suatu irama katedral.

Selain itu pada single ini pula Coldplay ingin menegaskan pandangan politik mereka. Hal ini terlihat pada bait: 
i turn the music up, i got my records on
from underneath the rubble sing a rebel song
don't want to see another generation drop
i'd rather be a comma than a full stop



Kata rebel dan kalimat i'd rather be a comma than a full stop menunjukkan suatu pandangan politik yang cenderung menolak status quo. Koma adalah sebuah simbol untuk menyatakan perubahan, inovasi, dan revisi. Sedangkan full stop (titik) merupakan simbol stagnasi, dan status quo. Mungkin saja ketika sedang menulis lirik lagu ini, Coldplay terinspirasi oleh letupan pemberontakan terhadap para diktator pendukung status quo yang terjadi di Mesir,Tunisia, Libya dan beberapa negara Arab lainnya.


Dan lirik ini:
so you can hurt, hurt me bad
but still i'll raise the flag


semakin memperkuat pandangan politik tersebut. Coldplay ingin menegaskan bahwa meskipun suatu kediktatoran berupaya merepresi semua penentangnya, toh, pada akhirnya perlawanan akan terus ada.

Well, seperti di album sebelumnya, Viva la Vida, Coldplay kembali diterpa isu plagiat pada single terbaru mereka. Tapi semoga saja hal tersebut tidak benar, dan kalau perlu kesuksesan mereka di album Viva la Vida dapat diraih lagi di album terbaru mereka. Keep on moving Britman...

Bagi para penggemar Coldplay, silahkan download dan beli lagu terbaru mereka di sini, agar mereka dapat terus berkarya. Atau Anda bisa menunggunya didistribusikan di toko-toko kaset terdekat di kota Anda.

Nah, untuk sementara, Anda dapat menikmati video terbaru mereka di sini,  Every Teardrop Is A Waterfall

video

Silahkan dengarkan sambil membaca liriknya.

I turn the music up, i got my records on
i shut the world outside until the lights come on
maybe the streets alight, maybe the trees are gone
i feel my heart start beating to my favourite song

and all the kids they dance, all the kids all night
until monday morning feels another life
i turn the music up
i'm on a roll this time
and heaven is in sight

i turn the music up, i got my records on
from underneath the rubble sing a rebel song
don't want to see another generation drop
i'd rather be a comma than a full stop

maybe i'm in the black, maybe i'm on my knees
maybe i'm in the gap between the two trapezes
but my heart is beating and my pulses start
cathedrals in my heart

and we saw oh this light i swear you, emerge blinking into
to tell me it's alright
as we soar walls, every siren is a symphony

and every tear's a waterfall
is a waterfall
oh
is a waterfall
oh oh oh
is a is a waterfall
every tear
is a waterfall
oh oh oh

so you can hurt, hurt me bad
but still i'll raise the flag

oh
it was a wa wa wa wa wa-aterfall
a wa wa wa wa wa-aterfall

every tear
every tear
every teardrop is a waterfall

every tear
every tear
every teardrop is a waterfall 



 nb: Coldplay sudah merilis versi terbaru video mereka
 

Minggu, 05 Juni 2011

Kaki Diabetik

Jagalah tubuh dan kaki Anda dari diabetes. Karena komplikasi penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh yang lain. Salah satu contohnya adalah pasien yang tadi pagi masuk RS. Dia penderita diabetes kronik. 

Gambar di bawah ini merupakan foto kakinya ketika masuk rumah sakit karena penurunan kesadaran akibat peningkatan gula darah sewaktu yang mencapai 600 mg/dl (normalnya kurang dari 200 mg/dl). Selain penurunan kesadaran, ternyata kaki pasien ini sudah mengalami gangrene hebat yang telah mencapai betis. Dari gangrene tersebut gas hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh penguraian sel-sel mati menyeruak mengisi seluruh IRD (Instalasi Rawat Darurat), dan kalau mau tahu aroma yang dihasilkan dari luka kaki diabetes yang sudah gangrene, silahkan tanya pada cacing-cacing yang biasa mengurai mayat-mayat di kuburan, karena sesansinya tidak jauh beda. Sontak saja, seluruh penghuni IRD yang lain siaga satu menyiapakan masker untuk mengantisipasi baunya. Tapi tetap saja, pakai masker pun, hidrogen sulfida masih bisa membobolnya.

Beberapa pasien bahkan meminta pulang meskipun belum mendapat perawatan setelah mendapat serangan mendadak dari aroma kaki diabetik. They can't hold it.

Pasien kaki diabetik ini ternyata sudah pernah dirawat di rumah sakit 5 tahun lalu dengan keluhan yang sama. Dulu, luka kakinya belum separah ini, hanya luka kecil pada tumit. Tapi karena pasien tidak pernah lagi melakukan perawatan luka dan pengontrolan gula darah tiap bulan, akhirnya, luka tersebut makin membesar. Menurut keluarga, pasien ini selalu tidak mengindahkan saran anak-anaknya yang selalu mengingatkan untuk mengontrol penyakitnya.


Kaki diabetik: bagian kulit yang berwarna hitam merupakan area yang telah mengalami gangrene. Area ini merupakan area yang paling banyak menghasilkan hidrogen sulfida. Dalam klasifikasi wagner, pasien ini sudah mencapai tahap Wagner 4
Kaki diabetik: Dari luka ini, mengucur banyak cairan yang aromanya dapat sulit dihilangkan meskipun sudah dicuci.

Rencananya kaki pasien ini akan diamputasi karena ditakutkan gangrenenya dan gas hidrogen sulfida yang terlalut dalam darah akan menyebar ke area tubuh yang lain. Sayang sekali. Padahal jika 5 tahun lalu, pasien ini dapat mengontrol gula darah dan merawat kakinya dengan baik, maka kejadian seperti ini dapat dihindarkan.

nb: kaki diabetik merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan adanya luka pada area sekitar telapak kaki penderita diabetes. Akibat gangguan pembuluh, darah, saraf dan infeksi, maka biasanya luka ini lama sembuh. Bila tidak dirawat dengan baik, bisa mengakibatkan gangrene, kematian jaringan kaki.
Karena itu jagalah kesehatan Anda. Sakit itu tidak enak.
Posted by Picasa

Sabtu, 04 Juni 2011

Tuhannya Amir

Amir terpekur di sudut kamar yang gelapnya menyerupai sebuah lubang hitam dari bintang tua yang baru saja melalui tahapan supernova yang tak terkira lamanya. Dalam gelap yang mampu menelan apapun di sekitarnya itu, Amir menjentik-jentikkan jari ke arah dahinya seperti tengah memegang sebuah revolver magnum berkaliber 9 mm. Dia berniat meledakkan pusat otaknya yang selalu berdengung mencari Tuhan tanpa harus mati. Dia sengaja menepis kenyataan bahwa sebutir peluru berkaliber 9 mm bisa menjadi mak comblang yang bakal membuatnya bertemu Tuhan lebih cepat dari yang bisa dilakukan Hitler pada para Yahudi di kamp konsentrasi. Hanya imajinasi itu yang dapat membuatnya tetap bertahan dari keinginan bertemu Tuhan ketika masih hidup, dia tidak ingin bertemu Tuhan di kematian. Ada beberapa hal yang ingin ditanyakannya pada Tuhan tentang hidup ini dan dia ingin Tuhan menjawabnya secara langsung tanpa melalui perantaraan Nabi atau pun kitab suci.

Karena keinginannya itu, Amir pun mulai mempelajari semua agama, memasuki semuanya, mengikuti ritual-ritualnya, hingga melepaskan lagi semuanya dan mulai melakukan hal-hal yang lebih empiris untuk menemukan Tuhan. Tapi rasanya semua usaha yang telah dilakukan Amir selama ini dalam mencari Tuhan hanyalah himpunan kegagalan dan kesia-siaan belaka yang tidak lebih berarti dari kotoran kuda yang telah mengering. Hingga hari ini tidak juga dapat Amir temukan jalan menuju Tuhan. Tuahn seperti hilang ditelan bumi dan langit ikut berkonspirasi dalam menyembunyikannya dari Amir. Tidak ada satu pun entah itu kompas, peta, GPS hingga satelit yang dapat menunjukkan letak keberadaan Tuhan. Amir tersesat, tak dapat menemukan Tuhan. Amir selalu berpikir,"Bagaimana jika hingga akhir zaman Tuhan tak juga kutemukan? Apa jadinya diriku?" Tapi Tuhan yang ditanya seperti itu, tak pernah memberikan jawaban langsung kepada Amir. Amir tidak pernah mendengar Tuhan berbicara melalui speaker galaksi Bima Sakti hanya padanya.

Suatu hari, Amir menulis surat pada Tuhan.
"Tuhan, jika kamu melihat pesan ini, entah itu melalui transmisi galaktik antar alien, atau pun telepati, tolong hampirilah dimensiku saat ini. Aku sungguh ingin bertemu dirimu."
Setelah menulis surat itu, Amir terkena stroke dan serangan jantung secara bersamaan. Mati.
nb: banyak orang yang mencari Tuhan hingga ke luar angkasa. Terkadang bukan Tuhan yang mereka temukan.

Jumat, 03 Juni 2011

Every Teardrop is A Waterfall: Single Terbaru Coldplay

Baru sadar, hari ini tanggal 3 Juni, Coldplay rilis single (dan mungkin album) baru, yang berjudul "Every teardrop is a waterfall". Dan kabarnya bakal disiarin di radio BBC, jam 11.30 waktu Inggris, atau jam 18.30 waktu Makassar.

[19:10] Yah, single terbaru Coldplay resmi dirilis, baru saja saya dengar di BBC One. Hanya satu kesan yang bisa saya tangkap dari single ini, it's not like Coldplay. Terlalu ngebeat, saya jadi merasa sedang mendengarkan lagunya Lady Gaga, waktu di intro-nya. Hanya di akhir lagu, saya merasa nuansa Coldplay kembali nongol, seperti di lagu-lagu lawasnya. Saya merasa tidak yakin kalau single ini bakal jadi hit. Semoga nuansa Coldplay yang mistis dan psikedelik dapat kembali ditemukan di  lagu Up With The Birds dan Hurts Like Heaven, yang rencananya bakal dimasukkan dalam album barunya bersama lagu Every Teardrop Is a Waterfall.

Tapi kita tunggu saja reaksi para penggemar Coldplay yang lain, mungkin saja mereka bakal suka dengan single ini.
Good Luck Coldplay.


dan ini lirik lagu "Every Teardrop Is a Waterfall"

I turn the music up, i got my records on
i shut the world outside until the lights come on
maybe the streets alight, maybe the trees are gone
i feel my heart start beating to my favourite song


and all the kids they dance, all the kids all night
until monday morning feels another life
i turn the music up
i'm on a roll this time
and heaven is in sight


i turn the music up, i got my records on
from underneath the rubble sing a rebel song
don't want to see another generation drop
i'd rather be a comma than a full stop


maybe i'm in the black, maybe i'm on my knees
maybe i'm in the gap between the two trapezes
but my heart is beating and my pulses start
cathedrals in my heart


and we saw oh this light i swear you, emerge blinking into
to tell me it's alright
as we soar walls, every siren is a symphony


and every tear's a waterfall
is a waterfall
oh
is a waterfall
oh oh oh
is a is a waterfall
every tear
is a waterfall
oh oh oh




so you can hurt, hurt me bad
but still i'll raise the flag


oh
it was a wa wa wa wa wa-aterfall
a wa wa wa wa wa-aterfall


every tear
every tear
every teardrop is a waterfall


every tear
every tear
every teardrop is a waterfall


nb: review ini sudah saya revisi di sini 

Koridor

Lagi-lagi pemerintah kita membuat keputusan cuti bersama hari ini. Well, bagi beberapa golongan orang seperti anak SMA yang malas ketemu meja sekolah dan pekerja yang bosan lihat wajah bosnya maka keputusan ini akan dianggap sebagai keputusan paling bijak yang pernah dibuat pemerintah. Tapi bagi beberapa golongan lain seperti mereka yang sakit, yang kecurian, yang lagi mengurus perizinan atau yang lagi punya urusan sama bankir, keputusan ini bakal menambah daftar dosa panjang pemerintah di otak mereka. Cuti bersama berarti pelayanan publik ikutan libur dan kalau sudah libur, terpaksa lah semua urusan yang harus ikut-ikutan libur. Bagi mereka yang merasa sakit hati karena cuti bersama ini, harap bersabar, dan banyak-banyaklah berdo'a, semoga Tuhan dapat membantu melancarkan urusan Anda. 

Jangan marah-marah seperti yang terjadi di rumah sakit tadi pagi, ada keluarga pasien yang mengamuk karena katanya dokter tidak berkunjung hari ini. Well, it can't be helped. Hari ini libur, dokter yang PNS pun pastinya bakalan libur juga. Tapi untunglah amukan keluarga pasien tidak lama setelah penjelasan diberikan padanya. Dan untungnya lagi, dokter yang lagi liburan tadi ternyata mau datang memeriksa pasiennya. Well, cukup berdedikasi.

Terkadang, tidak semua hal bisa berjalan seperti yang kita inginkan, tapi itu tidak berarti kita harus marah dan menyalahkan seluruh dunia.


Koridor Lontara 1 RSWS: Salah satu keluarga pasien


Koridor Lontara 1 RSWS

Koridor Lontara 1 Atas RSWS









Foto di atas dijepret tadi pagi. Saat libur begini, rumah sakit jadi sunyi. Pasien banyak yang minta pulang paksa biarpun kondisinya belum stabil. Koridor rumah sakit yang biasanya penuh keluarga pasien kini lengang. Lihat saja tuh, cuma satu keluarga pasien yang tampak.

Selamat berlibur semua...

Kamis, 02 Juni 2011

Peter Pan Complex: Tes Psikologi

Pernah nonton film Peter Pan, itu tuh, film tentang seorang anak yang tidak pernah tumbuh dewasa. Yang kerjanya tiap hari berkelahi dengan Kapten Hook di Neverland. Kalau belum pernah nonton, silahkan baca saja sinopsisnya di sini.

Di dunia psikologi, puer aeterneus (eternal boy, anak yang abadi) atau peter pan complex merupakan suatu archetype psikologis yang mendeskripsikan seseorang yang secara emosional tidak pernah dewasa. Biasanya hal ini terjadi karena ketergantungan yang berlebihan pada sosok ibu saat masih kecil. Sehingga ketika dewasa orang-orang berkarakter macam ini biasanya sangat menginginkan kebebasan, takut terjebak pada situasi yang tidak memungkinkan mereka untuk lari, tidak mau menerima tanggung jawab dan menganggap semua larangan serta aturan hanyalah instrumen penyiksa bagi mereka.

Di kehidupan nyata, kita bisa temukan banyak orang berkarakter seperti ini. Bisa jadi itu teman sekamarmu, teman sekampusmu, bahkan mungkin saja itu kekasihmu. Orang-orang macam ini cenderung labil, mereka hanya ingin bersenang-senang, tanpa mau merasakan kesusahan.

Apa anda termasuk jenis orang seperti ini?
Coba cek karakter anda di situs ini http://similarminds.com/global-adv.html
Ada lebih dari 100 pertanyaan yang harus dijawab untuk dapat mengetahui karakter Anda. Jawablah dengan jujur semua pertanyaannya


Dan ini hasil tesku...Peterpan complex-ku kurang dari 50%....itu artinya... you should know :D



Advanced Global Personality Test Results
Extraversion||||||||||||43%
Stability||||||||||||||56%
Orderliness||||||||||||||||63%
Accommodation||||||||||||||56%
Intellectual||||||||||||||||||80%
Interdependence||||20%
Mystical||10%
Materialism||||||||||||||||70%
Narcissism||||||||||||||60%
Adventurousness||||||30%
Work ethic||||||||||||||||||||90%
Conflictseeking||||||30%
Need to dominate||||||||||40%
Romantic||||||||||40%
Avoidant||||||||||||||||70%
Anti-authority||||||||||||||||70%
Wealth||||||||||||50%
Dependency||||||||||40%
Change averse||||||30%
Cautiousness||||||||||||50%
Individuality||||||||||||||||70%
Sexuality||||||||||||50%
Peter pancomplex||||||30%
Histrionic||||||||||40%
Vanity||||||||||40%
Artistic||||||||||40%
Hedonism||10%
Physicalfitness||||||||||||||60%
Religious||||||||||||||||||||90%
Paranoia||||||30%
Hypersensitivity||||||||||||||56%
Indie||10%
  Take Free Advanced Global Personality  Test
personality test by similarminds.com

Well, dari hasil test di atas, saya termasuk orang yang stabil secara emosional, konservatif, narsis, memiliki etos kerja yang tinggi, tidak suka pada kerumunan, individualis, tidak suka diikat pada otoritas manapun, tidak romantis, suka pada kegiatan fisik dan yang mengejutkan, saya orang yang relijius.

Dari beberapa aspek, tes ini ada benarnya sih, meskipun sebetulnya banyak juga yang tidak pas. Tapi semua kembali pada Anda, mau percaya atau tidak.
Selamat mencoba...

sumber gambar:wikipedia

Rabu, 01 Juni 2011

Beberapa Jenis Implant Untuk Memperbesar Payudara

Sudah pernah dengar berita tentang seorang wanita bernama Melinda Dee. Actually, i know nothing about this woman. Tapi saya jadi ingin tahu tentang wanita ini karena tadi pagi saya membaca berita tentang radang payudara yang dialaminya akibat implant payudaranya pecah.

Well, kejadian macam ini, pecahnya implant payudara merupakan salah satu komplikasi yang sering terjadi pada wanita yang pernah mengalami operasi penanaman implant untuk memperbesar payudara. Ada 3 jenis implant yang sering digunakan untuk menciptakan payudara proporsional pada wanita yakni:

1.implant salin, yang berisi cairan yang fisiologis atau sesuai dengan cairan tubuh manusia


2.implant silicone