Rabu, 31 Agustus 2011

Kedok

Dunia kedokteran yang kukenal sungguh jauh berbeda dengan dunia yang ditayangkan oleh drama yang biasa kulihat di TV. Kadang sulit menerima kenyataan yang sungguh jauh berbeda dengan keidealan yang biasa kulihat di layar kaca dan lcd tapi mau diapa lagi. Hidup harus tetap berjalan.
Nikmati apa yang ada.

Selasa, 30 Agustus 2011

RJP

Tidak ada satu pun pasien gawat near death yang selamat setelah di-rjp (resusitasi jantung paru). Itu hal yang biasa kulihat di rumah sakit selama 1 tahun terakhir. Pasien gagal napas, nadi tak teraba, tensi tak terukur, dan dalam monitor jantung asistol, semua yang berjenis seperti itu pada akhirnya mati juga meskipun sudah di-rjp sampai bersiklus-siklus, jalan napasnya telah dipatenkan, dan berampul-ampul adrenalin sudah tersalurkan menuju vena. Sungguh aneh. Mungkin saja semua pasien yang kulihat selama ini sudah punya penyakit kronis parah sehingga diresisutasi pun tidak lagi berpengaruh. Kalau sudah begitu, kita hanya bisa berdo'a.

Senin, 29 Agustus 2011

Fit...fit

Di hari-hari biasa, menu ayam goreng, ikan goreng, daging goreng, mie goreng, dan goreng2-an lainnya adalah menu yang biasa kuhabisi.
Begitu lebaran tiba, semua menu itu sirna dibawa pergi para penjual yang mudik.
Sungguh ironis. Di hari orang-orang berpesta pora dengan makanan, kami, kaum yang tertinggal di pondokan hanya bisa makan mie instan. What a life.

Nikmatilah makanan yang ada di depanmu ketika mereka berlimpah, sebelum semua itu masuk ke lambung orang lain dan bakteri.

Jumat, 26 Agustus 2011

Kontak

Ada 400-an nama di kontak selulerku. Namun tidak sampai 10 nama yang menjadi trending topic dalam daftar orang-orang yang sering berinteraksi denganku dalam aktivitas komunikasi. Sedangkan di laman facebook-ku yang dulu, ada 1000-an orang yang terdaftar sebagai teman. Namun tidak jauh beda dengan nasib kontak di selular-ku, tidak sampai 10-an orang yang sering kuajak berbincang-bincang di ruang maya. Itu pun 10-an orang yang kuajak berinteraksi di facebook ternyata orang yang juga menghuni 10-an orang di trending topic seluler-ku. Dan parahnya, semua temanku yang ada di dunia online hanyalah afirmasi dari teman dan kerabat yang tiap hari kutemui juga di dunia offline.

Karena itu kuputuskan untuk menutup akun facebook dan tetap bertahan pada pola komunikasi tradisional, interaksi langsung tanpa perantara. Karena nampaknya saya bukanlah orang yang cocok dengan dunia jejaring sosial yang maya.

Kamis, 25 Agustus 2011

Things I Like

1. Melihat bulan.
Memandangi bulan bisa membuatmu sadar kalau ternyata di atas sana tidak ada obat pembersih jerawat.

2. Membuat lelucon.
Menciptakan banyak lelucon merupakan kamuflase yang baik untuk menyembunyikan hal-hal yang tidak ingin kau sampaikan pada dunia.

3. Lari
Merupakan persiapan terbaik sebelum dunia dikuasai zombie.

sumber gambar:
http://mixednut42.files.wordpress.com
http://images2.alphacoders.com
http://www.techfume.com/

Rabu, 24 Agustus 2011

Well as Strange

Meskipun di mana-mana keserakahan, ambisi kotor dan hasrat yang tak terkontrol senantiasa menjadi isi utama drama kehidupan dunia, tidak ada salahnya tetap optimis memandang dunia ini sebagai ciptaan yang sempurna dan paling baik bagi manusia. Karena hendak tinggal di mana lagi manusia, jika dunia ini tidak lagi baik bagi mereka?

Refarat Tetanus pada Anak

TETANUS PADA ANAK

Pendahuluan
    Tetanus atau Lockjaw (rahang terkunci) adalah penyakit paralitik spastik akut yang disebabkan oleh zat tetanospasmin, neurotoksin yang dihasilkan oleh kuman Clostridium tetanii. Kuman C.tetanii menginfeksi tubuh melalui luka, gigitan serangga, infeksi gigi, infeksi telinga, bekas suntikan dan pemotongan tali pusat. Dalam tubuh manusia, kuman ini akan berkembang biak dan menghasilkan eksotoksin, antara lain tetanospasmin yang dapat menyebabkan kekauan (spasme) dari otot bergaris. Kekakuan tonus otot ini selalu tampak pada otot masseter dan otot-otot rangka.1,2
Insiden dan angka kematian dari penyakit tetanus di negara-negara berkembang seperti Indonesia, masih cukup tinggi. Oleh karena itu, tetanus masih merupakan masalah kesehatan. Belakangan ini dengan adanya penyebarluasan program imunisasi di seluruh dunia, maka angka kesakitan dan angka kematian telah menurun secara drastis.2

Refarat Avian Influenza (Flu Burung)


VI. PATOFISIOLOGI
    Virus avian influenza dapat ditularkan ke manusia dengan 2 jalan. Pertama kontaminasi langsung dari lingkungan burung terinfeksi yang mengandung virus kepada manusia. Cara lain adalah lewat perantara binatang babi. Penularan diduga terjadi dari kotoran secara oral atau melalui saluran pernafasan. Flu burung dapat menyebar dengan cepat di antara populasi unggas dengan kematian yang tinggi. Bahkan dapat menyebar antar peternakan dari suatu daerah ke daerah yang lain. Penyakit ini dapat juga menyerang manusia,lewat udara yang tercemar virus itu. Belum ada bukti terjadinya penularan dari manusia ke manusia. Juga belum terbukti adanya penularan pada manusia lewat daging yang dikonsumsi.2,8

Refarat Pneumonia Aspirasi

PNEUMONIA ASPIRASI

I.    PENDAHULUAN
Peradangan akut parenkim paru-paru yang biasanya berasal dari suatu infeksi disebut sebagai pneumonia atau pneumonitis, namun istilah pneumonia lebih lazim digunakan oleh karena istilah yang kedua sering digunakan untuk menyatakan peradangan paru-paru non spesifik yang etiologinya tidak diketahui. Pneumonia mrupakan penyakit yang sering terjadi dan setiap tahunnya menyerang 1 % dari penduduk Amerika.(1)
Ada beberapa klasifikasi pneumonia yaitu :
•    Community-acquired pneumonia.
Ini mengacu pada radang paru paru yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, di sekolah, tempat kerja dan di tempat lainnya.(10,12,13)
•    Hospital-acquired (nosocomial) pneumonia.
Diperoleh saat seorang pasien di rawat inap pada sebuah rumah sakit, terutama jika si pasien memakai ventilator, atau pasien yang kekebalan tubuhnya rendah. Pneumonia tipe ini bisa menjadi parah khususnya pada anak-anak, dewasa muda, atau pada pasien yang menderita PPOK, dan HIV-AIDS.(10,12,13)
•    Pneumonia Aspirasi.
Pneumonia ini biasanya disebabkan oleh aspirasi isi lambung, Pneumonia yang terjadi sebagian bersifat kimia akibat reaksi terhadap asam lambung, sebagian lagi bersifat bakterial akibat organisme yang mendiami mulut dan lambungAspirasi paling sering terjadi sebelum dan sesudah anastesia, para pecandu alcohol, atau pada pasien yang refleks muntah dan batuknya tertekan.(1,10,13)
•    Pneumonia caused by opportunistic organisms.  Pneumonia tipe ini menyerang seseorang dengan system kekebalan tubuh yang rendah, misalnya pada pasien HIV-AIDS, terapi kortikosteroid, kemoterapi, dan pasca transplantasi, organisme penyebabnya adalah Pneumocystis carinii.(1,10)
•     Emerging pathogens. Akibat outbreak Virus  H5N1 (Avian influenza virus) and severe acute respiratory syndrome (SARS) dapat bersifat fatal dan menyebabkan kematian bahkan pada orang yang nampak sehat. (1,10)
Aspirasi sendiri menggambarkan terinhalasinya bahan yang berasal dari oropharyngeal maupun  yang berasal dari dalam lambung ke dalam jalan napas. Dalam kepustakaan yang lain dikatakan bahwa aspirasi merupakan kondisi dimana terinhalasinya baik benda solid maupun cair. Aspirasi ini dapat menyebabkan dua hal yakni pneumonia aspirasi dan peumonitis aspirasi.(1,2,3,9,10,17). Jadi pneumonia aspirasi sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya merupakan radang pada paru-paru yang terjadi akibat terinhalasinya benda padat maupun cair. Bahan aspirat yang paling sering menyebabkan  hal tersebut di atas adalah isi lambung dan bakteri (flora normal yang ada di mulut dan lambung).(1,3,14,15)


Refarat Skabies

SKABIES

I.    PENDAHULUAN
Sinonim atau nama lain skabies adalah kudis, the itch, gudig, budukan, dan gatal agogo. Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi dan sensitisasi terhadap Sarcoptes scabiei varian hominis dan produknya.(1)
Skabies terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan, di semua geografi daerah, semua kelompok usia, ras dan kelas sosial. Namun menjadi masalah utama pada daerah yang padat dengan gangguan sosial, sanitasi yang buruk, dan negara dengan keadaan perekonomian yang kurang. Skabies ditularkan melalui kontak fisik langsung. (skin-to-skin) maupun tak langsung (pakaian, tempat tidur, yang dipakai bersama).(2,3)
Gejala utama adalah pruritus intensif yang memburuk di malam hari atau kondisi dimana suhu tubuh meningkat. Lesi kulit yang khas berupa terowongan, papul, ekskoriasi dan kadang-kadang vesikel.(4,5)
Tungau penyebab skabies merupakan parasit obligat yang seluruh siklus hidupnya berlangsung di tubuh manusia. Tungau tersebut tidak dapat terbang atau meloncat namun merayap dengan kecepatan 2.5 cm per menit pada kulit yang hangat. (6)

Refarat Dermatitis Herpetiformis (versi lain)

DERMATITIS HERPETIFORMIS


I.       PENDAHULUAN

            Dermatitis herpetiformis (DH)  atau dikenal juga sebagai ”Morbus Duhring” merupakan suatu penyakit vesikobulosa autoimun yang berhubungan dengan gluten-sensitive enteropathy (GSE). Penyakit ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Louis Duhring pada tahun 1884, yang ditandai dengan papul dan vesikel, plak, urtikaria, eritematous dan kelompok ekskoriasi pada daerah ekstensor, siku, lutut, bokong dan punggung yang terdistribusi secara simetris. Pada pemeriksaan fisis sering didapatkan bentuk ekskoriasi dan erosi. Untuk menegakkan diagnosis dibutuhkan pemeriksaan biopsi kulit dan immunoflurosensi langsung dimana menunjukkan deposit IgA granular pada lapisan papilar dermis. Penyakit ini bisa dibedakan dengan penyakit erupsi vesikel lainnya dengan pemeriksaan histologik, immunologik dan kriteria gastrointestinal.(1,2,3,4,5,6,7)

Senin, 22 Agustus 2011

Godaan

Ada begitu banyak godaan dalam hidup ini. Namun tidak banyak cara untuk menghadapinya selain mengambil pilihan menerima godaan itu dengan lapang dada atau menolaknya mentah-mentah.

Minggu, 21 Agustus 2011

Kriteria Framingham untuk CHF

CHF (Congestive Heart Failure) atau gagal jantung kongestif, merupakan salah satu penyakit jantung yang sering ditemukan di masyarakat. Untuk mendiagnosis penyakit ini, kita bisa menggunakan kriteria Framingham yang terdiri atas kriteria mayor dan minor.
*Kriteria Mayor
-Paroxysmal Nocturnal Dyspneu (sesak malam hari)
-Bendungan vena sentral
-Peninggian tekanan vena jugularis
-Ronkhi paru
-Bunyi jantung S3 Gallop
-Refluks hepatojugular
-Edema paru
-Kardiomegali

*Kriteria Minor
-Batuk malam hari
-Dyspneu d'effort (sesak saat aktivitas)
-Edema ekstremitas (bengkak pada kaki atau tangan)
-Takikardi (nadi >120x/menit)
-Hepatomegali
-Efusi pleura
-Penurunan kapasitas vital 1/3 dari normal

*Kriteria Mayor atau Minor
-Penurunan berat badan >4,5 kg dalam 5 hari pengobatan

Diagnosis gagal jantung ditegakkan minimal ada 1 kriteria mayor dan 2 kriteria minor.

Sumber:Buku ajar IPD Edisi 4

Sabtu, 20 Agustus 2011

Adjustment

Sometime we need to make few adjustments on the fixed things for fixing them.

Sabtu, 13 Agustus 2011

Kumis

Entah apa dosa kumis di Makassar, begitu kubawa dia bersama lengkungan bawah hidungku ke sana, semua orang yang kukenal memprotes keberadaannya. "campakkan mahluk hitam berbulu itu dari atas bibirmu", "cukur itu", hingga komentar,"jelek sekali kamu pake kumis, kayak Giring N*dji saja", (Emang giring ndak tampan ya?) lalu lalang di telingaku saat kumis masih bertahta di perioral-ku.

Tidak tahukah mereka, kumis itu lambang kejantanan. Hanya pria yang mau pasang kumis di wajahnya. Itu jadi semacam atribut eksistensi yang dapat membedakan pria dengan wanita. Dan tidak tahukah mereka, kumis itu adalah suatu beban amanah yang mestinya dikenakan pria. Sehingga para pria harus bangga jika mampu menyandang kumis, cobaan seperti itu tidak mungkin dibebankan pada wanita. Hanya wanita nyentrik yang mau menongolkan kumis di wajahnya.

Lagipula punya kumis tidak jelek-jelek amat kok. Johny Depp justru lebih tampan saat berkumis, lihat saja di film Pirates of Caribean, dia kelihatan lebih berwibawa. Coba bandingkan perannya saat menjadi Willy Wonka atau ketika dia menjadi anteknya Alice, dia tak berkumis dan dia tidak keren.

Sayangnya, saya bukan Johny Depp. Beberapa orang mungkin terlihat tampan dengan kumis, tapi beberapa orang lainnya sebaiknya tidak usah memikirkan ide untuk berkumis.

Nb: kumis bisa berbahaya bagi kesehatan jika Anda menelannya bersama pisau cukur.

Ormas yang Aneh

Di daerahku, ada suatu organisasi masyarakat (ormas) yang kadang bertindak di atas hukum. Dengan seenaknya mereka merusak properti orang lain, dan menyuruh-nyuruh orang lain melakukan ini itu sesuka hati mereka.

Awalnya saya cukup simpati pada ormas ini karena sepertinya mereka melakukan tindak supra justicia untuk menambal kebolongan moralitas di masyarakat kita. Mereka merazia tempat hiburan malam yang mesum, pusat perjudian, dan tempat-tempat penjualan minuman keras. Meskipun tindakan mereka terkesan ugal-ugalan, setidaknya itu saya bisa memberikan toleransi karena adanya kesamaan keinginan untuk memberantas penyakit masyarakat yang sudah terlanjur mendarah daging.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, sepak terjang dari ormas ini mulai terlihat keterlaluan. Saya menganggapnya keterlaluan, karena gerakan mereka terkesan pilih kasih. Kebanyakan tempat-tempat maksiat yang mereka hancurkan hanyalah tempat-tempat kelas teri. Mereka sepertinya tidak berani mengganggu gugat pusat kegiatan mesum yang elit. Lalu mereka juga nampaknya tidak mendukung dialog untuk menyelesaikan suatu persoalan. Mereka terkesan lebih mendahulukan otot dibanding otak. Padahal saya yakin, mereka pasti bukan bintang iklan minuman berenergi.

Terus yang parah, pas bulan puasa ini, mereka merusak semua restoran dan tempat makan yang buka di siang hari. Sungguh terlalu. Alasannya sih cukup mulia, untuk menghormati mereka yang berpuasa, meskipun itu berarti kita harus mengenyampingkan mereka yang tidak berpuasa. Dan lagi-lagi politik belah bambu terlihat dalam perilaku ormas ini. Mereka hanya merusak rumah makan dan restoran kecil. Restoran besar dibiarkan, yang jualan tajil dibiarkan. Di mana adilnya itu? Sungguh terlalu.

Kalau menurut saya pribadi, apa salahnya sih kalau restoran dan rumah makan itu tetap buka di siang hari? Mereka cuma mau mengais rezeki. Lagian mereka kan tidak memaksa orang yang berpuasa untuk membatalkan puasa supaya makan di restorannya. Puasa itu ibadah yang bersifat personal. Hanya karena kita berpuasa, itu tidak berarti kita harus memaksa orang lain di sekitar untuk ikut berpuasa seperti kita. Jadi biarkanlah kita dan para pengusaha rumah makan itu berdialektika selama ramadhan. Ada banyak hal yang lebih urgen untuk diurusi di bulan ramadhan.

Perilaku macam ini hanya akan melahirkan kebencian dan antipati terhadap ormas dan ideologi yang diusungnya. Sangat disayangkan.

Jumat, 12 Agustus 2011

"Cinta" di Mana-mana

Kita dapat melihat "cinta" terpampang di mana-mana. Di pot bunga yang belum disiram, di lemari buku berdebu, bahkan di kakus yang tidak pernah di siram pun, kita dapat menemukan "cinta" yang sedang mengumpet, entah dari apa. Mungkin saja ada dia ingin lari dari karbol yang hendak menghilangkan eksistensinya ataukah dia harus melakukannya karena letaknya terlalu privasi? Biarlah dia dan Tuhan yang memikirkannya.

Selama ada kemauan untuk mengamati, jangan khawatir akan kehilangan cinta. Karena "cinta" senantiasa akan menunjukkan dirinya seperti pendar bintang dalam perut angkasa yang gelap, seperti pylox fluoroscence ketika listrik korsleting, seperti kau melihat tampangmu sendiri dalam kaca retak. Semua hanya soal persepsi dan ketahanan menerima impuls.


nb: cinta = kotoran

Selasa, 09 Agustus 2011

Inggris Ternyata Bisa Rusuh Juga

Ternyata budaya menjarah dan rasial tidak cuma dimonopoli oleh warga negara yang nyaris bangkrut. Di negara maju seperti Inggris pun, budaya menjarah yang masif sangat jelas terlihat dalam beberapa hari terakhir, semenjak terbunuhnya seorang pria oleh polisi. Kalau di negara-negara bangkrut, penjarahan dan rasial masih bisa terjadi karena mayoritas penduduk di negara-negara itu adalah pengangguran, mereka punya banyak waktu untuk mengurusi isu-isu rasial. Sedangkan di negara maju, hal macam itu seharusnya tidak terjadi karena di negara maju, semua orang disibukkan menjadi budak bagi mesin produksi dan konsumsi.


Dan ternyata bukan cuma di Indonesia, polisi menjadi oknum yang dibenci oleh banyak orang. Public enemy. Karena ulah beberapa oknum polis nakal yang suka nilep dan cenderung suka mempersulit, maka citra kepolisian di Indonesia jadi buruk. Sehingga baru-baru ini banyak kejadian polisi dibom lah, mau diracun dll. Entah bagaimana dengan polisi di Inggris sana, tapi kerusuhan baru-baru pasti hanyalah fenomena gunung sampah masalah. Tidak mungkin rakyat anarkis hanya karena kejadian tunggal tanpa sebelumnya didahului akumulasi kekecewaan dari masa lalu.

Di Indonesia saja, ada begitu banyak kejadian warga dibunuh oknum polisi, tapi tidak sampai rusuh seperti di Inggris. Rusuhnya menjalar hingga ke beberapa kota lainnya seperti Liverpool dan Birmingham. Di indonesia, rusuhnya biasanya bersifat lokal.

Rusuh yang membesar di Inggris kemungkinan besar disulut oleh isu rasialis dan ditumpahi bensin teknologi jejaring sosial. Pada awal kerusuhan, perusuhnya adalah warga kulit hitam yang jumlahnya tidak sampai 50 orang. Namun akhir-akhir ini, berbagai kulit warna mulai ikut rusuh berkat kampanye bernada humanisme, enaknya penjarahan, dan having fun di jejaring sosial. Bahkan RIM, produsen Blackberry, sempat dikambinghitamkan.

Quotes: Pergi ke Bulan

Di negeri novel Jatuhnya Sang Imam, posisi wanita sangat inferior. Sehingga tiap kemajuan yang dibuat oleh wanita tidak bisa dipercaya. Lebih mudah percaya orang mati yang bisa hidup kembali dibandingkan percaya kalau wanita bisa melakukan sesuatu.

Orang Modern(OM):Apakah dari kalian sudah ada yang pernah pergi ke bulan? Demi Tuhan, perempuan juga ke bulan.
Orang Kolot (OK): Perempuan?
OM: Demi Tuhan, perempuan.
OK: (belum bisa percaya) Perempuan? Bagaimana bentuknya, apakah dia mempunyai dua buah payudara seperti perempuan kami, seperti istriku dan istrimu. Dan apakah dia berangkat sendirian tanpa ada seorang lelaki menyertainya, tanpa muhrim?
OM: Benar, sendirian. Dia telah pergi tanpa muhrim dan tanpa hijab karena di bulan tidak ada lelaki atau di sana mungkin ada lelaki jenis lain yang tidak terpikat oleh daya tarik perempuan.

-Percakapan di sela penantian datangnya Roh Sang Perawan Suci, Jatuhnya Sang Imam-

Quote: Solusi

Setiap persoalan mempunyai jawaban dan setiap problem mempunyai solusi, dan satu-satunya solusi yang manjur adalah kembali ke pangkuan agama dan beriman pada Tuhan dan Rasul.
"Kalau radiasi nuklir, apa obatnya," tanya mereka.
"Shalat dan puasa Ramadhan," jawabku.
"Persoalan mahalnya harga-harga dan kelaparan?" tanya mereka lagi.
"Memotong tangan pencuri dan menutupi aurat perempuan," jawabku.

-Sang Filosof dan Pengikutnya, Jatuhnya Sang Imam-

Novel: Jatuhnya Sang Imam

Tetapi aku telah menjadi sepertimu, ibu. Kubalas pengkhianatan dengan kesetiaan. Dan aku menjadi seperti ayah, mengkhianati orang yang setia padaku dan setia pada orang yang mengkhianatiku. Aku telah meninggalkan kekasih pertamaku saat dia mencintaiku dan menikah dengan perempuan pertama yang menolakku.

Quote di atas saya ambil kata-kata tokoh bernama Penulis Besar dalam novel Jatuhnya Sang Imam karangan Nawal el Saadawi. Novel ini sendiri bercerita tentang perjuangan dan perlawanan seorang anak perempuan yang lahir tanpa ayah. Sang ibu dianggap sebagai pezina, namun semua orang, mulai dari penjaga hingga Sang Imam telah tidur bersamanya. Akibat keingintahuannya tentang keturunannya, ia selalu dikejar-kejar dan akhirnya tertangkap dan dijatuhi hukuman mati. Novel ini berisi tentang kejatuhan para pemimpin yang selalu bersembunyi di balik nama agama dan Tuhan. <copas dari sinopsis di belakang buku>

Bagi orang yang biasa membaca novel konvensional, novel ini akan terasa membingungkan. Karena isi cerita tidak saja fokus pada tokoh utama. Kehidupan tokoh-tokoh lain dibahas secara gamblang, sehingga butuh pikiran ekstra untuk menebak, siapa yang menjadi fokus cerita di masing-masing bab. Alurnya pun maju mundur tak karuan. Sehingga butuh kesabaran untuk memahami keseluruhan isi cerita.

Sepertinya pengarang novel ini lebih peduli pada kekuatan dialog tiap tokohnya untuk menyampaikan pesan betapa banyaknya orang yang terjajah oleh segelintir manusia bertopeng agama.

Membaca novel ini sebaiknya dengan kepala dingin dan hati lapang, karena banyak kata vulgar bertebaran di novel ini bersanding dengan kata Tuhan dan ayat suci.

"perempuan adalah tubuh dan setelah itu tak ada lagi yang penting."-sang imam, Jatuhnya Sang Imam-

Senin, 08 Agustus 2011

Nazar

Pasti sudah dengar kan kalau politikus artis paling tenar sejagat Indonesia, Nazaruddin, mantan bendahara Partai Demokrat, tertangkap tadi sian di Kolombia. Pas dengar berita ini, sedih rasanya. Kenapa sih harus tertangkap sekarang? Trus kenapa coba bukan saya yang nangkap? Kan hadiahnya gede banget tuh kalau berhasil nangkep nazaruddin, milyaran rupiah coy. Beruntung banget tuh interpol yang nyiduk si Nazar.

Coba kalau si Nazar dulu ngehubungin gw pake skype, kan bisa tuh kita ngatur siasat. Saya nangkep, trus hadiah tangkepannya kita bagi dua. Fifty fifty, gitu. Jadi bisa sama-sama untung. Saya bisa senang-senang dengan uang hadiah, trus nazar bisa istirahat di penjara karena pasti si nazar capek kan lari-lari terus tuh.

Tapi salut deh... sama pemerintah. Meskipun telat, yang penting ada hasil.

Minggu, 07 Agustus 2011

Penciutan Otak

Majalah Time bersabda, otak manusia dapat mengalami penciutan yang berefek pada peningkatan laju ke-bloon-an. Hal ini sudah dibuktikan dari penelitian cohort (kalau ndak tau arti cohort, silahkan cari di google. Saya sendiri tidak yakin kalau tulisannya seperti itu) pada ratusan relawan. Hasil penelitian itu adalah otak bisa mengalami penciutan karena 4 faktor, yakni:
-tekanan darah tinggi
-diabetes
-merokok aktif dan pasif
-dan sisanya cari sendiri.

Intinya, keempat kondisi di atas, bisa mengakibatkan gangguan jantung dan pembuluh darah sehingga suplai nutrisi ke otak berkurang yang berimbas pada pengecilan otak. Otak juga butuh makan.

Kalau otak sudah mengecil, jangan salahkan ibu yang telah melahirkanmu bila tiba-tiba anda jadi mudah pikun, gampang marah, dan susah menangkap informasi.

Dari keempat faktor di atas, faktor merokok lah yang saya rasa sulit dikendalikan. Karena biar pun sudah berusaha tidak merokok, lingkungan memaksa kita jadi perokok pasif. Terlalu banyak perokok di negara ini. Entah sudah berapa milyar uang mereka bakar untuk mendapat paket kombo nikmat sesaat dan kesengsaraan semusim.

Sabtu, 06 Agustus 2011

Jajanan

Selama hidup di Makassar, bosan rasanya lihat penjual martabak, kue, dan segala jajanan lainnya berjejer di sepanjang jalan yang kulewati, tanpa pernah bisa kubeli (mahasiswa harus hemat). Di mana mata memandang pasti ada penjual. Apalagi kalau bulan puasa begini, pasti volume penjual bakal lebih banyak dari sebelumnya, warna-warni di lapak-lapak. (Capek cuma bisa lihat saja, coba ada penjual yang ngasi gratisan, pasti ndak bakal bosan saya lihat itu jejeran penjual. :D)

Begitu sampai di kampung, uang untuk beli jajanan melimpah. (makmur karena ada pace-mace). Tapi sayang, nyaris tidak ada penjual jajanan yang terlihat. Semua orang di sini sibuk jadi pegawai, politikus, tukang ojek, petani, penjual sembako, dan preman. Tidak banyak yang memilih profesi sebagai pedagang jajanan.

Saya rasa itu wajar saja, karena tingkat konsumsi di kampungku memang sangat rendah. Nyaris tidak ada pemasukan berarti di kampungku. Tidak ada hasil tambang dan pertanian yang menonjol, sehingga praktis, mayoritas penduduk di kampungku bergantung pada pajak. Dari rakyat, oleh pemerintah, untuk rakyat dan pemerintah.

Karena pemasukan di kampungku seret-seret basah, :D jadinya, arus perputaran barang dan jasa lebih terfokus pada usaha pemenuhan kebutuhan pokok.

Jangan pernah menjual barang dan jasa tersier di sini. Pasti tidak laku. Tapi pengecualian untuk pulsa handphone dan motor. Kedua barang tersier itu sudah jadi kebutuhan primer di sini. Kalau dikasi pilihan beli jajanan atau pulsa, semua orang yang punya handphone di sini pasti lebih pilih beli pulsa.
Sudah banyak saya lihat usaha-usaha yang mengelola kebutuhan sekunder dan tersier gulung tikar di sini. Sekolah saja bisa bangkrut di sini, karena kekurangan murid. Apalagi usaha seperti menjual jajanan.


NB: Jadi politikus lebih menguntungkan.

Kamis, 04 Agustus 2011

Konservasi

Di bulan puasa begini, banyak orang yang tiba-tiba saja berubah jadi beruang kutub. Kerjanya tiap siang hanya konservasi energi supaya malamnya bisa hibernasi lebih nyenyak lagi. Padahal mereka tidak punya bulu seputih beruang, dan gigi beruang pasti tidak muat di gigi mereka, tapi mereka mau-mau saja berkelakuan seperti beruang.
Tidakkah mereka sadari kalau kelakuan seperti itu tidak baik bagi orang yang sedang berpuasa.

Orang yang berpuasa itu sebaiknya banyak berbuat amal. Seperti membantu mencabuti rumput di pekarangan rumah saya, mentraktir sahur dan buka puasa saya, dan menolong mengerjakan tugas-tugasku. Semua aktivitas itu lebih bermanfaat dari pada tidur-tiduran sepanjang hari. Dan pastinya malaikat akan mencatatnya sebagai amal baik. :D
Selamat berpuasa.

Rabu, 03 Agustus 2011

Pacar Baru

Sejak liburan di kampung halaman, saya berkenalan dengan sesuatu yang menjadi belahan hatiku. Rasanya sulit terpisah darinya. Nyaris tiap saat dia menemaniku sepanjang liburan ini. Hanya saat makan dan ke toilet saja dia tidak menemaniku. Seandainya saja manusia bisa makan atau buang air besar sambil tidur, dia pasti akan ikut menemaniku juga. Sayangnya, hal seperti itu belum pernah kulihat.
Karena itulah hubunganku dan dirinya hanya berkisar ruang nonton dan kamar tidur. Bantalku.

Selasa, 02 Agustus 2011

Pedang Gryffindor yang Aneh

Sudah pernah baca buku Harry Potter: Relikui Kematian?
Kalau belum atau ndak suka, ya sudahlah, mau diapalagi.

Bagi yang sudah pernah baca, sebaiknya menyempatkan diri kembali untuk membaca buku tersebut di halaman 714-715 (Relikui Kematian Cetakan Januari 2008). Di situ diceritakan, Harry Potter kehilangan Pedang Gryffindor karena diambil oleh Griphook, goblin yang memandu mereka ketika hendak mencuri Piala Hufflepuff di Gringots. Setelah kejadian itu, pedang Gryffindor tidak pernah lagi terdengar kabarnya.

Anehnya, di halaman 965-967, pedang Gryffindor tiba-tiba saja keluar dari Topi Seleksi Hogwarts ketika Neville memasukan tangannya di situ saat hendak bertarung dengan Nagini, ularnya Voldemort.

Bagaimana bisa pedang itu muncul lagi, padahal Griphook yang mengambil pedang Gryffindor tidak pernah lagi jalan-jalan di Hogwarts?
Sungguh aneh. Apa pedangnya bisa jalan sendiri? Ataukah ada 2 pedang Gryffindor? Atau itu salah tulis?

Mungkin di situlah ajaibnya Harry Potter. Terlalu ajaib malah.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut