Senin, 30 April 2012

Mungkin Hanya Obsesi Sementara

Menjelang May Day, saya ingin mendedikasikan tulisan ini untuk para buruh yang dari zaman Karl Marx hingga saat ini masih saja berupaya untuk terus bersatu guna menjatuhkan para kapitalis, yang menguasai modal dan segala jenis alat produksi lainnya.
Sampai sekarang, entah kenapa, yang terlihat asyik turun ke jalan dan menuntut pemenuhan hak hanyalah para buruh. Bos-bos perusahaan, tidak pernah kelihatan batang hidungnya, mungkin saja mereka terlalu asyik di belakang benteng-benteng mereka, menghitung semua uang dan penghasilan yang telah mereka peroleh dari hasil jerih payah buruh. Biarpun berkali-kali coba dihancurkan, para pemilik modal selalu saja tegar, nyaris tak bisa rubuh oleh apapun. Kecuali mungkin resesi ekonomi, yang bisa meratakan para pemilik modal hingga sejajar dengan tanah, namun sekaligus memampatkan para buruh sampai menyentuh inti bumi.

Para buruh itu mungkin perlu mempelajari filosofi yang ditawarkan oleh Schopenhauer, bahwa hasrat jasmani dan segala yang berhubungan dengannya, tidak akan pernah bisa dipenuhi.
Mengantuk. Bye.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut