Senin, 09 April 2012

Penjelasan

Pernah ada yang bertanya, mengenai blog ini.
"Kenapa tulisannya singkat-singkat?" (lagi-lagi tanya kenapa)
Karena saya capek menjelaskan. Dan itu sudah cukup menjadi alasan kuat yang membuatku tidak terpilih menjadi sebagai seorang Nabi atau pun Wali.
Cuma masalahnya saat ini adalah saya memilih untuk menjalani sebuah profesi yang membutuhkan banyak upaya untuk memberikan penjelasan. Dan tanpa penjelasan yang baik, ketika berada di profesi ini, bisa berakibat fatal. Dan sudah banyak sengketa yang terjadi karena kurangnya penjelasan.

Memberikan penjelasan merupakan salah satu hal yang paling melelahkan. Karena ada banyak komponen yang berperan dalam aksi seperti itu. Selain pengetahuan, kita juga membutuhkan keterampilan dan tenaga untuk menggerakkan otot-otot mulut. Oleh karena adanya kekompleksan seperti itu, maka tidak semua orang bisa menjelaskan dengan baik. Dan saya termasuk golongan orang yang tidak terlalu mahir dalam menjelaskan. Sebenarnya "mahir" bukan kata yang tepat, "malas" mungkin lebih cocok.

Saat memberikan penjelasan, kita harus bisa memperkirakan tingkat pengetahuan orang yang menerima penjelasan. Karena ada banyak orang di dunia ini yang sulit sekali menerima penjelasan. Entah itu karena gengsi, atau retardasi mental, atau alasan lain.

Buat orang-orang yang telah menerima penjelasan, hormatilah orang yang telah berusaha memberikan penjelasan yang baik pada Anda. Benar tidaknya penjelasan tersebut, urusan nanti. Yang penting, hargailah itu dengan anggukan, senyuman atau bertanya lebih lanjut (tapi jangan tanya kenapa). Bahasa tubuh seperti itu lebih berarti dari uang 50ribu rupiah.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...