Senin, 28 Mei 2012

Statistik: Mengapa Pria Tidak Boleh Selingkuh?

Pendahuluan

Seorang teman pernah bilang, kalau dalam ilmu ekonomi, pria merupakan mahluk yang diuntungkan. Secara statistik, jumlah pria di dunia ini jauh lebih sedikit, sehingga nilai jualnya lebih tinggi. Hukum supply and demand berlaku. Barang langka akan bernilai lebih tinggi dibanding barang yang terhambur-hambur. Jadi dalam hubungan cinta, mestinya pria menunggu saja para wanita.  

File:Woman Montage (1).jpg
Woman Motage. Sumber Wikipedia

File:Men montage.jpg
Men Montage. Sumber Wikipedia
 
Namun sayangnya, pernyataan teman saya itu belum teruji secara faktual. Apa benar jumlah pria memang lebih sedikit? Untuk memastikannya, kita dengar apa kata Biro Pusat Statistik. Menurut BPS, jumlah penduduk Indonesia pada sensus 2010 adalah 237.556.363 orang, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan. Dengan kata lain, perbandingan penduduk pria dan wanita di Indonesia adalah 1.000:986. Itu artinya, jika 1.986 orang Indonesia melakukan monogami, maka ada 14 orang pria yang tidak mendapatkan pasangan.   Sedangkan untuk seluruh dunia, perbandingan antara penduduk tidak jauh beda dengan itu, dari total 7.010.424.289 orang penduduk dunia, perbandingan antara pria dan wanita adalah 1.000:987.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, maka pernyataan yang diajukan oleh teman saya, dapat terbantahkan.

Kesimpulan
Oleh karena itu, pesanku pada para pria Indonesia, sayangilah wanitamu. Jangan sampai kalian termasuk dalam golongan 14 orang yang tidak dapat pasangan wanita. 

Salah satu teman yang kontroversial justru memandang statistik itu dengan persepektif yang berbeda, dengan menyatakan, "Jika memang begitu adanya, maka 14 pria yang tidak mendapat pasangan itu, kemungkinan besar akan menjadi pasangan homo. Jumlah itu cukup kan untuk menciptakan 7 pasangan homo?"

Blabbering
Well, preferensi seksual, selama itu berada di ranah privat, tidak mengemuka di tataran publik dan tidak vis-a-vis dengan norma umum yang berlaku, itu kebebasan Anda. Yang penting, jangan ajak saya dalam kejahatan.

2 komentar:

elvy mengatakan...

pria menunggu wanita? wah, kayanya keliru...

Skydrugz mengatakan...

pasti ndak dibaca sampai habis...makanya bisa komentar begitu

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...