Sabtu, 09 Juni 2012

Bahagia Hanyalah Sebuah Kata

Saya menemukan kebahagiaan ketika membaca sebuah buku tua di masa lalu. Entah apa judulnya. Yang sempat tertangkap jelas oleh otakku hanyalah sepotong kalimat, "mereka melakukan berbagai cara untuk mencari kebahagiaan". Sisanya kabur karena buku itu kemudian berbicara banyak tentang teori dan praktik guna mengatasi impotensi dan kemandulan. Ketika itu terlalu banyak istilah asing buat jiwa luguku yang masih berusia 7 tahun. Mungkin itu bukan buku yang pantas, tapi mau diapa mi, di zamanku sulit untuk mencari bahan bacaan seperti Harry Potter, diari Justin Selena atau bacaan labil lainnya. Jadi terpaksa apa pun buku yang ada di rak mantri desa, habisi. Dari pada tidak ada.
Setelah membaca buku itu, saya jadi bertanya-tanya, apakah kebahagiaan adalah sejenis barang langka hingga harus dicari dengan berbagai cara? Atau itu cuma omong kosong belaka pelengkap diksi pada kalimat?

Perjalanan dan pengalaman hidup memaksaku untuk menganut paradigma kedua. Bahagia tidak lebih dari sekedar kata. Bukan benda langka atau gaib. Tidak perlu jauh-jauh mencarinya atau bersusah payah mengejarnya. Sejak dulu, bahagia sudah tercantum di kamus besar segala bahasa dunia. Kita bisa mencomotnya secara langsung, atau memakai sinonimnya, senang, gembira, atau kalau mau implisit, gunakan saja padanannya seperti kepuasan, pencerahan, keberuntungan. Suka-sukamu.

Seperti diriku yang menemukan bahagia pada sebuah buku impotensi, orang lain bisa juga menemukan bahagia dari tempat sampah di depan rumah, mulut berbisa politikus, atau televisi. Kita hanya perlu menyimaknya, tidak perlu menunggu momen atau peristiwa. Karena bahagia hanyalah sebuah kata, sama seperti jahat, sedih, dan korup yang bisa ditemukan di mana pun jiwamu berada.  


Artikel ini diikutsertakan dalam give away Untuk kamu yang berbahagia. Menurutku ini lomba yang absurd karena hadiahnya bukan iPad. Tapi berhubung pemilik blognya mau ulang tahun, jadi ikutan saja deh. Sekalian mau ucapkan Selamat hari jadi Syam, semoga di usia yang entahlah ke berapa, Mbak Syam bisa bikin lagi give away yang hadiahnya iPad atau volvo (in other words, rejeki Mbak Syam bisa tambah lapang dan -seperti yang para wanita selalu inginkan- tambah awet muda juga)


Berhubung dalam pandanganku, bahagia itu merupakan suatu konsep yang absurd dan random, yang bisa ditemukan di mana pun kita berada, maka sulit bagiku untuk memilih satu lagu saja sebagai sumber energi positif. Karena sepertinya semua lagu bisa melakukan hal itu, tergantung cara memaknainya. Oleh sebab itu pemilihan lagu Jason Mraz - Butterfly sebagai latar blog ini dilakukan secara acak.

10 komentar:

Syam mengatakan...

Pertama: ihhik... thanks dah ikutan dan sedikit mengobati kegalauanku menanti peserta yg tak kunjung datang, wkwkwk #lebay

Kedua: bahaghia bukan sekedar kata, tp itu rasa (Imo). Dan cocokmi kebahagiaan itu memang mutlak ada pada diri manusia, gampangji didapat, sampe ada yg pernah keluarkan jargon "bahagia itu sederhana" dr tema ini sy cm mau liat kecenderungan org yg berbahagia itu apa benar2 bahagia atau cuman senang belaka. Dua hal yg mybe punya kesamaan tapi bukan sinonim. apalagi kata ganti. hihi...

*kurangkerjaan yah?*
*biarmi*

Ketiga: Apaja kukana toh, suka mentongki sama jason mraz. ini kali ketiga sy dapati jason diblogta. hmm... butterfly enak lagunya.

keempat: thanks anyway. tercatat. Terimakasih doanya. mau volvo? Hmmm... dan berbahagialah.

Andy mengatakan...

bahagia jika mulut,tangan & hati berjalan bersama-sama tanpa ada yang saling mendahului

Yayack Faqih mengatakan...

bahagia itu berlaku juga buat saya yg di bulan ini sedang menikmati gelaran euro 2012 hehe

srulz mengatakan...

iya.. setiap orang memiliki cara untuk melampiaskan kebahagiannya masing masing.. :D

Marina Rizki mengatakan...

aku suka ini, singkat tapi bermakna banget !!!!
aku juga suka lagunya Jason Mraz- Butterfly ini!!!
love love love banget deh buat postingannya !! ♥

Marina Rizki mengatakan...

ini aku suka banget, singkat tapi bermakna!!
aku juga suka sama lagunya Jason Mraz - Butterfly inii !!! top banget deh buat postingannya :D

Marina Rizki mengatakan...

ini aku suka banget, singkat tapi bermakna!!
aku juga suka sama lagunya Jason Mraz - Butterfly inii !!! top banget deh buat postingannya :D

uci cigrey mengatakan...

ikutan baca ah :D
Absurd karena hadiahnya bukan ipad :)))

Muhammad A Vip mengatakan...

saya rasa banyak orang menyamakan bahagia dengan rasa senang. padahal keduanya berbeda. bukankah demikian?

Fazri mengatakan...

selamat gan. tenyata kontesnya menang. sukses slalu

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...