Jumat, 08 Juni 2012

Sesusah Itukah Membuat Artikel Blog

Ada teman yang bilang kalau bikin blog itu sulit. Apalagi sampai istiqomah meng-update artikel blog nyaris tiap hari.

Kalau menurut saya pribadi, membuat dan mengupdate blog merupakan perkara yang sangat mudah. Nyaris sama mudahnya dengan minum teh atau kopi. Terdengar arogan ya, tapi begitu adanya.

Apa sulitnya menyusun kata-kata yang sedari dulu memang sudah bersemayam di otak? Persoalan dimengerti atau tidak, itu perkara nanti. Yang penting ada artikel jadi yang siap diterbitkan.

Mayoritas orang yang jarang update blog, terlalu memikirkan kualitas dan pandangan orang lain ketika hendak membuat artikel. Mereka terkungkung untuk membuat artikel yang berkualitas, bisa menarik banyak pengunjung, dan memanen banyak komentar. Jika kita terlibat dalam situs komersil, hal-hal remeh tadi merupakan suatu keharusan.

Namun untuk blog yang bersifat pribadi, jumlah kunjungan dan komentar hanyalah aksesoris belaka. Bahkan beberapa kenalan menganggapnya sebagai omong kosong. Kita tidak memerlukan komentar orang lain atas pandangan politik yang diutarakan, emosi yang tertumpah, maupun keyakinan yang terujar lewat blog. Itu hanya akan menjadi debat kusir yang menghabiskan bandwidth internet.

Untuk membuat artikel blog kita hanya butuh sepotong kemauan, beberapa remah ide, dua puluh enam butir huruf dan sepuluh siung angka, serta jangan lupa sekarung ego.

Tidak usah pedulikan kritik dan saran dari orang lain mengenai karyamu. Percaya saja, bahwa karyamu adalah yang terbaik, penjamin eksistensimu, separah apapun isinya.

3 komentar:

Syam mengatakan...

hehe, kek mau masak saja itu tipsnya...

tapi yah, cocok mi. ngeblog itu bahkan bisa lebih mudah dari sekedar minum teh atau kopi. asal ada koneksi, yah... ngebloglah. tanpa perduli ada atau tidak yang baca, tidak perduli bagaimana orang mau menilai kita.

sebenarnya sy pribadi kurang nyaman kl blog keliwat ramai, jadi musti jaga2 deh. Hehe...

Rawins mengatakan...

kalo terlalu idealis ya sulit lah
pengennya nulis yang bermutu
padahal definisi bermutu tiap orang berbeda beda
mendingan asal nulis, biar gampang
tapi jangan ngebom postingan
kasian folowernya..

Syam mengatakan...

Eh eh... sapa tau daeng bro tojeng2 mo ipad or galaxy s III, cekidotmi >>> http://halalismylife.blogdetik.com/

:)

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...