Minggu, 08 Juli 2012

Bob Dylan Itu Berbahaya

Saya tahu seseorang yang suka sama Bob Dylan. Saking sukanya, dia selalu memposting segala hal yang berbau Bob Dylan di blognya. Karena obsesi berlebihan itu, maka saya menyebutnya sebagai penganut Dylanisme.
Bob Dylan. Sumber Wikipedia

Saya tidak tahu siapa itu Bob Dylan. Saya pikir dia itu rohaniwan, pendeta, profesor atau hal-hal yang menyerupai itu, profesi-profesi yang bisa mempengaruhi orang banyak. Tidak terlintas di pikiranku kalau dia itu selebritis. Karena namanya terlalu asing. Nanti setelah buka Wikipedia, baru saya sedikit tahu kalau ternyata Bob Dylan itu penyanyi bahkan kabarnya dia juga pernah main di beberapa buah film, entahlah, saya belum pernah nonton.


Kabarnya dia merupakan penyanyi yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat, bahkan dunia (sayangnya dia belum mempengaruhi saya). Bahkan ada banyak lirik lagu miliknya yang dikutip oleh para pengacara Amerika ketika sedang berdebat dalam suatu sidang. Hasil penelitian 2007 menyebutkan, kalau liriknya dikutip sebanyak 186 kali, sedangkan The Beatles hanya 74 kali. Adapun lirik miliknya yang sering dikutip adalah "you don't need a weatherman to know which way the wind blows" dari lagu "Subterranean Homesick Blues" dan "when you ain't got nothing, you got nothing to lose" dari lagu "Like a Rolling Stone".

Dia memang bukan nabi atau wali yang mendapatkan wahyu, namun melihat kegilaan para penggemar terhadap dirinya, fanatisme mereka, dan kecintaan mereka, maka seandainya saja, saat menjelang akhir karirnya, Bob Dylan membuat lirik-lirik yang slengean, hingga para penganut Dylanisme menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, itu bisa menjadi hal yang sangat membahayakan.
 

14 komentar:

Syam mengatakan...

Oww, itu mukanya toh. Sering dengar sih namanya, tp lagunya yg mana jg meneketehe???

Kalo Bob tutupoli itu nd berbahaya, sama-sama penyanyi juga. nd taumi kalo ada profilnya di wikipedia ato nda :))

Darmawan Saputra mengatakan...

wow..
mantap infonya..

tukar link yuk sob

Goiq mengatakan...

pernah denger namanya tapi gak pernah tau lagunya yang mana... hahahaha

karyakuumy mengatakan...

setuju banget mas,, fanatisme berlebihan bisa membuat seseorang atau sekelompok grup hilang kendali, jadi bertingkah diluar batas.. ngeri dehh kalo fans bob dylan smpe memuja2nya..

birthday party mengatakan...

nice post :)

Skydrugz mengatakan...

apaan sih...komentar ndak jelas

Kliknans mengatakan...

hmm.. saya juga sama nih baru denger tentang kakek bob dari tulisan sobat...heheh.. apa sayanya kali ya yang ketinggalan berita...heheheh..

salam kenal.. :D

Inayah Mangkulla mengatakan...

dia hanya manusia biaaaaasaaaaaa. kalau mau membayangkannya lebih mudah, letakkanlah dia seperti 'iwan fals' bagi 'indonesia'

Inayah Mangkulla mengatakan...

Dylanisme >>> hanya bikin2an fans, bukan dirinya yang bikin-bikin.

seperti Orang Indonesia yang dibuat para fans Iwan fals, dan Iwan Fals dinyatakan sebagai presidennya. bukan kemauan Iwan fals.

Inayah Mangkulla mengatakan...

"Karena obsesi berlebihan itu, maka saya menyebutnya sebagai penganut Dylanisme."


Whatever People Say I Am, That's What I'm Not. I Don't Care... :D

ichal3d mengatakan...

"....seandainya saja, saat menjelang akhir karirnya, Bob Dylan membuat lirik-lirik yang slengean, hingga para penganut Dylanisme menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari...."

please, ini Bob Dylan, bukan Cherrybelle... Lebay lo ah....

Skydrugz mengatakan...

u yg lebay deh,,,

lu ngarti sih kata "seandainya"?

trus mmg lu bs ngejamin kli dia ndak bakal slengean?

dia cuma manusia bung, bukan tuhan.

tidak ada jaminan benar atau bebas slengean utk seorang manusia.

Skydrugz mengatakan...

yeah...that's your choice...

all of us are right in our own choices

Akmal Fahrurizal mengatakan...

Bob Dylan ya, taunya cuma lagu Like A Rolling Stone aja. :D

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...