Senin, 09 Juli 2012

Kekaguman yang Sempit

Untuk orang-orang yang terlanjur kukagumi, saya tidak pernah ingin mengenal mereka lebih jauh, hingga harus mengetahui seluk beluk kehidupan pribadi mereka. Karena kekagumanku tidak pernah holistik, namun spesifik dan komplementer. Mengetahui kejahatan-kejahatan orang yang kukagumi justru bisa merusak segalanya.

Dengan kekaguman yang seperti itu, saya tidak pernah ingin terjebak dalam kompleks fanatisme yang sempit dan cenderung berlebih-lebihan. Namun orang lain selalu menilai hal itu sebagai suatu hipokritas yang plin-plan. Tapi itu tidak masalah. Terserah apapun pandangan orang lain, saya tidak mau berlebih-lebihan dalam mengagungkan manusia ataupun produk-produk buatan manusia.

Kalau pun orang atau sesuatu yang kukagumi itu terbukti bersalah, ya sudah, itu atau dia memang salah. Tidak perlu berkeras membela atau balik menyalahkan orang lain. Itu hanya membuang-buang waktu.



6 komentar:

Andy mengatakan...

yang penting kagak usah dibawa pusing mas,soalnya malah jadi beban pikiran kita nanti :D

Inayah Mangkulla mengatakan...

iya di'. lagi-lgi tulisan di atas membangkitkan rasa 'malas'ku. banyak yang mau kopdaran ma saya, malaskuuumiii, ahahaha.

dulu ada orang kukagumi sekali puisinya, bukan yang berlebihan, saya suka baca puisinya. saya tak mau jadi 'kekasih'nya atau semacamnya, justru SAYA INGIN JADI DIRINYA, pas kenalan ma teman-teman dekatnya terlihat semuwami jeleknya. paga akhirnya, saya sadar, saya hanya butuh puisi2nya, saya hanya butuh membaca karyanya, bukan mengenalnya terlalu dekat.

seperti BINTANG yang menghilangkan huruf A nya satu, ternyata BINATANG

saaaaadissssss.... :D

yadibarus mengatakan...

Kagum yang berlebihan akan menjadi sifat fanatisme

karyakuumy mengatakan...

Saya suka tuh penggalan kalimat terakhir... Jgn membela orang yg dikagumi sedemikian rupa, itu urusan dia..
mantap mas. :D

Rawins mengatakan...

ga perlu dipikirin
orang kan gampang berubah
kalo yang dikagumi berubah, kekagumannya ya boleh berubah juga dong..

Skydrugz mengatakan...

wow...curhatan yg menarik

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...