Sabtu, 04 Agustus 2012

Asal Saja, Tidak Perlu Dimengerti

Menulis adalah tentang menemukan hidup yang lain, menemukan hal-hal yang tidak mungkin didapatkan dalam realitas, membangun dunia dari keping-keping ingatan agar menjadi bangunan kebenaran yang kokoh. Hingga tak ada satu pun manusia yang dapat menghancurkannya ketika tulisan tersebut terlahir ke dunia.

Beberapa orang menulis dengan menggunakan simbol-simbol. Mereka mencoba menyembunyikan kenyataan-kenyataan pahit agar tak terbaca oleh manusia-manusia yang berpikiran picik. Sambil terus menanti datangnya manusia-manusia pilihan yang mampu memecah sandi-sandi yang terkandung dalam simbol yang mereka ciptakan. Berharap untuk dimengerti, meski harus menanti.



Beberapa lainnya menulis apa adanya. Tanpa simbol, sandi, ataupun metafora. Mereka menulis hiu, ikan, dan tikus sebagaimana mereka ingin menuliskannya, tanpa berpretensi, tanpa ingin submisif, sebagai hiu, ikan, dan tikus saja.

Ada juga yang menulis tanpa pernah berpikir mengenai simbol atau menulis apa adanya. Orang-orang seperti ini menulis saja apa yang ingin ditulisnya. Tidak peduli itu masuk akal, dapat dimengerti, mencerahkan, atau inspirasional. Mereka tidak tahu hal-hal yang macam itu. Yang penting bisa merangkai huruf jadi kata, lalu kalimat, kemudian paragraf, itu sudah luar biasa bagi mereka.

1 komentar:

Rawins mengatakan...

makanya kadang ada orang yang jadi berkepribadian ganda gara gara hobi nulis di internet...

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...