Jumat, 03 Agustus 2012

Semangat Itu Sepertinya

“The real enemy is the man who tries to mold the human spirit so that it will not dare to spread its wings.”

Sepertinya saya sudah masuk dalam golongan enemy. Karena saya sering sekali membuat pernyataan-pernyataan yang terdengar melemahkan semangat orang lain. Meskipun sebenarnya saya tidak pernah bermaksud melakukan hal seperti itu. Dalam menghadapi suatu fenomena, saya selalu mencoba untuk realistis. Tidak mau terlalu berangan-angan, berandai-andai, ataupun berimajinasi secara berlebihan. Kalau ada cara singkat untuk membuat semuanya terlihat lebih pragmatis, saya pasti akan mengambil jalan itu.


Karena sifat seperti itu, orang-orang di sekitarku berpendapat bahwa saya adalah orang yang cenderung sarkastik, ironis, dan tidak cocok untuk menjadi motivator. Untuk menjadi motivator, sepertinya saya memang tidak berbakat. Lagian menurut saya, motivasi hanya akan menjadi angin lalu kalau watak orang yang mendapat motivasi sejak awal memang batu dan malas berusaha. Jadi buat apa membuang-buang waktu untuk memotivasi, lebih baik paparkan saja kenyataan-kenyataan yang memang terjadi di lapangan. Habis masalah.

Tapi dengan cara seperti itu, orang-orang justru menganggap saya selalu menjatuhkan semangat orang lain. Yah, kalau kalian hanya ingin mendengarkan hal-hal baik, buatlah dunia sendiri dan jadilah Tuhan atas dunia itu.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...