Sabtu, 31 Maret 2012

Jumat, 30 Maret 2012

Tikus

Dulu aku kira, dunia adalah sebuah tempat yang kering, pengap, gelap, dan sesak. Pandangan seperti itu terbentuk semenjak aku terlahir bersama 10 kembaranku lainnya di sebuah terowongan sempit di bawah tanah Kota Makassar.
Begitu kunaik di permukaan tanah, baru aku sadari kalau dunia ini merupakan tempat yang sangat luas. Namun sayangnya keluasan tersebut bukanlah kemewahan yang bisa dinikmati oleh tikus sepertiku.

Mungkin Berbeda

Seandainya saja lima tahun lalu saya tidak memilih jadi mahasiswa, kira-kira jadi apa diriku sekarang?
Jadi pemain sepak bola, mungkin. Penjual ikan, bisa. Preman, apa lagi. Presiden yang pakai ijazah palsu, bisa jadi.
Ada begitu banyak kemungkinan yang bisa terjadi.
Tapi di antara semua kemungkinan itu, saya malah memilih untuk kuliah, dan menjadi seorang mahasiswa.
Di usia yang produktif, saya justru memilih menjadi seseorang yang sibuk mendengarkan dosen bicara, padahal semua isi pembicaraan itu mungkin saja hanya berisi omong kosong yang tidak berarti apa-apa.

Mungkin Cinta

Saya merasa cinta kita hanya berada di dunia telepon dan pesan pendek. Di luar itu, kita seperti magnet yang berbeda kutub.

Candu

Cinta itu bersifat adiktif. Jangan heran bila kau menemukan wanita atau pria yang punya riwayat sakit hati, patah hati, makan hati, dan nyaris mati karena cinta tetap gigih mencari cinta baru, yang resiko sakitnya tidak jauh beda dengan kisahnya yang lalu.
Seburuk-buruknya perjalanan suatu kisah cinta, selalu saja, ada berkas kebaikan yang membekas di dalamnya. Dan berkas-berkas kebaikan itu, biarpun hanya sedikit, menjadi candu yang bisa membuat semua obsesi menjadi tindakan impulsif dan kompulsif yang tak tertahankan.

Meskipun banyak yang berupaya membersihkan nama cinta dengan menyatakan bahwa impulsif dan obsesif bukanlah bagian dari cinta, tapi tetap saja itu tidak bisa melepaskan cinta dari kegilaan orang-orang yang merasakannya.

Mungkin Masih Cinta

Biarlah orang lain berkata cinta itu buta. Selama bukan kamu yang berkata seperti itu, selama kita tak sepakat dengan itu, cinta kita tak kan pernah buta.

Mungkin Aneh

Akhir-akhir ini kepalaku di penuhi oleh keriuhan ide-ide yang tidak koheren satu sama lain. Padahal stressor eksternal yang kuhadapi tidak lah seberapa jika dibandingkan dengan stressor yang dialami oleh para penghuni rumah sakit jiwa, sebab mereka sampai gila karena tidak sanggup menghadapi stressor tersebut.

Ide-ide yang bergelimpangan di kepalaku telah menimbulkan riak-riak tak terkendali dalam jiwaku hingga menciptakan pusaran yang sepertinya hendak menelanku ke dalam kegelapan. Hanya karena sistem ego dalam diriku yang masih utuh terselubung oleh mantel personaku yang membuat kegilaan belum berhasil menyentuhku.

Scracth #56: Kosong

Saya hidup di semesta yang kosong. Tidak ada apa pun di sana selain diriku dan sekat-sekat yang memisahkan satu kekosongan dari kekosongan lainnya. Saya tidak tahu pasti apa tujuan penempatan sekat-sekat itu dalam semesta kosong yang kuhuni. Yang pasti, sekat-sekat itu terlahir secara periodik, seakan-akan menggantikan peran matahari yang tak pernah terbit di semestaku. Tiap kali sekat itu akan terbentuk, aku selalu berdo'a agar ketika sekat itu terbentuk, ada sesuatu yang ikut tercipta di balik sekat tersebut. Batu, kodok, debu kosmik, apapun itu, yang penting bisa mengisi kekosongan.

Kamis, 29 Maret 2012

Rabu, 28 Maret 2012

Selasa

Hidup adalah kumpulan ruang kosong yang tiap sekatnya diisi oleh manusia.

Selasa, 27 Maret 2012

Anniversary

My life is too short to turn this earth. But it's enough for me to live my own world.

Rabu, 21 Maret 2012

Selasa, 20 Maret 2012

Mungkin saja karena tiba-tiba otakku malas berpikir untuk mendetakkan jantung, aku pun mati. Atau besok ketika sedang berjalan, ada sesuatu yang melewatiku, dan aku pun mati. Saya tidak pernah tahu.

just random thoughts, apa yang yang dipikirkan oleh seorang yang atheis ketika sesaat sebelum mati, dia menyadari bahwa ternyata tuhan itu ada. dan bagaimana perasaan orang yang tiap hari ibadah, kalau ternyata saat dia mati nanti, dia baru menyadari bahwa tuhan yang disembahnya selama ini ternyata tuhan yang salah?

Listening What

Kau punya pilihan untuk tidak usah mendengarkan apa yang dosenmu katakan ketika kuliah. karena tidak semua hal yang mereka katakan adalah hal yang benar. bisa jadi semua yang dikatakannya adalah hal paling basi di dunia ini, atau terlalu membosankan untuk era yag kita huni saat ini. biarkan mereka menyerocos sesuka mereka.

yang penting hormati kehadirannya.

Arial Burry

Salah hal yang paling tidak menyenangkan dalam hidup ini adalah ketika kita baru menyadari bahwa dunia berputar berdasarkan keinginan Tuhan.

Kamis, 15 Maret 2012

Ponsel-mu, Dirimu: Just Take the Fuss

Berdasarkan tingkat kebaruan ponsel yang dimiliki, ada 2 tipe manusia.
Pertama, tipe pemegang ponsel tipe lama. Manusia-manusia pemegang ponsel lama merupakan orang yang sangat konvensional, terlalu berpegang teguh pada tradisi, prinsip, dan budaya. Mereka cenderung terikat pada nilai-nilai lama. Mereka tidak berani menerima hal baru meskipun punya sumber daya untuk move on, karena mereka memang sama sekali tidak pernah berniat melakukan move on. When anything goes to ABC, they just stuck in letter A.

Kedua, tipe pemegang ponsel baru. Mereka termasuk orang-orang yang selalu berupaya meniru semua perubahan yang terjadi di sekitarnya. Mereka ibarat bunglon, selalu ingin menyesuaikan diri dengan dunia, sampai-sampai mereka lupa untuk menyesuaikan diri dengan diri mereka sendiri. Jika tidak ada masalah sumber daya, mereka akan senantiasa melakukan move on. In blinking eyes, they can jump around the ABC, hundred times. Bahkan kalau bisa, mereka ingin membuat aksara baru agar tidak hanya berputar-putar di ABC.

Selasa, 13 Maret 2012

SMS-mu, Egomu

Tipe-tipe manusia menurut SMS-nya:
  1. Manusia pada umumnya, mengirim SMS dengan variasi huruf kapital dan huruf kecil yang taat akidah. Contoh: Kamu di mana sekarang?
  2. Beberapa orang memiliki kebiasaan mengirim SMS dengan huruf kapital semua. Contoh: OI KAMU DI MANA SEKARANG?
  3. Beberapa lainnya, mengirim SMS dengan huruf kecil semua, tanpa ada satu pun huruf kapital di situ. Contoh: kamu di mana sekarang?
  4. Sisanya, mengirim SMS dengan variasi huruf kapital dan huruf kecil yang tersebar di tempat-tempat yang tidak semestinya. Contoh: -------sulit teridentifikasi-------

SMS-mu, Isi Kepalamu

Orang yang suka membuat singkatan-singkatan aneh, saat mengirim sms merupakan jenis manusia yang memiliki pikiran bercabang-cabang. Saking bercabangnya, mereka sampai bisa membuat singkatan yang tak terpikirkan oleh orang lain, hanya bisa diimajinasikan oleh diri mereka sendiri. Sedangkan orang yang jarang menyingkat sms, kalau pun menyingkat pasti taat akidah, merupakan tipe manusia yang isi pikirannya mudah ditebak. Membaca dirinya lebih mudah dari membaca sebuah buku terbuka.

Jumat, 09 Maret 2012

Refarat Anestesi untuk Prosedur Minimal Invasif


ANESTESI UNTUK PROSEDUR INVASIF MINIMAL
Poin-poin kunci
1.      Bila dibandingkan dengan prosedur pembedahan konvensional, prosedur invasif minimal memiliki sejumlah keuntungan seperti trauma yang dihasilkan selama pembedahan lebih sedikit, mengurangi nyeri pasca-operasi, memperpendek masa perawatan, mempercepat pasien kembali melakukan aktivitas normal, dan menghemat biaya perawatan
2.      Kolesistektomi laparoskopik saat ini menjadi salah satu tindakan pembedahan yang paling sering dilakukan pada orang tua yang mengalami penyakit penyerta pada organ jantung dan paru-paru. Pengawasan perioperatif yang hati-hati pada pasien ASA III dan IV merupakan hal yang dianjurkan selama insuflasi peritoneal.

Draft Proposal Penelitian Akut Abdomen


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Akut abdomen merupakan sebuah terminologi yang menunjukkan adanya keadaan darurat dalam abdomen yang dapat berakhir dengan kematian bila tidak ditanggulangi dengan pembedahan. Keadaan darurat dalam abdomen dapat disebabkan karena perdarahan, peradangan, perforasi atau obstruksi pada alat pencemaan. Peradangan bisa primer karena peradangan alat pencernaan seperti pada appendisitis atau sekunder melalui suatu pencemaran peritoneum karena perforasi tukak lambung, perforasi dari Payer's patch,pada typhus abdominalis atau perforasi akibat trauma.(Saputro et al. 2001)(Soewandi 1992)

Rabu, 07 Maret 2012

R.I.P Prof. Razak Datu

Hari ini saya mendengar kabar duka cita. Salah satu dosen di kampusku, Prof. dr. Razak Datu, Ph.D, telah dipanggil yang Maha Kuasa ketika sedang menjalankan ibadah umrah di Makkah. Cukup terkejut mendengar kabar ini.

Dunia Baru: Unrecognise

Saya merasa semakin tidak terbiasa dengan dunia baru ini.

Nb:
efek satu angkot dengan dua anak smp. Topik mereka "incredible". Sesuatu yang tidak pernah bisa saya bicarakan ketika masih smp dulu. Karena masalah ketabuan, kelaziman, dan adat istiadat. Ini memang dunia yang betul-betul berbeda.

Selasa, 06 Maret 2012

Dunia Baru: Inflasi. Sebuah Tinjauan Nostalgia

Dulu waktu masih duduk di bangku kelas 2 sekolah dasar, barang termahal yang melekat di tubuhku hanyalah sepasang sepatu seharga 10.000 rupiah. Dengan uang segitu, saya bisa membeli satu kardus indomie yang isinya 40 bungkus mi kaldu ayam. Kalau dikonversi jadi uang sekarang (2012:harga indomie eceran 1200 rupiah), kira-kira harganya 48.000 rupiah. Murah sekali.

Sepertinya sulit untuk menemukan lagi sepatu dengan harga seperti itu di zaman yang penuh inflasi seperti saat ini.

Refarat Penanganan Gigitan dan Sengatan Mahluk Darat

GIGITAN DAN SENGATAN MAHLUK DARAT
Agen:
·         Antivenom/antiracun
·         Opioid
·         Antihistamin
·         Kalsium
·         Benzodiazepin
·         NSAID
·         Anestetik lokal
·         Kortikosteroid

Refarat Replantasi


Replantation/Replantasi/Penyambungan Kembali
Indikasi
Indikasi umum replantasi antara lain amputasi pada beberapa buah jari, ibu jari, tangan, atau amputasi bagian apapun pada anak. Hilangnya sebuah jari (tidak termasuk ibu jari) merupakan indikasi relatif dari replantasi; banyak ahli bedah yang akan mencoba melakukan replantasi apabila terjadi cedera pada distal jari tangan yang ukuran minimalnya sekitar 4 cm dari kulit proksimal kulit yang intak hingga ke lipatan kuku. Replantasi padaavulsi jari manis bisa dilakukan, terutama jika salah satu tendon fleksor masih intak.

Refarat Penanganan Gigitan dan Sengatan Mahluk Laut

GIGITAN DAN SENGATAN MAHLUK LAUT
Agen:
·         Anti-racun/antivenom
·         Opioid
·         Magnesium
·         Anestetik lokal
·         Asam asetat (cuka)
·         Papain (proteolitik pelunak daging)
·         Garam bikarbonat (soda kue)

Manajemen cairan perioperatif: Perkembangan yang masih dilingkupi oleh kontoversi Abstrak


Manajemen cairan perioperatif: Perkembangan yang masih dilingkupi oleh kontoversi
Abstrak
Manajemen cairan perioperatif hingga saat ini masih menjadi kontroversi. Meskipun begitu, optimalisasi manajemen ini sangat esensial dalam mengurangi resiko komplikasi pasca-operasi, yang sering kali mempengaruhi keluaran hasil klinis jangka pendek maupun jangka panjang.  Bukti terkini lebih cenderung mendukung pendekatan “flow-guided/panduan aliran” dalam memberikan cairan perioperatif. Panduan ini menggunakan variabel seperti volume kuncup (stroke volume) dan curah jantung (cardiac output) sebagai dasar untuk menentukan kebutuhan cairan. Penentuan cairan yang optimal hingga saat ini masih kontroversi, meskipun tampaknya koloid memiliki sejumlah keuntungan fisiologis jika dibandingkan dengan kristaloid. Teknologi invasif minimal saat ini sudah dikembangkan untuk pemantauan aliran darah intraoperatif. Teknologi ini dapat meningkatkan tingkat ketepatan dalam melakukan titrasi cairan.

Refarat Replantasi Ekstremitas Atas


REPLANTASI EKSTREMITAS ATAS
Replantasi dideskripsikan sebagai penyambungan kembali dari bagian yang telah diamputasi penuh (Completed amputation) dengan memperbaiki aliran masuk arteri dan aliran masuk vena, sedangkan revaskularisasi adalah memperbaiki aliran arteri atau vena, atau keduanya, pada bagian yang tidak seluruhnya teramputasi (incompletely amputation), tidak peduli seberapa kecil titik penyambungannya. Replantasi pertama yang sukses pada amputasi lengan atas oleh Malt dan McKhann pada tahun 1962, replantasi ibu jari pertama yang sukses dilakukan pada tahun 1968 oleh Komatsu dan Tamai. Sejak saat itu, tim replantasi telah dibentuk dibanyak rumah sakit, dan teknik microsurgical telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pelatihan bedah plastik dan bedah tangan, yang mengarahkan langsung pada evolusi transfer jaringan bebas dengan microsurgical elektif.

Distance Up

Bagaimana suatu pola pikir menciptakan jurang pemisah yang begitu jauh di antara kita, meskipun kita senantiasa di berada di ruang dan waktu yang sama? Saya tidak mau memikirkannya. Karena buat apa memikirkannya?

Minggu, 04 Maret 2012

Refarat Imunisasi: Tinjauan Umum

A.    Tinjauan Umum Program Imunisasi
Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum perlu diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945 melalui Pembangunan Nasional yang berkesinambungan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat dipengaruhi oleh tersedianya sumber daya manusia yang sehat, terampil dan ahli, serta disusun dalam satu program kesehatan dengan perencanaan terpadu yang didukung oleh data dan informasi epidemiologi yang valid.1

Jumat, 02 Maret 2012

Refarat Nyeri Kanker dan Tumor


NYERI KANKER DAN TUMOR
MICHAEL WALTA DAN STEPEN H. THOMAS
*      AGEN
§  NSAID
§  Opioid
§  Antikonvulsan
§  Antidepresan
§  Anestesi local
§  Neuroleptik
§  Antagonis N-Methyl-D-aspartat (NMDA)
§  Bifosfonat
§  Kalsitonin
§  Kortikostroid
§  Octreotide
§  Obat antikolinergik

Kamis, 01 Maret 2012

Refarat Nyeri Jantung


Agen:
·         Oksigen
·         β-bloker
·         Nitrat
·         Opioid
·         Benzodiazepine

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...