Selasa, 28 Agustus 2012

Surga

Jurnal 28/8/12

Bagaimana cara masuk surga yang mudah?
Tidak perlu menjawabnya. Banyak kitab yang telah membahasnya. Hanya saja, apa masih ada orang yang peduli dengan perkara macam itu?
Terutama semenjak semua orang terpengaruh oleh banyak pemahaman baru mengenai spiritualitas, saat mereka bilang bahwa aktivitas ibadah bukan lagi tentang untuk mencari surga dan menjauhi neraka.

Tapi ilmuku masih belum sampai taraf itu, sehingga surga masih menjadi tempat favorit yang ingin kukunjungi. Di mana jalan surga terdekat?

Senin, 27 Agustus 2012

Bulan

Saya suka bulan. Pasti menyenangkan bisa berjalan-jalan di sana, seperti yang dilakukan oleh Neil Armstrong. Terlepas dari benar tidaknya pendaratan itu, saya tetap percaya, kalau pendaratan itu memang benar adanya. Lebih mudah untuk melakukannya dibanding harus bersikap skeptis dan mencari-cari celah konspirasi.

4 from 10

Kita mungkin hanya sekumpulan manusia-manusia yang tidak ada kerjaan. Saat semua asyik bercengkrama dan menikmati indahnya libur lebaran, kita di sini, menceburkan diri dalam kawanan orang sakit. Entahlah kalau yang lain, tapi senang bisa bersama kalian di saat-saat seperti itu.

Random: PMB

Hari ini Unhas melakukan PMB (penerimaan mahasiswa baru). Good luck buat yang ikut. Jangan tersesat saat kuliah dan jagalah kebersihan.

Minggu, 26 Agustus 2012

Random: Twitter

Too many craps. We have to shut it up.

Random: Blog Orang

Jurnal 26/8/12

Paling tidak suka berkunjung ke blog yang pakai verfikasi kata kalau mau komentar. Menyusahkan saja.

Sama Sama Sama

Kita tidak harus selalu sama. 
Einstein mati dalam penasaran karena tidak bisa merampungkan Unified Theory. Suatu teori yang dapat menyatukan segala perbedaan yang ada pada mekanika kuantum, gravitasi, dan elektromagnetika. Einstein menyadari, ada jurang menganga yang memisahkan fisika partikel dan fisika makro. Dan jurang tersebut harus segera dijembatani agar para fisikawan dapat mengungkapkan misteri penciptaan alam semesta. Mengapa alam semesta harus ada, bukannya tak ada?   

Para peneliti setelahnya pun nyaris mati penasaran untuk mencoba melanjutkan apa yang telah dimulai oleh Einstein. Mereka telah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan perbedaan yang menjurangi antara fisika dan penciptaan alam semesta. Dan semua usaha itu nampak sia-sia, hingga baru-baru ini para peneliti CERN merayakan keberhasilan penemuan partikel yang menyerupai Higgs Boson. Nampaknya mereka sudah menemukan jalan untuk mencapai kesamaan.

Lewatkan saja postingan ini. Saya tidak tahu, harus dibawa ke mana.

Random: Konyol

Jurnal 26/8/12

dulu, terlambat datang kuliah, tidak datang kuliah, lari dari tugas, dan program diet adalah hal-hal yang kuanggap konyol.
Tapi kini, saya mulai memahami asal semua kekonyolan itu. Saat dilihat dari sudut pandang yang berbeda, semua yang tampak konyol justru terlihat lebih serius. Kita yang menganggapnya konyol, malah lebih konyol karena punya anggapan seperti itu.

Karena itu, saya mulai mencoba untuk menimalisir pertanyaan "mengapa" pada semua hal konyol yang kusaksikan. Selalu ada alasan serius di balik setiap kekonyolan. Dan saya tahu, mendapat pertanyaan "mengapa" adalah salah satu momen yang menjengkelkan. Mendengarnya saja sudah muak, apalagi harus menjawabnya.

Random: Sepeda

Jurnal 26/8/12

Tiba-tiba saja harga nasi bungkus pasca lebaran naik. Dari 3000 menjadi 4000. Alasannya harga sembako naik. Tapi kalau harga sembako turun, harga yang sudah terlanjur naik pasti tidak akan turun lagi. Terlalu sering begitu. Pengecualian untuk SPP Unhas yang justru turun dari 750.000 jadi 600.000. Tapi kata mereka yang aktivis, itu hanya strategi untuk melakukan kapitalisasi di bidang lain. Tunggu saja, kata mereka.

Di Unhas juga mulai ada sepeda kampus. Cukup perlihatkan KTP dan KTM, kita sudah bisa pinjam sepeda kampus yang ada di pintu 1, keliling Unhas, atau malah buat jualan.

Hari ini libur. Tidak ada kesibukan. Ayo bersenang-senang.

Sabtu, 25 Agustus 2012

Random: Es Krim Miami

Jurnal 25/8/12

entah mengapa mereka menamakannya es krim. Padahal di komposisi, hanya ada susu, coklat, pengemulsi, pewarna buatan, dan gula.

Selamat makan...

Random: Motor

Jurnal 25/8/12

Pagi-pagi datang, sudah mandi urin pasien yang kecelakaan. Lumayanlah, penyepul parfum di pagi hari.

Rekap pasien selama seminggu, dan pemenang sumber pasien di UGD adalah...pasien kecelakaan. Lebih spesifiknya, pengemudi motor.

Jadi bertanya-tanya, apa orang-orang beli motor hanya untuk celaka?

Random: Lem Luka

Jurnal 24/8/12

Hari ini seorang anak yang kepalanya tertimpa tegel masuk UGD. Terlihat 2 luka robek yang menganga. Ayah pasien tidak mau ada jahitan. Dia mau luka tersebut di-lem. Well, saya tidak tahu mengenai teknik pengeleman luka. Adakah teknik seperti itu?
Mungkin saya harus belajar lagi. Karena tidak mampu memenuhi permintaan tersebut,
pasien dan ayahnya pun ngeloyor pergi. Mencari rumah sakit lain yang bisa me-lem luka. Good luck.

Kamis, 23 Agustus 2012

Random Day: 23

Diari 23/8/2012

salah satu kelebihan orang yang punya rutinitas resmi, melek tanggal.

Lagi-lagi harus berhadapan dengan pasien-pasien yang mati batang otak. Kemarin satu. Hari ini dua. Dilema yang sama. Keputusan akhir yang sama.

Apa yang membuat biaya mobil ambulans sangat mahal ya? Tanya keluarga pasien. Saya tidak tahu jawabannya.

Hobimu

Entah sejak kapan saya punya hobi buang-buang waktu. Hobi yang gila. Tapi hobi ini rasanya terlalu menyenangkan untuk ditinggalkan. Pantas saja banyak pengangguran di Indonesia.

Gorila dan Monogami yang Berkali-kali

Salah satu teman wanitaku pernah mengatakan bahwa pria adalah mahluk yang punya kecenderungan untuk selingkuh. Aku katakan padanya bahwa saya tidak seperti itu (begini-begini, saya juga pria. Jadi buat blogger yang panggil saya, Mbak. Perlu saya tekankan bahwa, rambut yang ada di foto profil blogku bukanlah wig). Dia pun tersenyum, setelah mendengar pernyataanku. Mungkin, dia berpikir bahwa aku adalah pria yang telah ditunggunya sejak jabang bayi, sang pemilik tulang rusuk (puih, onta juga punya tulang rusuk), pria yang tepat untuk diajak ke kebun binatang, menggantikan gorila di sana.

Ya, pria sepertiku memang tidak punya kecenderungan untuk selingkuh, tapi poligami. Selingkuh dengan poligami kan beda, kalau selingkuh haram, poligami halal. Mendengar pernyataan seperti itu, teman wanitaku itu, yang sekarang lebih baik dipanggil saja sebagai mantan teman wanita, langsung pulang ke rumahnya tanpa pamit ataupun menghabiskan makanan yang telah dihidangkan di meja. Syukurlah, masih bisa dihidangkan untuk tamu yang lain.

Sejak saat itu, saya tidak pernah lagi mendengar kabar dari mantan-teman-wanita tersebut. Terakhir yang kudengar, dia tinggal di Afrika, menjadi instruktur gorila. Saya tahu itu, karena dia memamerkan foto gorilanya di grup facebook, disandingkan bersama fotoku, dengan keterangan gambar, "mana yang lebih bajingan, gorila atau bajingan ini?"
Dia pasti mulai gila karena tidak pernah mendengar suara manusia.

Nb:
Tulisan di atas fiksi belaka. Tokoh saya, teman wanita, dan gorila di atas adalah rekayasa belaka. Tidak ada hubungannya tetangga, atau pun keluarga Anda.

Oh ya, kemarin 22/Agust/2012, saya baru keluar kandang dan menyalakan ponsel. Cuma ada 3 sms masuk, dari ummu wasiat: ucapan lebaran, dr. Aris: ucapan lebaran, dan sebuah nomor baru, tapi dari gayanya menulis, saya tahu, itu pasti Ira Ulil Inayah: bertanya, apa saya sudah mati? (semua nama-nama di atas adalah rekayasa belaka)

Hari baru, rutinitas baru. Kembali masuk UGD. Dari 10 mahasiswa yang mestinya masuk, hanya saya, haikal, dan angel yang nongol. Yang lain mungkin masih berenang di lautan opor dan ketupat.

UGD penuh gila. Tidak ada brankar kosong yang tersisa. Pasien sampai harus dibaringkan di kursi. Pasien-pasien yang tidak terlalu gawat dan sudah dapat penanganan langsung dipulangkan atau dikirim ke bangsal. Untunglah semua aktif bergerak, sehingga semua tugas terselesaikan dengan sempurna.

Mau 3 atau 10, tidak ada bedanya.

Rabu, 22 Agustus 2012

Gravity's Bareilles

Something always brings me back to you.
It never takes too long.
No matter what I say or do.
I'll still feel you here 'til the moment I'm gone.
You hold me without touch.
You keep me without chains.
I never wanted anything so much
than to drown in your love and not feel your reign.

Kita mungkin terpisah oleh jarak. Seperti matahari terhadap bumi. Tapi jarak takkan pernah memisahkan kita. Apapun yang terjadi, gravitasi akan selalu membawamu padaku.

Selasa, 21 Agustus 2012

Wanted 3: Guru Piano

Dicari, guru piano yang bisa mengajarkan semua teknik piano hanya dalam semalam. Berapa pun biayanya. Yang penting, dia bisa mengajarkannya lewat telepati.
Malas kalau harus pergi ke tempat les atau didatangi oleh guru les.

Bagi yang berminat, segera hubungi saya lewat telepati.
Nomor registrasi telepatiku
270390 (Makassar)
+033270390 (luar Makassar)

*hanya untuk yang serius dan merasa dirinya tidak gila

Witch

Aku lahir di masa ketika para penyihir sejati mulai bertumbangan satu per satu. Dan tergantikan oleh penyihir-penyihir palsu. Yang menemukan identitas orang bukan lewat jin-jin dan dedemit. Tapi melalui Facebook, Twitter, Google Earth, Linkedin, dan kawan-kawan segengnya. Yang memasang iklan di mana-mana, seperti hendak bersaing dengan reklame rokok, iklan pemutih, Tong Fang, Tong Ji, dan Tong-tong lainnya. Dan meyakinkan para kliennya lewat sugesti, serta bahasa para seller, dan motivator yang biasa bikin seminar. Nyaris tak ada resiko dalam menjadi penyihir palsu.

Cukup sewa ruko. Bikin suasana temaram. Pasang perabot-perabot seram yang dijual di loakan. Lalu tampil urakan atau justru rapi sekali. Bicara dilambat-lambatkan. Dan modal sok tahu yang besar. Voila, jadilah anda Ki Jagat Mentari Ning Sakti Mandraguna, dukun artifisial yang dapat menggandakan kelereng.

Meditate

Bermeditasi. Membuang semua pikiran yang tidak perlu. Menyusun pikiran-pikiran yang penting, agar lebih mudah dicari ketika bingung menyerang.

Merangkai semua kalimat yang tak masuk akal. Membuatnya jadi lebih masuk akal. Lalu membongkarnya lagi agar tak masuk akan. Olahraga pikiran, persis seperti bermain teka-teki.

Membayangkan sebuah dunia yang hanya dihuni oleh diriku sendiri. Tak ada kelaparan. Tak ada ketiduran. Tak ada apa-apa. Apa aku sudah terdengar seperti John Lennon, yang membayangkan hal-hal yang tak mungkin?

Masih bermeditasi.

Kucing

Di pondokan. Sunyi. Tak ada suara manusia. Hanya kumpulan kucing yang mengeong dan perutku yang keroncongan. Di momen-momen seperti itu, terbersit harapan, agar tuhan menghalalkan kucing untuk dikonsumsi.
Tapi tidak semua harapan harus dipenuhi. Ada beberapa harapan yang memang tidak usah terpenuhi.
Jadi, mari kita ke mas tukang bakso yang beberapa blok dari pondokan. Sepertinya, lebih halal.

Mantra dan Cawat

Di zaman dulu, konon, orang bisa saling mengirim mantra sihir lewat berbagai media. Tapi jangan inklusikan fb, twitter, blog, messenger, sms, dan telepon. Di masa itu, para dukun hanya mengenal angin, binatang, air, bulan, dan celana dalam.

Angin, air, binatang, dan bulan, semua hal tersebut mungkin masuk akal untuk dijadikan media sihir. Karena banyak buku dan film yang sudah mendokumentasikannya. Narnia, Harry Potter, Werewolf, dkk. Tapi celana dalam?

Di beberapa daerah Indonesia, celana dalam, cawat, atau apapun padanannya, merupakan benda yang dianggap sakral. Karena mereka percaya bahwa celana dalam merupakan benda yang terdekat dengan intisari kelahiran, dan sumber kehidupan. Sehingga, orang-orang di daerah itu, terutama yang perawan atau masih gadis, selalu berhati-hati saat menyimpan celana dalam. Mereka selalu menjemur dan menyimpan benda tersebut di tempat khusus, yang sulit dicapai oleh orang lain.

Karena kesakralan itulah, maka para penyihir lebih suka mencuri saja celana dalam, ketika hendak memantrai seorang wanita. Lebih manjur, langsung ke titik sasaran.

Oleh sebab itu, apabila seorang wanita kehilangan celana dalam, maka mereka akan langsung melakukan berbagai ritual penyucian diri, memanjatkan do'a tolak bala, shalat hajat, shalat tahajud, dan shalat-shalat lainnya. Untuk mencegah serangan sihir.

Tapi untunglah itu hanya terjadi di masa lalu. Kalau terjadi juga di masa sekarang, wow. Sudah terlalu banyak celana dalam yang raib dari jemuranku. Jika semua benda itu dimantrai...sulit dibayangkan. Dan lebih baik tidak usah dibayangkan. Anggap saja, semua yang hilang itu, sudah dimakan oleh kucing. Tapi entah, kucing jenis apa yang makan benda seperti itu. Nevermind.

Sembuh

Ya, karena hati kami begitu dekat. Sehingga untuk berkomunikasi, tidak butuh telepon, sms, twitter, facebook, dan messenger.

Kami saling bertelepati. Berkomunikasi lewat tanda-tanda alam. Lewat lengkungan daun yang basah. Lewat salakan anjing di tengah malam. Melalui kicauan burung yang riuh dan semberut sinar mentari yang melewati terali jendela.

Dan bila kami tak lagi memahami semua tanda dan simbol itu. Berarti kami telah sembuh, tak perlu lagi melanjutkan pengobatan. Terimakasih Tong Tong.

Ant War

Berperang melawan semut di pondokan. Perang mungkin bukan kata yang tepat. Karena menurut konvensi, perang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Saya tidak mengerti bahasa semut, begitu pula sebaliknya. Jadi tak pernah ada kesepakatan. Yang ada hanyalah semut membuat mars menuju makananku. Itu sudah cukup menjadi pengumuman pernyataan perang. Sebagai orang yang membeli dan memasak makanan, dan yang terpenting, sedang menderita kelaparan, maka aku wajib melakukan serangan balik pada pabrik asam formiat mini tersebut.

Mereka boleh saja menang jumlah. Tapi mereka tidak pernah menyangka kalau aku punya senjata kimia yang sangat mematikan, kapur ajaib bagus. Hanya dengan beberapa coretan kecil di sekitar makanan, semua semut itu langsung berkalang tanah. Benar-benar mematikan.

Pantas saja penggunaan senjata kimia dan biologis adalah hal terlarang dalam perang antara manusia. Efeknya terlalu mengerikan untuk dibayangkan.

1003

Sepertinya lidahku mulai mati rasa. MSG telah meracuninya. Tapi apa yang bisa kau harapkan dari hari-hari seperti sekarang? Makanan yang bebas pewarna, pengawet, dan pewarna artifisial? Keep on dreaming, boy.

Wanted (2)

Sky...nyalakan HP mu...apa chargermu hilang???

WANTED

SKY!! KW DIMANAAAA??? mace dan adik2 mu panik mencari...bisa2nya kw matikan hp di hari lebaran??? WHAT ON EARTH ARE U THINKING???

1001

Dulu aku pernah bilang padamu bahwa Makassar terlalu dingin untuk kita dan berharap tidak akan lagi ada hari dingin di kota ini. Tapi sepertinya itu harapan yang berlebihan. Aku masih di Makassar, menggigil. Suara muadzin berkumandang. Kalau sudah begitu, sulit untuk kembali tidur.

Senin, 20 Agustus 2012

1000

Berbaring di lantai. Memandang lampu dan langit-langit kamar. Tak bergerak. Tak beranjak.

999

Diari tanggal berapa pun sekarang

Siapa yang pertama kali punya ide bahwa wanita berasal dari tulang rusuk pria? Rasanya itu konyol. Hanya orang-orang yang terjebak dalam romantisme yang percaya itu.

Oh ya, ini postingan blog skydrugz yang ke-999. Dan seperti janjiku di postingan 991, saya akan mengumumkan pemenang give away 999.
Setelah menimbang, mengurut, dan mengkerut, maka aku putuskan, pemenang give away 999, adalah nothing.
Tidak ada satu pun yang berpartisipasi. Tapi tidak masalah, itu berarti uang Rp 99.999.- akan tetap jadi milikku.

Malam ini gelap. Dan bulan tipis melengkung di cakrawala. Saya berharap bisa menemukan bentuk bulan yang lain, piramida misalnya.

Tidak ada aroma chlorhexidine dan perintah-perintah out of common sense dari mereka-mereka yang punya otoritas. Malam yang sempurna.

Sempurna untuk memasak menu-menu yang belum terdaftar di buku resep. Sempurna untuk mengerjakan tugas yang terbengkalai. Sempurna untuk tidur lagi. Semoga otakku tidak mengkerut karenanya.

Diaree

Diari tanggal...blog ini punya sistem penanggalan sendiri...saya mengikut saja

Terimakasih pada stopcold yang telah memberikan tidur panjang padaku. Sayangnya, batuk yang kuderita belum juga reda. Padahal itulah tujuan terciptanya stopcold di dunia ini. Meredakan nyeri kepala, flu, dan batuk berdahak. Tapi semua obat punya farmakokinetikanya sendiri. Dan hingga sekarang, aku masih menantinya.

Hari ini damai. Tak ada telepon, sms, dan huru-hara. Seandainya saja di rumah sakit bisa seperti ini juga.

Harapan yang semu.

Tapi tak masalah. Harapan, biarpun semu, tetap saja menyenangkan saat dimiliki.

Diare? Diari!

Diari tanggal...sepertinya ponselku tidak bisa menampilkan tanggal...Agustus 2012

Bangun tidur. Lihat matahari sudah tinggi. Tidur lagi. Berharap bisa mimpi tentang semua tugas hari esok yang dapat terselesaikan sendiri tanpa harus kusentuh. Tapi hingga detik ini, tak pernah sekali pun ku bisa mimpi seperti itu. Poor me.

Minggu, 19 Agustus 2012

Diari Bukan Diare

Diari, tidak tahu tanggal berapa, Agustus 2012

Nonton sidang isbat bersama mas dani, faris, tibe, dan seorang warga pondokan yang tidak kutahu namanya.
Dan yey, besok idul fitri.

Nasib Kan Membawamu

Akan ada masanya ketika seorang manusia memasuki fase-fase nihilisme dalam hidupnya. Saat seorang manusia tidak lagi percaya pada makna-makna yang dulu diyakininya. Saat semua hal tak lagi bernilai di matanya. Saat semua karya John Lennon dan Mozart tidak ada bedanya dengan rengekan anak TK. Saat tulisan Shakespeare, Allan Poe, dan Tagore terlihat seperti cakaran ayam di tanah. Saat tak ada satu pun hal yang dipercayainya di dunia ini, kecuali ketidakpercayaannya itu sendiri. Tak ada tuhan, dan dewa-dewa. Hanya ada kosong, nihil yang tak bermakna, dan diri sendiri.
Kalau sudah begitu, bersiaplah, karena seorang anarkis nihilis baru saja terlahir. Dia mungkin akan berakhir sebagai seorang pahlawan revolusi, atau justru sebagai pesakitan di bangsal psikiatri.

Jumat, 17 Agustus 2012

Lokasi Syuting

Kalau ada yang butuh lokasi syuting film zombie, vampire, atau horor lainnya, segera saja datang ke Unhas a.k.a Universitas Hasanuddin. Suasana kampus saat ini mulai menyerupai kota mati. Mayoritas mahasiswanya sudah mudik. Sunyi, senyap, lelap. Saat malam menjelang, bisik-bisik dan desahan di pondokan terdengar lebih jelas. Jernih seperti Dolby Theater. Kamu bahkan bisa mendengar detak jantungmu sendiri serta desiran darah yang melalui nadi.
Sungguh pas untuk setting adegan kejar-kejaran zombie atau transformasi werewolf ketika melihat purnama (sayangnya, sekarang adalah masa-masanya bulan mati. Sulit menemukan purnama).
Stanley Kubrick

Kamis, 16 Agustus 2012

Apalah Artinya

Saya kenal seorang pria. Punya hidung, mata, rambut, alat gerak, dan menjejak tanah. Persis seperti pria-pria lain yang sering kau temui di pasar, masjid, dan rumah sakit. Dia baru saja menyelesaikan pendidikan strata-2 di salah satu universitas terkemuka di Makassar. Kalau tidak salah, keilmuan yang digelutinya adalah matematika dan statistika. Tapi bukan jenis matematika dan statistika yang biasa kau dapati di bangku sekolah. Studi yang ditelitinya lebih rumit, melibatkan banyak rumus dan notasi, variabel dan koefisien, tentang sintesis formula baru. Cukup untuk membuat keriting segala rambut yang ada di tubuh.

Bahagia Itu Sederhana ya?

Mereka bilang, bahagia itu sederhana. Masalahnya, sedih juga sederhana. Bahkan, terkadang sedih itu lebih sederhana dari bahagia.
Tapi itu terserah kamu, mau menyederhanakan yang mana. Yang kutahu, tak ada hal sederhana di dunia ini. Semuanya rumit.
Jika hidup memang sederhana, lalu mengapa jabatan presiden tidak boleh diduduki oleh seorang anak TK? Tak perlu dijawab. Itu pertanyaan retoris.
Yang kutahu, hidup tidak pernah sesederhana itu.

Selasa, 14 Agustus 2012

Pelari-pelari Gila

Melihat-lihat para pelari di seputar Unhas. Ada pria, ada wanita. Ada yang metropolis, ada yang metromini. Ada yang berjilbab, ada yang tidak berjilbab. Ada yang manis, ada yang pahit, ada yang pendek menapak bumi, dan ada pula yang melayang (tapi itu hanya kiasan, bagi mereka yang mengerti). Sungguh suatu diversitas yang mengagumkan untuk sebuah negara terbelakang yang ingin maju. Sambil bertanya-tanya, apa motivasi mereka berlari di hari panas seperti sekarang ini. Saya pikir, itu bukan soal pengejaran prestasi. Karena tidak ada satu pun atlet Indonesia yang mau gila-gilaan seperti itu. Kalau pun ada, pastilah saat ini dia sudah ada di London, bukan Makassar, sambil memegang medali emas, dan menginjak-injak Usain Bolt.


http://3.bp.blogspot.com/_ua8ycqfc4ok/SzCr4pKqLkI/AAAAAAAABx4/taa-hV8IHyI/s400/Runners+body.gif

Senin, 13 Agustus 2012

Saya Suka Langit Makassar di Subuh Hari

Subuh ini, langit masih seperti kemarin. Penuh dengan bintang-bintang, awan-awan, dan bulan. Cantik. Ingin rasanya kubagi pemandangan langit ini denganmu yang jauh di sana. Sayangnya ponsel ini terlalu kuno untuk mengabadikannya. Kuharap di sana, kamu terbangun juga dan melihat langit subuh ini.

Menjadi Blogger

Untuk menjadi seorang blogger, Anda tidak butuh komentar, pengunjung, atau segala urusan sosial media lain. Hanya blogger labil, kurang tenar, kesepian, dan butuh trafik tinggi demi uang, yang tergila-gila dengan hal-hal macam itu.

Minggu, 12 Agustus 2012

Sepertiga

Apa saya bisa masuk surga dengan menulis blog?
Sayangnya, tidak ada Nabi atau Rasul yang bisa memberi kepastian atas pertanyaan itu. Mereka yang ada di masa kini hanya mampu menduga-duga, mengira-ngira, dan menghubung-hubungkan. Tapi tak ada satu pun dari mereka yang bisa memberi kepastian.

Masa Lalu Itu Bernama Orang Tua

Kita semua memiliki orang tua. Tidak peduli mereka legal atau ilegal, halal atau haram, nikah atau zinah, kita terlahir dari pertemuan mereka, bukan akibat persatuan batu maupun api.
Suka atau tidak, orang tua adalah manusia-manusia yang membentuk masa lalu sekaligus membangun masa depan kita. Kamu bisa saja mencoba memutus masa lalu, menghapusnya, atau bahkan meniadakannya. Tapi kamu takkan pernah bisa menafikan pertalian darah dan memori yang terlanjur terpancang dalam otakmu. Masa lalu akan terus menghantuimu, bahkan ketika amnesia menyerangmu atau otakmu terlanjur ada.


Bintang di Langit Makassar

Kamu yang jarang muncul atau saya saja yang kurang menengok ke atas, entahlah. Yang pasti, kamu cantik subuh ini.

Sabtu, 11 Agustus 2012

Mulutmu, Racunmu

Kau tahu, dirimu mulai terdengar seperti pembicara-pembicara di televisi, yang menghembuskan optimisme kosong untuk mendapatkan uang.

Kamu mungkin bisa menipu mereka dengan kalimat-kalimat manis itu. Tapi tidak denganku. Kemanisan itu, pujian itu, sanjungan itu, semuanya, semua yang keluar dari mulutmu terdengar racun di telingaku. Jadi jauhkan mulutmu dariku. Aku tak mau teracuni olehmu.

Sumber gambar: Amazon

Jumat, 10 Agustus 2012

Monster-monster Itu Lahir dari Orang Baik

Kamu memimpikan sebuah dunia yang ideal. Dunia di mana orang-orang yang baik dan bertanggung jawab bisa hidup bahagia, bebas dari eksploitasi dan kesewenang-wenangan. Di mana penghargaan dan rasa hormat senantiasa diberikan atas segala niat dan usaha baik yang telah dilakukan. Utopis memang, tapi itu impian yang pantas untuk diperjuangkan oleh siapapun yang mempercayainya. Sayangnya, saya tidak percaya ada dunia yang seperti itu. Tidak, di dunia ini, entah kalau di dunia lain.

Pengusiran

Akhir-akhir ini saya melihat begitu banyak pengusiran. Baik yang hanya dialami oleh orang lain, maupun yang kualami sendiri. Tidak perlu bahas tentang orang lain karena saya tidak terlalu paham detail pengusiran mereka. Cukup bicarakan tentang pengusiran-pengusiran yang aku alami sendiri. Meskipun saya tidak berniat untuk menceritakan detailnya pada blog ini. Karena itu tidak penting untuk dibahas.

Kamis, 09 Agustus 2012

Menjaga Keseimbangan Bahagia

Aku hidup untuk keputusan-keputusan dari masa lalu yang kadang kusesali lalu kusyukuri. Aku ada untuk masa depan yang belum juga dapat kutentukan meski hanya dengan mengira-ngira dan menerawang. Dan aku bertahan untuk perkara-perkara yang saat ini tak mungkin kutinggalkan.

Rabu, 08 Agustus 2012

Makassar Terlalu Dingin Untuk Kita

Akhir-akhir ini Makassar sedang bermuram durja. Entah apa alasannya. Mungkin hanya biro metereologi, walikota dan gubernur yang tahu. Tapi mereka tidak mau bilang, itu tentang apa.

Cold Boiling Lake, yang tidak ada di Makassar. Danau itu menggelegak karena terlalu dingin

Senin, 06 Agustus 2012

Kami dan Kamu yang Tak Boleh Menjadi Kita

Kami menghindari sungai, kami menghindari danau, kami menghindari laut, kami menghindarimu. Kami menghindari lembah, kami menghindari bukit, kami menghindari gunung, kami menghindarimu. Sedapat mungkin, sebisa mungkin, semungkin-mungkinnya, kami ingin jauh darimu. Terbebaskan, terlepaskan, tercerahkan, terjauhkan darimu.

http://ecx.images-amazon.com/images/I/51JhzNtIduL._SL500_AA300_.jpg
Trinity. Sebuah buku tentang pembuatan bom atom pertama.

Minggu, 05 Agustus 2012

Sabtu, 04 Agustus 2012

Penjelasan yang Membunuh

"Explaining humor is a lot like dissecting a frog, you learn a lot in the process, but in the end you kill it."
-Mark Twain-
Welwitschia Mirabilis
Usia 2,000 tahun; Namib Naukluft Desert, Namibia. Mati.

Sendiri yang Tak Berkala

Sendiri, dalam kesunyian, tak ada kawan ataupun lawan, berusaha berteman dengan sepi walau sadar sepi bukanlah teman.
Suka atau tidak, kesendirian itu akan selalu ada, sekuat apapun sosialisasi kita, sekeras apapun kita memencet tuts-tuts gadget agar tersambung dengan jejaring sosial. Kita tak akan pernah bisa membunuhnya.

Berjalan ke Arah yang Tidak Perlu Dimengerti

Dr. Seuss pernah bilang, "kau bisa punya otak di kepalamu, atau malah di kakimu. Karena kamu punya pilihan untuk pergi ke mana pun kau suka".

Saya sering berjalan tanpa tujuan. Seolah-olah otakku tidak mampu menganalisa, menentukan arah dan tujuan untuk berjalan. Hanya kakiku yang terus melangkah, melangkah, dan melangkah. Hingga kusadari, saya sudah terlalu jauh dari rumah, jauh dari sekolah, jauh dari tempat-tempat yang kukenali. Mungkinkah aku tersesat, mungkinkah aku salah  jalan, atau mungkinkah ini adalah arah yang tepat? Dalam kondisi seperti itu, pertanyaan-pertanyaan itu justru tidak pernah terlintas di pikiranku. Karena aku tahu selalu ada angkutan umum yang dapat mengarahkanku pulang.

Asal Saja, Tidak Perlu Dimengerti

Menulis adalah tentang menemukan hidup yang lain, menemukan hal-hal yang tidak mungkin didapatkan dalam realitas, membangun dunia dari keping-keping ingatan agar menjadi bangunan kebenaran yang kokoh. Hingga tak ada satu pun manusia yang dapat menghancurkannya ketika tulisan tersebut terlahir ke dunia.

Beberapa orang menulis dengan menggunakan simbol-simbol. Mereka mencoba menyembunyikan kenyataan-kenyataan pahit agar tak terbaca oleh manusia-manusia yang berpikiran picik. Sambil terus menanti datangnya manusia-manusia pilihan yang mampu memecah sandi-sandi yang terkandung dalam simbol yang mereka ciptakan. Berharap untuk dimengerti, meski harus menanti.

Jumat, 03 Agustus 2012

Holstee: Manifesto Kehidupan



Eropa Menurut Mereka

Eropa Menurut Orang Inggris. Klik gambar untuk memperbesar.

Semangat Itu Sepertinya

“The real enemy is the man who tries to mold the human spirit so that it will not dare to spread its wings.”

Sepertinya saya sudah masuk dalam golongan enemy. Karena saya sering sekali membuat pernyataan-pernyataan yang terdengar melemahkan semangat orang lain. Meskipun sebenarnya saya tidak pernah bermaksud melakukan hal seperti itu. Dalam menghadapi suatu fenomena, saya selalu mencoba untuk realistis. Tidak mau terlalu berangan-angan, berandai-andai, ataupun berimajinasi secara berlebihan. Kalau ada cara singkat untuk membuat semuanya terlihat lebih pragmatis, saya pasti akan mengambil jalan itu.

Rambut, Apa Gunamu

Rambut kepala, kumis dan janggut. Begitu banyak orang yang membenci ketiga mahluk ini, ketika mereka rimbun di badan. Waktu saya memelihara ketiga hal ini, orang-orang sekitarku berkeras memaksaku agar cepat-cepat menyingkirkannya. Katanya saya seperti manusia goa.

Mereka tidak tahu jika ketiga benda itu tercipta di dunia ini untuk melindungi kita dari radiasi sinar UV. Tapi sudahlah, mereka pasti tidak peduli dengan hal seperti itu. Yang penting bagi mereka adalah apa yang nampak di mata.

Refarat Fraktur Servikalis


Anatomi dan fisiologi

Vertebra dimulai dari cranium sampai pada apex coccigeus, membentuk skeleton dari leher, punggung dan bagian utama dari skeleton (tulang cranium, costadan sternum). Fungsi vertebra yaitu melindungi medulla spinalis dan serabut syaraf,menyokong berat badan dan berperan dalam perubahan posisi tubuh. Vertebra padaorang dewasa terdiri dari 33 vertebra dengan pembagian 5 regio yaitu 7 cervical, 12thoracal, 5 lumbal, 5 sacral, 4 coccigeal.


Refarat Mekanisme Tenggelam

TENGGELAM

Perbedaan Tenggelam Air Tawar dan Air Laut
Air Tawar
Air Laut
♪ paru besar dan ringan
♪ paru besar dan berat
♪ relative kering
♪ basah
♪ bentuk biasa
♪ bentuk besar dan kadang-kadang overlapping
♪ merah pucat
♪ ungu biru / permukaan licin
♪ krepitasi ada
♪ krepitasi tidak ada
♪ busa banyak
♪ busa sedikit / cairan banyak
♪ dikeluarkan dari thoraks tapi
   kempis
♪ dikeluarkan dari thoraks akan mendatar / jika
   jika ditekan jadi cekung
♪ mati dalam 5 menit 40 ml/kgBB
♪ mati dalam 5-10 menit 20 ml/kgBB
♪ darah :
-          BJ 1,055
-          Hipotonik
-          Hemodilusi/hemolisis
-          Hipervolemi
-          Hiperkalemi
-          Hiponatremi
-          Hipoklorida
♪ darah :
-          BJ 1,0595-1,60
-          Hipertonik
-          Hemokonsentrasi
-          Hipovolemi
-          Hipokalemi
-          Hipernatremi
-          Hiperklorida

Refarat Limfoma Hodgkin

LIMFOMA HODGKIN

DEFINISI
Sistem limfatik adalah suatu kanker (keganasan) dari sistem limfatik. Sistem limfatik membawa tipe khusus dari sel darah putih yang disebut limfosit melalui suatu jaringan dari saluran tubuler (pembuluh getah bening) ke seluruh jaringan tubuh, termasuk sum-sum tulang. Tersebarnya jaringan ini merupakan suatu kumpulan limfosit dalam nodulus limfatikus yang disebut kelenjar getah bening. Dua tipe utama dari limfoma adalah Limfoma Hodgkin dan Limfoma non Hodgkin.

Refarat Farmakologi Digitalis dan Zat-zat yang Sejenisnya

Digitalis dan Obat-obat yang Efek Kerjanya Seperti Digitalis
Digitalis merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan berbagai jenis glikosida jantung yang dapat ditemukan pada banyak tanaman, seperti pada tanaman foxglove.  Digoxin, digitoxin, dan oubain merupakan contoh zat yang  secara klinis berguna sebagai glikosida jantung. Namun ada juga beberapa jenis obat-obatan non-glikosida dan non-katekolamin yang memiliki sifat seperti glikosida jantung. Beberapa zat tersebut antara lain inhibitor phosphodiesterase (PDE) III, kalsium, dan glukagon.

Refarat De Quervain’s syndrome / de Quervain’s tenosynovitis

Pendahuluan

De Quervain’s syndrome dikenal dengan beberapa macam cara penulisan. Pada beberapa referensi seperti pada kamus Dorland tertulis de Quervain’s disease, pada kamus Stedman tertulis de Quervain disease, pada kamus M-W medical dictionary tertulis deQuervain’s disease dan pada kamus Wikipedia tertulis de Quervain’s syndrome. Sebagian besar referensi menuliskan penyakit ini dengan de Quervain’s disease. Penyakit ini disebut juga dengan de Quervain’s tenosynovitis atau de Quervain’s syndrome. Ada pula yang menyebut penyakit ini dengan nama washerwoman’s sprain karena lebih banyak menyerang wanita daripada pria. 1,2,3

Kamis, 02 Agustus 2012

Pengangguran Tak Ada Acara

Bertahan hidup adalah urusan yang pelik, butuh banyak kewarasan dan alasan untuk bisa melakukannya. Sayangnya, para pengangguran butuh lebih dari sekedar kewarasan dan alasan agar bisa tetap hidup. Karena pada umumnya mereka yang pengangguran, telah mengalami kegilaan derajat ringan hingga berat akibat ketiadaan sarana aktualisasi diri. Alasan-alasan yang mereka pakai untuk bertahan hidup juga mengalami disosiasi yang longgar, hingga mereka tak mampu lagi membedakan alasan common sense dengan alasan nonsense.

Katakan Saja Ini Tentang Perjalanan

Melakukan perjalanan jauh akan membuka cakrawala berpikir, hingga kita bisa memandang suatu persoalan dari sudut pandang yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Begitu yang mereka bilang tentang traveling. Pernyataan yang terlalu berlebihan kurasa. Karena kebanyakan orang, melakukan traveling hanya untuk senang-senang. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan pencerahan spiritual ataupun perkara-perkara filosofis lainnya.

Rabu, 01 Agustus 2012

Keberuntungan yang Tak Terhingga

Kamu menginginkan keberuntungan yang tak terhingga, begitu pun dengan diriku. Tapi saya tak sanggup kalau harus mencari keberuntungan yang berasal dari koin leprechaun, semanggi empat serangkai, ladam kuda, dan segala benda takhayul lainnya. Meskipun saya tergila-gila dengan keberuntungan, saya tidak bisa mengikuti ide gilamu yang hendak mengoleksi semua jenis benda takhayul pembawa keberuntungan yang ada di seluruh penjuru dunia.

Refarat Tumor Payudara


 I. PENDAHULUAN

Tumor menurut istilah umum berarti benjolan (pembengkakan) yang tidak normal, misalnya : pembengkakan akibat peradangan/abses, hematoma akibat trauma dan benjolan yang disebut dengan neoplasma. Dalam bahasa kedokteran modern, tumor merupakan suatu lesi/kelainan yang timbul akibat pertumbuhan abnormal dari sel yang bersifat autonom dan menetap walaupun rangsangan penyebabnya telah dihilangkan.

Perubahan Itu Perlu, Jika Kau Percaya

Saat kemarau tahun lalu, kau bilang padaku jika hujan adalah bagian dari dirimu, sehingga selalu ada yang hilang ketika hujan tak kunjung datang. Namun begitu hujan mulai menggila di bulan ini, tiba-tiba saja kau membenci hujan. Kau bilang, hujan hanyalah sumber masalah dan musibah. Lalu kamu pun berharap agar matahari segera menyingsing.

Mungkin Kamu Sudah Terlanjur Gila, sedangkan Aku Masih Normal Seperti yang Dulu

Bosan dengan rutinitas merupakan salah satu tahap menuju kedewasaan,begitu kau bilang padaku. Sejak saat itu, kau pun tak pernah terlihat lagi melintas di hadapanku. Tidak di warung yang sering kau jadikan tempat mengutang rokok, tidak di warnet tempatmu sering bermain game dan mengutang voucher game, dan tidak pula di kamar kos yang sampai sekarang pemiliknya masih bertanya padaku, kapan kau akan pulang untuk bayar tunggakan yang sudah 6 bulan tidak terbayarkan semenjak kau belum menghilang.Kulihat barang-barangmu telah diungsikan ke gudang, dan sudah ada penghuni baru di kamarmu. Gambar Bob Marley, Bob Dylan, dan Bob-Bob lainnya yang dulu sering kau kagumi telah menghilang, tergantikan oleh gambar Lady Gaga, One Direction dan kronco-kronco-nya. Nampaknya penggantimu lebih moderen dibanding kamu.

Tapi sudahlah, tidak usah berpanjang lebar. Sebentar lagi imsak menjelang, dan ada tagihan warnet yang harus dibayar. Di mana pun kau berada saat ini, jangan lupa untuk tetap gila. Karena hanya itu yang bisa membuatku mengenalimu saat kita bertemu nanti.


Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...