Senin, 24 September 2012

Revel with Nostalgia

Saya selalu suka dengan momen mengingat nostalgia ketika melakukannya bersama orang yang cocok, di saat yang tepat. Rasanya seperti menghentikan waktu. Seolah tak ada lagi hari esok. Hanya ada diriku, dirimu, nostalgia, dan saat ini.

Koridor Kenangan. Dulu, kami sering berkumpul di sini. Menanti.

Mereka yang di luar dimensi kita saat ini mungkin takkan pernah mampu memahami rasa seperti itu. Tapi untukmu, tak perlu menerjemahkan apapun. Karena dengan berpandangan saja, kamu akan mengerti segalanya, meskipun bibirku tak mengucapkan apapun.

Sabtu, 22 September 2012

Sisa-sisa Peninggalan dari Forensik: Toraja

Hal yang menyenangkan dari forensik adalah bisa ke Toraja, the land of the kings-tanahnya para raja-raja. Brosur yang bilang begitu. Saya ke sana bersama kawan-kawan dari bagian forensik dalam rangka study tour forensik antropologi. Kami mendatangi pemakaman-pemakaman untuk mencari tulang-tulang. Katanya sih, jenis kelamin, usia, dan suku seseorang tetap bisa diketahui hanya dengan melihat tulang-belulangnya. Untuk itu, semua detail harus diperhatikan. Mulai dari ukuran tulang, lelukan, hingga tonjolan-tonjolan kecilnya. Karena semua informasi tersebut bisa membantu kita dalam proses identifikasi mayat. Oke, cukup bicara teknis.

Biarpun hanya bisa jalan-jalan dari satu makam ke makam lain, overall, ini study tour yang menyenangkan. Karena saya tak harus bertemu zombie, vampir dan sejenisnya.Sayangnya, di sini ada begitu banyak anjing. Dan saya tidak suka sama anjing.

Joke: Enaknya Menjadi Istri Cantik

Joke-joke yang ada di bawah ini diambil dari situs Wahidsan-X. (untuk promosi bd') Bagi yang belum berkeluarga, silahkan di-imajinasikan saja. Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga, jangan dianggap serius. Sekali lagi, ini hanya joke. Tidak ada sangkut pautnya dengan orang yang anda kenali.

Kamis, 20 September 2012

Anticipation Has a Habit to Set You Up

Suka atau tidak, baik atau pun buruk, apapun bentuk dan wujudnya, perubahan akan selalu menghadirkan cultural shock pada orang-orang yang menyaksikannya. Bagi orang yang menjalani perubahan itu, mungkin saja tak ada keanehan dalam proses transformasi seperti itu. Apalagi kalau transformasi tersebut beroperasi dalam mode alam bawah sadar.

Selasa, 18 September 2012

Translator

Setelah dipikir, ditilik, dan dipertimbangkan. Akhirnya, saya memutuskan untuk berhenti dari kerjaan translator komersil. Biarpun penghasilan yang bisa didapatkan lumayan besar. Tapi tidak sebanding dengan kegilaan dan kebosanan yang didapat ketika mengerjakan orderan. Mempelototi topik teksbuk dan jurnal yang itu-itu saja selama berhari-hari bisa membuat akal sehat melayang. Tidak heran kalau banyak ilmuwan tulen yang berkelakuan aneh. Tulisan-tulisan di buku pasti telah menggerogoti common sense mereka.

Peranan Estrogen dalam Kanker Payudara

ESTROGEN KARSINOGENESIS PADA KANKER
PAYUDARA
Melalui
artikel ini, kami akan membahas mengenai penemuan terbaru yang berkaitan dengan
paparan estrogen serta resikonya terhadap kanker payudara, mekanisme yang
mendasari proses tersebut, serta implikasi klinis dari proses itu. Ada banyak
bukti yang mengindikasikan bahwa paparan terhadap estrogen merupakan salah satu
faktor resiko yang penting dalam patogenesis kanker payudara.

Mekanisme
karsinogenesis pada payudara yang disebabkan oleh estrogen mencakup beberapa
hal seperti metabolisme estogen menjadi genotoksik, metabolit mutagenik dan
stimulasi pertumbuhan jaringan. semua hal itu akan menyebabkan mekanisme
inisiasi, promosi, dan progresi karsinogenesis. Pemahaman terhadap mekanisme
terbentuknya kanker akibat estrogen akan membantu kita dalam menentukan
kerentanan seseorang terhadap kanker payudara dan penentuan target baru dalam
intervensi pencegahan serta terapeutik.

Minggu, 09 September 2012

Bye Folks

it's not the place to find composure.

Peacefully

Tidak ada tempat damai di bumi ini. Di segala penjuru hanya ada kebencian. Bahkan dalam agama yang katanya sumber damai justru menjadi sumber pertikaian. Saya tidak pernah mengerti dengan alasan para pemimpin negara yang membuat mereka betah berlama-lama untuk berperang. Saya tidak pernah paham dengan ajaran agama yang menjelek-jelekkan agama lain. Saya tidak pernah sepakat dengan semua jenis kebencian seperti itu. Meskipun saya sendiri, tidak pernah bisa lepas dari kebencian. Tetap saja sulit untuk membenarkan kebencian yang berakhir pada pengrusakan dan pembunuhan.
Sepertinya, damai hanya ada dalam dongeng anak TK.

Sabtu, 08 September 2012

Let It Be: Ketika Mengurus Orang Lain Itu Masalah

Satu pelajaran penting yang saya dapatkan dari kuliah dan terus saya aplikasikan hingga saat ini adalah selalu berupaya agar tidak mengurusi kehidupan orang lain.
Semua orang punya gambaran tersendiri mengenai cara menjalani hidup. Dan mereka memiliki keyakinan bahwa jalan yang mereka pilih adalah jalan paling benar di antara semua jalan yang pernah tercipta di muka bumi ini. Kitab Suci, sabda Nabi dan kebijaksaan-kebijaksaan kuno tidak ada yang benar di hadapan ego mereka. Sehingga upaya untuk mengalihkan jalan tersebut, hanya akan berakhir pada konfrontrasi dan orkes sakit hati.

Powerless



Koridor, 24 November 2009

Mysterious Pastry

You are a pastry that is filled by mysterious cream. Surprising.

Jumat, 07 September 2012

Killing Time

Semoga saja penantian ini tidak membunuhku. It's just killin' time, not suicide.

Kamis, 06 September 2012

September 2009

RKF, September 2009.

Common Sense That You Have

Setelah menonton tayangan televisi hari ini, saya jadi berpikir, seandainya saya punya anak, kira-kira dunia seperti apa yang akan mereka hadapi ketika zaman mereka telah sampai.
Mungkin ini hanya pikiran yang berlebihan karena saya sudah terlalu sering mendengar dan membaca tulisan orang-orang  yang menganggap bahwa dunia yang mereka tempati saat ini sudah terlalu gila. Tapi setelah melihat tayangan televisi hari ini, saya jadi yakin bahwa pembicaraan dan tulisan mereka tidaklah meleset. Dunia memang sudah gila, dan hingga saat ini, hanya segelintir orang yang masih terikat oleh tali kewarasan.

Meeting Place

Dan jika kita benar-benar harus berpisah, pastikan saja kau tidak lupa di mana harus menemukanku ketika kau berniat mengutuk dunia, memujanya, atau bahkan mengacuhkannya, seperti yang biasa kita lakukan dulu.
Kau tahu kan, telepon bekerja dua arah, jadi kapan pun dan di manapun, kau bisa menghubungiku. Atau bila kau sungkan dengan realitas seperti itu, kau dapat memanggilku lewat mimpi. Mungkin di situ kita bisa berbincang lebih bebas, lepas dari segala pretensi dan kepura-puraan seperti yang biasa kita praktekkan.

Rabu, 05 September 2012

Recognition: Square One

Saya mulai bisa mengenali hal-hal dari diriku yang dulu tak pernah bisa kukenali. Kata orang, itu hanyalah sebuah tahapan untuk menuju kedewasaan. Tidak ada yang istimewa dengan hal seperti itu. Semua orang pasti mengalaminya. Adikmu, kakakmu, nenekmu, moyangmu, bahkan mungkin Adam juga mengalaminya. Kita tidak pernah tahu. Karena hal seperti itu hanya terjadi dalam ranah privat. Tidak pernah tersembul, kecuali ada yang membicarakannya. Masing-masing orang punya cerita berbeda mengenai pengalaman seperti ini. Persis seperti iklan indomie, "ini kisahku, bagaimana kisahmu?" Karena masing-masing punya cara sendiri dalam menggambarkannya, gaya yang beda, pola pikir dan latar belakang budaya yang pasti juga beda, maka seringkali pengalaman itu tidak lagi dikenali sebagai suatu "pengalaman yang identik". Dan lahirlah banyak istilah untuk bisa mengenalinya.Ada yang menyebutnya ilham, hidayah, jati diri, atau apalah istilah yang ingin mereka percayai dan yakini.

Senin, 03 September 2012

i won't worry my life away

NOS-pasta-analgesia

Jurnal 3/9/2012

Mungkin hanya perasaanku, sepertinya semua orang lagi gandrung dengan nostalgia.

Efek lebaran, habis pulang kampung, ketemu kawan lama

Sabtu, 01 September 2012

Individualis

Mudah mengkritik, mencela, dan memaki. Tidak perlu kaget. Biasakan. Karena dalam anggapan tiap orang, diri mereka sendiri adalah yang terbaik.
Sepakbola mendapat ruh dari itu. Politik juga begitu. Industri sama persis seperti itu.
Kita butuh orang-orang yang kritis. Tapi sering kali, kita menolak menjadi orang yang terkritik.

Foto Thoraks

Jurnal 8 Agustus 2012

Suatu hari di bulan Ramadhan yang terik, ketika sebuah SMF di RSWS harus pindah-pindah. Terjadilah prosesi angkat-angkat lemari, meja, buku, dan peralatan ATK lainnya. Selama dilakukan dengan hati riang, tak ada yang sulit di dunia ini. Klise, tapi begitulah adanya. Thoraks-thoraks bergembira, bergembira semua. 

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut