Sabtu, 23 Maret 2013

Wisuda 21 Maret 2013

Tidak pernah menyangka bakalan wisuda bulan Maret ini. Padahal sampai Januari yang lalu, saya masih sibuk main game Avenger Alliance, tidak berniat sama sekali menyelesaikan skripsi, apalagi sampai harus mengejar UKDI. Nanti Mei saja baru siapkan UKDI dan wisuda, pikirku waktu itu. Waktunya terlalu mepet dan nyaris tak ada persiapan sama sekali. Tidak sampai 2 minggu batas pengiriman berkas UKDI, sedangkan skripsi dan nilaiku yang terkumpul di akademik belum sampai 50%

Tapi takdir berkata lain. Sebuah pertemuan dengan teman kampus di IKM dan sebuah panggilan telepon di sore hari telah merubah arah hidupku.

Tiba-tiba saja saya tertular ke-hectic-an. Siklus hidupku jadi amburadul. Disorientasi terhadap waktu dan tanggal merah. Rasanya seperti tak ada hari libur. Tiap hari yang kulakukan hanyalah mencari pembimbing skripsi dan mengumpulkan nilai yang belum masuk ke bagian akademik. Nyaris separuh hidupku habis di jalanan Makassar. Saat itu, rumah pertamaku adalah angkot, sedangkan kamar kost hanyalah persinggahan.
Untung saja para pembimbing dan penguji skripsiku adalah dosen-dosen yang baik, serta para staf dan petinggi kampus memiliki begitu banyak kebijaksanaan, sehingga berkas UKDI dan wisuda dapat rampung tepat waktu, nyaris tanpa cela.

Setelah urusan skripsi dan pemberkasan yang hectic pada Januari, di Februari, persiapan UKDI kembali mengalihkan duniaku. Hanya bermodalkan soal-soal zaman dulu, saya menyongsong UKDI. Kerja soal tanpa pernah tahu benar tidaknya jawaban yang telah kupilih sambil tetap bermain Avenger Alliance.

Semua teman yang lain membuat kelompok belajar. Saya juga diajak, tapi tidak berniat ikut dalam kelompok manapun. Perbedaan etos belajar membuatku tidak bisa beradaptasi dengan gaya belajar spartan yang diterapkan oleh teman-teman yang lain. Terus-menerus belajar yang nyaris tanpa jeda, seperti yang diterapkan oleh mayoritas kelompok belajar, bukanlah gayaku. Saya lebih suka belajar sambil menanti mood. Menanti energi kosmis merasuk ke tubuhku, sambil main Avenger Alliance tentunya.

Pertengahan Februari, UKDI.

Pertengahan Maret, pengumuman kelulusan.

Dan tanggal 19 Maret, penyumpahan. Kemudian 21 Maret, wisuda.

Masa kemahasiswaan resmi berakhir.

     


Kebetulan ketemu teman SD di tempat wisuda.

3 komentar:

Fildzah Izzazi Achmadi mengatakan...

hai, skydrugz. udah lama ga nyapa (sbnrnya udah lm ga ngeblog jg dan baru sdr tnyata km komen2 psotinganku.hehe.makasih ya)

udah mau wisuda?waaa waktu berjalan cpt sekali
nanya dong. UKDI itu ujian kompetendi dokter?

haps dw mengatakan...

Selamat selamat... Semoga berkah dan manfaat!

InTheAir mengatakan...

pasti panggilan telpon nya Indira Pratiwi.. *lalalaa~

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...