Rabu, 17 April 2013

Karma Police Slept

Dulu waktu saya masih hijau, seorang teman, yang juga sama hijaunya denganku, melakukan aksi corat-coret di ruang BEM suatu fakultas antah berantah.
Setelah melalui dialektika yang panjang dan melelahkan, pengurus BEM di fakultas itu pun termakzulkan.
Beberapa tahun kemudian, teman yang hijau itu tidak lagi hijau, kita bisa bilang dia sudah merah, coklat, atau pelangi. Intinya, dia merasa lebih matang, dan sudah memegang jabatan di seputaran lingkaran BEM, yang dulu pernah dicoretinya.
Tidak berapa lama menjabat, terjadi lagi huru-hara. Orang-orang yang sebetulnya dikenal tapi tak ingin dikenal kembali melakukan aksi corat-coret di ruang BEM karena merasa tidak puas.
Temanku, mantan hijau yang dulunya jadi pelaku, kini menjadi korban. Kali ini, dia jadi sasaran tembak. Sejak aksi corat-coret itu, teman hijauku yang sekarang matang, sudah jarang terlihat di kampus. Mungkin saja dia kecewa atau takut atau dia sudah punya WiFi pribadi di rumah. Entahlah. Karena kami tak pernah bercakap lagi.

Orang Hindu pernah bilang, karma adalah cara Tuhan untuk memperingatkan manusia bahwa di dunia ini, semustahil apapun kejadiannya, hukum sebab-akibat akan selalu menyertai manusia. Benih yang ditabur itulah yang dituai. Apa yang kita pilih atau lakukan, selalu punya konsekuensi.

Kisah tentang karma dengan sangat apik diceritakan oleh Andrea Hirata pada novel Sang Pemimpi dan Edensor. Meskipun tampak tak nyata, setidaknya novel itu sudah memberi kilasan bahwa Andrea Hirata percaya pada karma.

Banyak yang bilang bahwa aplikasi karma pada dunia nyata jelas tergambar pada tayangan berita TV. Orang-orang yang ditangkapi KPK sekarang katanya para mantan aktivis yang dulunya rajin bikin aksi ganyang koruptor. Tapi apakah itu benar-benar karma? Entahlah. Biarkan masing-masing keyakinan yang menjawabnya.

4 komentar:

NERDina mengatakan...

Tawwa yang kuning mi

Seiri Hanako mengatakan...

kadang juga karma nggak bisa ditebak

Skydrugz mengatakan...

saya biru

Skydrugz mengatakan...

that's right

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...