Rabu, 03 April 2013

Soal Try Out UKDI 2013 part 1


SOAL TRY OUT UKDI 13 JANUARI 2013
Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

1.      Seorang  perempuan usia 50thn datang dengan keluhan kanker payudara stad.3 yang mempunyai harapan hidup sangat kecil. Dokter memberikan terapi melebihi dosis minimal sebagai peringan rasa sakit yang diderita oleh pasien. Pasien mengaku tidak sanggup lagi menerima rasa sakit. Dokter meningkatkan dosisnya agar dapat meninggal dengan tenang. Manakah kaidah dokter yang menjadi bioetik kasus di atas:

2.      Seorang perempuan berusia 22 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan timbul kutil di kemaluan sejak kurang lebih 5 bulan yng lalu. Keluhan ini semakin lama semakin memberat. Apakah kemungkinan penyebab pasien ini :
A.    Herpes simpleks
B.     Human papiloma virus
C.     Kandida Albicans
D.    Neissheria gonore
E . chlamydia trachomatis

3.      Sesosok mayat di antar ke RS oleh peyidik pada permintaan visum ditemukan bahwa mayat ditemukan terapung dipinggir sungai. Pada pemeriksaan luar ditemukan lidah terjulur dan luka lebam, dan dari kedua lubang hidung keluar buih putih. Didapati kedua tangan menggenggam pasir. Pada pemeriksaan dalam dijumpai lumpur dan pasir pada saluran nafas bagian bawah. Apakah penyebab kematian pada pasien tersebut :
A.    Gagal napas
B.     Hemolisis eritrosit
C.     ………………..
D.    Masuknya cairan kesaluran napas
E.     Masuknya pasir kedalam saluran napas

4.      Seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dibawa kedua orang tuanya dengan keluhan kejang sekujur tubuh sejak 1 jam yang lalu, 3 hari sebelumnya demam tinggi setelah diberikan antipiretik baru kejang berhenti. Pada pemfis didapatkan temperatur 40, GCS 4, pemeriksaan LCS ditemukan cairan jernih,....negatif,.....positif,ringan per10 desiliter. Apakah kemungkinan diagnosis ?
a.       Meningitis viral
b.      Meningitis tb
c.       Ensefalitis
d.      Tumor otak
e.       Epilipsi

5.      Seorang perempuan berusia 17 tahun dtng ke praktek dokter dengan keluhan bab darah disertai lendir 1 hari yang lalu. Frekuensi 5 kali perhari, pada pemerikasaan feses ditemukan konsistensi encer, darah +, lendir +, pada pemeriksaan mikroskopik ditemukan protozoa bentuk hemogloid berisi eritrosit dan sitoplasma. Apakah terapi medika mentosa di berikan kepada pasien ?
a.       Ketokonazole
b.      metronidazole
c.       kloramfenikol
d.      itrokonasol
e.       asiklovir

6.      seorang laki2 berusia 50thn dirawat di icu selama 3 hari akibat stroke disertai dengan penurunan kesadaran.pasien diberikan bantuan pernapasan melalui ventilator. Pada hari ke4 perawatan di icu dijumpai demam leukosit meningkat 20.000, thoraks infiltrat dikedua paru. Apakah kemungkinan diaGNOsis pada pasien diatas :
a.       pnemonia  komunitas
b.      pneumonia nasookomial
c.       pneumonia aspirasi
d.      pneumoni immunokompromise
e.       pneumoni atypical

7.      seorang pria berusia 30thn dtng kepoli dengan keluhan gatal2 dan bengkak paDA KULIT sekujur tubuh tiap pagi hari sejak 2mnggu terakhir. Keluhan ini tidak disertai dengan bengkak pada wajah. Pemfis ditemukan ruang eritem purpura................. terapi yang pling tepat diberikan pada pasien tersebut ?
a.       antihistamin
b.      kortikosteroid
c.       anti histamin  + kortikosteroid
d.      antihistamin 1 + 2
e.       ..............

8.      Seorang perempuan berusia 21 tahun datang ke praktek dgn keluhan nyeri ulu hati pada jam2 makan dan menghilang setelah mengkonsumsi makanan.pemfis tdk ditemukan kelainan. Apakah sediaan yang paling tepat digunakan untuk pasien ?
a.       Antasida
b.      Antikolinergik
c.       Antispamodik
d.      Agonis reseptor h2
e.       PPI

9.      Seorang wanita 15 tahun kepoli dengan nyeri cuping hidung sejak 1 hari yang lalu. Setelah megorek hidung dengan jari sendiri. Pasien juga mengeluh demam dan sakit kepala. Pilek dan hidung tersumbat tidak ada.pada pemfis tampak benjolan kecil seperti beras kemerahan , nyeri tekan positif. Apakah diagnosapada kasus di atas ?
a.       Selulitis
b.      Furunkelis
c.       Abses hidung
d.      Polip nasi
e.       Abses septum

10.  Seorang perempuan berusia 50 tahun dengan nyeri didaerah tulang punggung sejak 1 thn yng lalu. Dari anamnesis pasien didapatkan menopause sejak 3 tahun yng laalu. Unttuk mengurangi nyeri pasien mnum obat gol.steroid yang dibeli bebas. Pdpemeriksaan fisis ditemukan gibbus pada tulang punggung, pd vewrtebra didapatkan fraktur kompresi cv.lumbal 3-4. Diagnosisnya adalah ?
a.       Osteoporosis senilis
b.      Osteoporosis primer
c.       Osteoporosis sekunder
d.      Osteoporosis tersier
e.       Osteoprosisis idiopatik

11.   Seorang lelaki berusia 20 thn masuk ke UGD rs dengan kLL sepeda motor. Pada pemfis di temukan fraktur terbuka 1/3 distal femur. Dilakukan tindakan operasi, tiga hari kemudian ditemukan tungkai tampak bengkak, merah disertai pus. Dokter menyarankan uji kultur dan sensitivitas. Apakah uji yng cocok dilakukan pd pasien diatas?
a.       Darah dari vena cubiti
b.      Potongan tulang yang fraktur
c.       Kain kasa penutup luka
d.      Pus Diambil dari tempat luka
e.       Usapan swab kulit disekitar luka op

12.  Laki2 usia 35 thn datang kepuskesmas dgn keluhan bernanah dan tdk sembuh2 dikaki kanan sejak 2 mnggu yng lalu. Dpkter memberikan suntik penisilin,tapi mendadak TD 70/50, nadi lemah, muka pucat, berkeringat dingin. Apakah obat yang harus pertama kali diberikan ?
a.       Amfetamin
b.      ....................
c.       Asetil kolin
d.      Efedrin
e.       Epinefrin

13.  Seorang anak berusia 8 thn dibawa ibunya ke praktek dokter dengan keluhan sakit perut terutama pada kanan bawah sejak2 hari terakhir. Anak jg tdk Bab. selama 1 mnggu ini Demam makin lama makin meningkat, jg disertai dengan nyeri menelan. Pemfis ditemukan kesadaran composmentis, temp.39, disertai ruam makula papul hilang dengan tekanan, hepar membesar dan perut terlihat tegang. Apa diagnosis paling mgkn pada pasien trsebut ?
a.       Campak
b.      Demam tyfoid
c.       Varicella zooster
d.      Ar......
e.       Dbd denguE

14.  Seorang perempuan berusia 44 thn dtng kepuskesmas dgn keluhan demam sejak 4 hr yng lalu. Pemfis di dapatkan tonsil hiperemis, sampel diambil dgn swab pada tonsil,hasil perbandingan swab pada meDia menggunakan agar darah. Setewlah 24jam ditemukan.......berbentuk bulat kecil.permukaan koloni rata dan dapat perubahan pada media zona bening disekitar tumbuhx mikroba. Ada jg koloni yng tdk membentuk .spesies hasil pewarnaan gram terlihat berwarna ungu dengan formasi bakteri seperti kalung uji katalase negATIF. Apakah penyebab infeksi pada pasien trsebut ?
a.       Streptococcus viridan
b.      Streptococcus agalactia
c.       Streptococcus pnemonia
d.      streptococus  pyogenis
e.       streptococcus mutan

15.  seorang anak perempuan berusia 4 tahun dibawa ke UGD rs dengan keluhan sulit bernapas. Pasien tdk pernah mendapatkan imunisasi. Pada pemfis diperoleh temp.37,5. Pernapasan stridor inspiratoir, dan adanya selaput berwarna putih keabuan diskitar mulut yang jika diangkat akan berdarah. Apakah penyebab paling mngkin pada kasus diatas ?
a.       korine bakterium difteri
b.      haemofilus influensa
c.       candida albicans
d.      staphylococus aureus
e.       streptococus beta hemoliticus

16.  anak laki2 berusia 12thn dibawa ke ugd rs dengan keluhan mulut sulit di buka disertai kejang. Setelah kejang pasien sadar. Dari anamnesis diketahui 1mnggu sebelumnya kakinya tertusuk duri saat bermain. Pd pemfis ditemukan kesadaran membaik, suhu 37,3 bb: 32kg, nadi 80, pernapasan 26. Ditemukan spasme otot-oto muka. Uji yng dapat digun akan sebagai dasar diagnosa te3s untuk kasus diatas adalah ?
a.       tes refleks
b.      tes spatula
c.       tes musculo
d.      tes neuromotorik
e.       tes neurosensori

17.  seorang perempuan berusia 25thn dtng ke pkm dgn KU telinga kanan dirasakan penuh disertai penurunan pendengaran sejak turun dari pesawat 3 hari yng lalu. Batuk pilek tidak ada, pada pemeriksaan otoskopi ditemukan telinga kanan membran tympani retraksi, cahaya negatif,........,kemungkinan diagnosa ?
a.       oma st.supurasi
b.      OMA st.hiperemkis
c.       OME akut
d.      .....
e.       OME kroniks

18.  Seorang laki2 56 thn dgn riwayat sakit dm tipe 2 ke ugd rs dgn keluhan sesak napas demam tinggi, menggigil dan,batuk berdahak sejak 2 hari yng lalu. Riwayat merokok 2 bungkus perhari sejak 20 thn yng lalu dan peminum Alkohol berat. Pada pemfis didapatkan suhu 40,2 nadi :130, pernapasan 48, TD 103/60. Perkusi paru pekak dan bunyi napas......pada lobus kiri bawah.pada foto thoraks didapatkan adanya infiltrat pada lobus kiri bawah. Diagnosa paling sesuai pasien ?
a.       Bronciolitis
b.      Tb paru
c.       PPOK menahun
d.      Pneumoni komunitas
e.       Pneumothoraks

19.  Seorang laki2 berusia 13 thn ke poli rs dgn keluhan pusing saat bangun tidur ruangan terasa berputar disertai Mual dan muntah, keluhan berkurang saat duduk sesaat.seminggu sebelumnya pasien riwayat KLL saat itu kepalanya terbentur dan memar. Tidak ada gangguan kesadaran. Tidak ada keluhan pendengaran dan sakit kepala.apakah kemungkinan Diagnosa pasien ?
a.       Contusio serebri
b.      Commusio serebri
c.       BPPV
d.      Vertigo sentral
e.       Vertigo investibular

20.  Seorang laki- laki 50 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan nyeri dada sejak 2 jam yang lalu, pasien mengeluhkan nyeri dada seperti terbakar yang menjalar hingga ke punggung, terus menerus dan semakin bertambah sakit. Nyeri dada baru pertama kali dirasakan, disertai dengan muntah 2x, dan keringat yang membasahi seluruh tubuh. Pada pemeriksaan fisik didapatkan T 110/70 mmHg, denyut jantung 75 batas nilai normal. EKG seperti dibawah. Apakah diagnosis yang tepat?
a.       Gelombang ST elevasi,turun pada lead 2
b.      Nstemi dengan iskemik miokard lateral
c.       Akut inferior STEMI
d.      Perikarditis akut
e.       Akut anterior STEMI

21.  Seorang laki- laki 1 bulan dibawa ke UGD dengan keluhan keluar kemih di pusat, keluhan ini dialami sejak 1 minggu sebelumnya keadaan ini dialami bila bayi menangis dan mengedan. Pada pemeriksaan fisik dijumpai tanda vital dalam batas normal, ditemukan lubang pada daerah umbilicus. Apa kelainan anatomi yang mungkin dijumpai pada bayi tersebut?
a.       Ductus stenosis persisten
b.      Ductuc Mullar persisten
c.       Ductus Walk persisten
d.      Sinus urogenitalal persisten
e.       Sinus uratus persisten

22.   Seorang bayi laki- laki berusia 3 bulan dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan muntah dan mencret sejak 3 hari yang lalu, dari anamnesis diketahui bahwa beberapa hari sebelumnya diberikan susu formula selain ASI.Pada pemeriksaan fisik diperoleh Nadi 170x/menit pernafasan 50x/i, suhu 38,8 T: 60/30     ...6,1   ubun- ubun terasa cekung dan abdomen menunjukkan ..... CRT memanjang, kateterisasi menunjukkan tidak ada kantoing kemih. Lab Na 172, K 5,3 Cl 148, bikarbonat 8, BUN Ur 72, Apakah penatalaksanaan terbaik untuk pasien ini?
a.       Infus dextrosa 5% diikuti rehidrasi 4 jam berikutnya
b.      Infus dextrosa 5 % + rehidrasi 4 jam
c.       Infus NaCl 0,9% diikuti rehidrasi 4 jam berikutnya
d.      Infus NaCl 0,9% diikuti rehidrasi 24 jam berikutnya
e.       Rehidrasi 48 jam tanpa pemberian bolus apapun

23.  Seorang anak laki- laki berusia 50 tahun, tertelan biji salak sehingga tiba- tiba pasien tidak dapat bernafas dan mukanya membiru. Apakah tindakan yang paling tepat dilakukan pada kasus diatas?
a.       Kronoskopi manuver
b.      Trachea manuver
c.       Tracheostomi
d.      Hemlick manuver
e.       Intubasi
24.  Pasien 57 tahun datang ke praktek dokter dengan keluhan sesak napas, keluhan ini sebenarnya sudah dialami sejak 1 tahun terutama ketika sedang beraktivitas namun semakin memberat seminggu terakhir, batuk disertai dahak terutama  batuk di waktu pagi hari, pasien tidak mengalami demam, pasien memiliki kebiasaan merokok 2 bungkus perhari sejak 7 tahun yang lalu. Dari pemeriksaan fisik didapatkan suara napas melemah terkesan ekspirasi memanjang. Foto thorax ditemukan adanya infiltrasi paru, diagnosa
a.       Asma bronkiolitis
b.      Bronkiektaksis
c.       PPOK
d.      Panyakit paru jantung kronis
e.       ……………………………………

25.  Seorang anak laki- laki, 11 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan keluar dartah dari lubang hidung kanan sejak 1 jam yang lalu. Pasien memng sudah menderita demam sejak 4 hari yang lalu,pada pemeriksaan fisik keadaan umum sedang TD 128 denjut jantung 80 suhu 39. Dari cavum nasi dextra tampak darah merembes. Apakah tindakan pertama yang harus dilakukan pada pasien di atas?
a.       Transfusi darah
b.      Pemasangan tampon anterior
c.       Pemberian obat hemostatik
d.      ....
e.       Kaustik sumber perdarahan

26.  Seorang anak perempuan berusia 4 tahun di bawa ibunya ke puskesmas dengan anak kurus,cengeng selalu terlihat lemas. Muntah tiap kali makan. Pada pemeriksaan fisik ditemukan TB 90 BB 12 kg, otot hipertrofi, jaringan subcutan tipis, edema dorsum pedis. Berapa kalori yang dibutuhkan pada kasus pasien inio
a.       500 kilo kalori
b.      750 kilo kalori
c.       860 kilo kalori
d.      960 kilo kalori
e.       1100 kilo kalori

27.  Seorang perempuan berusia 50 tahun ke poliklinik RS dengan keluhan adanya bintil- bintil berair berisi cairan pada pinggang kiri sejak 3 hari yang lalu, pasien juga mengeluh nyeri pada daerah tersebut. Pada pemeriksaan fisik ditemukan vesikel berkelompok dengan makular eritem pada sisi kiri setinggi torakal. Apa diagnosa?
a.       Varicella
b.      Herpes zooster
c.       Moluskum Contangiosum
d.      Pemfigoid bullosa
e.       Impetigo bullosa

28.  Seorang perempuan berusia 50 tahun ke poliklinik RS dengan keluhan adanya bintil- bintil berair berisi cairan pada pinggang kiri sejak 3 hari yang lalu, pasien juga mengeluh nyeri pada daerah tersebut. Pada pemeriksaan fisik ditemukan vesikel berkelompok dengan makular eritem. Komplikasi yang sering terjadi pada kasus tersebut?
a.       …………………..
b.      Endokarditis
c.       Gastritis
d.      Glomerulonefritis
e.       Neuralgia

29.  Seorang perempuan berusia 18 tahun mengaku diperkosa oleh 2 lelaki kurang 1 jam yang lalu kejadian di sebuah rumah kosong di pinggiran kota, sebelum dipersetubuhi pasien diberi minum oleh pelaku dan pasien tidak sadar saat kejadian. Korban langsung datang ke dokter untuk pengobatan. Saat datang korban masih menggunakan pakaian yang sama dari TKP. Korban mengalami depresi yang hebat. Apa tugas dokter pada kasus diatas adalah?
a.       Membuktikan adanya perkosaan
b.      Membuktikan adanya pencabulan
c.       Membuktikan adanya Pelecehan sexual
d.      Membuktikan adanya persetubuhan dan kekerasan
e.       Membuktikan adanya perkosaan yang disertai pencabulan

30.  Seorang perempuan berusia 60 tahun dibawa ke UGD RS dengan keluhan lemah pada lengan dan tungkai kanan serta tidak bisa bicara sejak bagun tadi subuh 5 jam yang lalu. Keluhan ini tidak disertai muntah, kejang dan nyeri kepala. Pasien mempunyai riwayat tekanan darah tinggi sejak 7 tahun terakhir, kencing manis sejak  5 tahun yang lalu selama ini berobat tidak teratur. Pada pemeriksaan tansda vital didapatkan compos mentis, T 161, nadi 72x/i, p. 20x/i, suhu 36,8. Pemeriksaan status neurologi tanda- tanda rangsang meningeal (-), parese nervus 7 kanan sentral. Parese dextra dengan keluhan kekuatan 2, Refleks fisiologis +/+, refleks patologis +/-, afasia motorik (+). Apa diagnosa ?
a.       Strok perdarahan intraserebral
b.      Strok perdarahan subarahnoid
c.       Strok Infark otak
d.      Strok lakunar
e.       Ensefalopati Hipertensi

31.  Seorang anak laki- laki, berusia 13 tahun dibawa ke UGD RS karena mengalami KLL, pasien terlempar dari kursi duduk dimobil yang ditumpanginya, kepala membentur kaca mobil. Pada saat sampai di UGD sekitar  4 menit setelah kejadian pasien tidak responsif dengan ...... bradikardi, tulang leher kaku. Pada pemeriksaan fisis dijumpai afebris, pernapasan ireguler dengan menggunakan ventilator. Tampak luka didekat ditelinga dan kontusio luas di dahi tapi tidak ada tanda- tanda luka trauma, dengan rangsang nyeri pada wajahnya memperlihatkan menyeringai tetapi tidak ada respon pada rangsangan anggota geraknya. Pemeriksaan neurologis dijumpai  pupil isokor dan bereaksi dengan rangsang cahaya, dijumpai refleks kornea bilateral tetapi tidak dijumpai refleks muntah, tonus otot secara bermakna menurun dan  ektremitas superior dijumpai arefleksia termasuk kontraksi abdominal. Pada RT tidak ada tonus dan refleks anal. Apakah kemungkinan diagnosa yang paling mungkin?
a.       Komusio cerebri
b.      Kontusio cerebri
c.       Hematom epidural
d.      Hematom subdural
e.       Laserasi
32.  Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke UGD dengan keluhan hidung berdarah disertai demam sejak 5 hari terakhir. Selama sebulan ini pasien terlihat   Pucat dan lemas dan sepertinya belum pernah dialami pasien. Pada pemeriksaan fisik didapatkan anemis, suhu 38,5, hepatosplenomegali, pemeriksaan laboratorium menunjukkan HB 4,5 leukosit 15.000, HCT 35  Trombosit 40.000. Apakah diagnosa yang paling mungkin?
a.       Malaria
b.      Leukimia akut
c.       Anemia aplastik
d.      Kanker nasofaring
e.       ITP

33.  Seorang laki- laki berusia 46 tahun datang ke UGD RS untuk memeriksakan dirinya karena kekhawatiran akan mengidap diabetes melitus seperti ibunya. Pada pemeriksaan fisik ditemukan TB 164, BB 79, tanda- tanda vital dan hail pemeriksaan fisik lainnya dalam batas normal. Apakah pemeriksaan yang paling dianjurkan bagi pasien?
a.       Pemeriksaan TTGO
b.      Hba1c
c.       GDP
d.      GDS
e.       Insulin sewaktu

34.  Seorang perempuan usia 20 tahun G3P2A0 usia kehamilan 10 minggu di bawa ke UGD RS karena keluar gumpalan darah dari vagina 2 jam yang lalu sebelumnya, sebelumnya pasein meresakan sakit perut dan mulas- mulas, pada pemeriksaan fisik tekanan darah normal, tanda vital dalam batas normal, laboratorium normal. Apakah pemeriksaan yang dilakukan untuk pasien tersebut?
a.       Kuretase
b.      Antibiotik
c.       Uterotonika
d.      Transfusi darah
e.       Pemenuhan cairan

35.  Seorang perempuan berusia 35 tahun P3Ab0 diantar keluarganya ke puskesmasdengan keluhan perdarahan belum berhenti setelah melahirkan 2 minggu yang lalu. Tanda vital dalam batas normal, pada palpasi didapatkan uterus lembek, fundus uteri teraba 3 jari diatas simfisis, pemeriksaan inspekulo dinding vagina dalam batas normal, serviks normal, tampak darah merembes keluar dari OUE. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan HB 9, leukosit 7800, trombosit 255000. Apakah kemungkinan penyebab perdarahn pada paseien tersebut?
a.       Laserasi jalan lahir
b.      Kelainan pembekuan darah
c.       Involusio uterus
d.      Sisa plasenta
e.       Infeksi nifas

36.  Suatu penelitian yang didokumentasikan oleh British medical journal 2002, dengan menggunakan design prospektif, randommise rayon menyatakan adanya pengaruh makan es krim terhadap etiologi terjadinya sakit kepala. Hasilnya adalah sebagai berikut.

(+)
(-)
TOTAL
Es krim
20
53
73
Headache
9
63
72
TOTAL
29
116
145





Berapa peran faktor ..... pada penelitian tersebut?
a.                   2,2
b.                   2,9
c.                   4,4
d.                  4,8
e.                   6,8

37.   Seorang laki- laki berusia 65 tahun dibawa keluarganya ke poliklinik RSJ dengan keluhan sering sekali lupa jaln pulang kerumah, kesasar sejak 2 bulan yang lalu. Akhir- akhir ini pasien juga lupa mandi dan tidur, dan tak mengenali anggota keluarganya lagi. Tidak ada riwayat trauma dan kejang. 3 bulan sebelumnya penderita menderita strok, sebelum menderita strok penderita sudah sering lupa apa yang dikerjakannya setelahmnya pasien mengalami kelemahan separuh tubuh kanan. Apakah diagnosis paling mungkin pada kasus di atas?
a.       Demensia
b.      Kontusio cerebri
c.       Strok hemoragik
d.      Tumor otak
e.       Depresi

38.   Seorang laki-laki berusia 59 tahun dibawa UGD dengan keluhan nyeri kepala yang sangat hebat sejak 5 hari belakangan, keluhan ini disertai dengan muntah, kelemahan anggota  sebelah kiri dan tampak mengantuk. Kelemahan anggota gerak sebelah kiri dirasakan sejak 1 bulan yang lalu semakin lama semakin memberat. Dua bulan yang lalu, pasien pernah terjatuh dengan posisi kepala terbentur ke lantai, lalu pingsan selama 5 menit. Dari pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran somnolen, TD 130/80mmHg, parese N fasialis kiri sentral, hemiparese kiri reflex patologis (+) pada sisi kiri. Apakah penyebab yang paling memungkinkan apabila pasien tersebut meninggal  pada kasus di atas:
a.       nyeri kepala hebat,
b.      edema otak
c.       herniasi otak
d.      gangguan jalan nafas
39.  Seorang laki 37 thn dtg ke praktek dokter  dengan keluhan badan terasa letih,disertai  mual dan muntah sejak 6 bulan lalu. Dari anamnesis didapatkan, pasien pernah memakai  narkoba  terutama heroin.  Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD 180/100 mmHg. Hb 9,7. Proteinuria ++, ditemukan azotemia. Biopsy ginjal didapatkan obliterasi glomerulus, glomerulus berisi massa eosinofilik, hyalinosis, disertai atrofi tubulus. Pemeriksaan dengan mikroskop electron didapatkan deposit  IgM dan C3 di area sklerotik. Apa diagnosis pasien ini?
a.       pyelonefritis kronik
b.      glomerulus nefritik konik
c.       nekrosis papiler
d.      glomerulus nefritik krisentif
e.       glomerulopathy membranosa

40. Pasien berusia 30 tahun dating ke poli RS keluhan gatal-gatal dan bengkak-bengkak pada seluruh tubuh setiap pagi hari yang dialaminya sejak 2 minggu terakhir. Keluhan ini tidak disertai bengkak pada wajah. Pada pemeriksaan fisik diperoleh ruam kemerahan dan edema berupa plak  berukuran numular. pemeriksaan apakah untuk membantu  menegakkan diagnosis kasus di atas
a.       prick test
b.      sam test
c.       ice cube test
d.      scratch test
e.       kolinergik test

41.  Seorang laki 50 tahun dtg ke pkm dengan keluhan badan sering mudah lemah sejak 2 bulan lau pasien juga sering mengeluh sering buang ar kecil dan badan pegal2 dan sering kesemutan. Ayah pasien menderita kencing manis. Bb 80 kg, TB 155 kg. apakah diagnosis pasien tersebut?
a.       DM tipe 1
b.      DM tipe 2
c.       DM insipidus
d.      Gagal jantung
e.       Gagal ginjal

42.  Seorang perempuan 31 tahun dtg ke PKM dengan keluhan punggung kaki bengakak merah yang disertai gatal sejak 1 minggu yang lalu. Kelainan mulai dirasakan sejak memakai sandal jepit baru berbahan kulit 2 minggu yang lalu. Setiap memakai sandal tersebut dirasakan gatal yang semakin hebat disertai kelainan kulit yang semakin nyata. Pasien telah mengobati dengan ramuan traditional tapi tidak ada perbaikan. Apakah diagnosisi yang paling sesuai?
A. dermatitis nummular
B. dermatitis kontak alergi
c. dermatitis kontak eritema
d. dermatitis atopic
e. dermatitis seboroik

43.  Seorang anak laki-laki berusia 6 bulan dibawa ke pkm dengan keluhan sering berkemih sejak 1 minggu. Pasien juga demam yang hilang timbul sehingga sering menangis. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan. Pada urinalisis ditemukan leukosit 3-5/lapangan pandang. Apakah penyebab yang paling sering dari kasus di atas?
a.       Uretritis persisten
b.      Reflex vesikoureter
c.       Urolithiasis
d.      Gangguan neurologis

44.  Perempuan 35 thn dating ke PKM untuk konsultasi kehamilan , pasien sudah menikah selama 5 tahun tapi belum dikarunia anak, selama konsultasi pasien hanya tertunduk dengan tangan diremas-remas, nada datar, bicara tersendat-sendat, seperti ada yang ingin disampaikan. Apakah respon yang paling tepat  terhadap pasien ini?
a.       Sebaiknya kita diskusi lain waktu saja
b.      Masih banyak pasien yang menunggu di luar
c.       Meminta pasien untuk ke dokter ahli saja
d.      Mengarahkan ibu untuk menyampaikan keluhannya
e.       Banyak orang lain yang mengalami hal yang sama

45.  Laki-laki 29 tahun dtg ke praktek dokter kedokteran keluarga  dengan keluhan penuh di telinga kanan sejak 3 hari yang lalu setelah membuang ingus keras. Pasien juga mengeluh pendengaran berkurang tapi tidak disertai dengan telinga berdengung ataupun keluar cairan dari telinga. Sejak 5 tahun yang lalu, jika pasien beringus keluar cairan jernih, bersin-bersin dan hidung tersumbat bergantian. Pemeriksaan apakah yang perlu dilakukan untuk mengetahui etiologi kasus ini?
a.       Audiometric
b.      Timpanometri
c.       Skin prick test
d.      Ronsen mastoid
e.       Kadar eosinofil

46.  Perempuan 35 thn dtg ke pkm dgn keluhan bercak2 putih di lengan dan punggung sejak 2 minggu lalu. Bercak tersebut terasa gatal terutama bila berkeringat. Pada pemeriksaan fisik ditemukan macula hipopigmentasi berbatas tegas dan berskuama. Apakah mikroorganisme penyebab keluhan di atas?
a.       Mycobacterium lepra
b.      Microsporoo uncanis
c.       Neisseria furfur
d.      Candidiasis albican
e.       Staphylococcus aureus

47.  Laki 54 thn dtg ke pkm dengan keluhan keluar tetesan nanah dari ujung kemaluannya. Nanah berwarna kekuningan itu jelas menempel di celana dalam pasien. Beberapa hari yang lalu, pasien bersama temannya ke daerah lokalisasi PSK. Apakah kemungkinan penyebab paling tepat pada kasus di atas?
a.       Staphylococcus aureus
b.      Neisseria …
c.       Streptococcus viridans
d.      Traponema pallidum
e.       N. Gonorea

48.  Perempuan 45 thn dtg ke praktek dokter dengan keluhan nyeri pada daerah pipi sejak 4 hari yang lalu. Serangan nyeri ini muncul sering, sewaktu, dan spontan, terasa  seperti ditusuk, tersetrum dan terbakar selama beberapa detik sampai 2 menit. Nyeri ini bertambah hebat saat membasuh muka dan menggosok gigi. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan. Saraf kelainan yang mengalami kelainan pada kasus ini adalah :
a.       N. opticus
b.      N. olfactorius
c.       N. trigeminus
d.      N. Abduscen
e.       N. occulomotorius

49.  Seorang perempuan 40 thn datang ke poliklinik dengan keluhan cemas dan jantung berdebar-debar disertai rasa pusing dan melayang serta dingin ujung tangan dan kaki. Pasien sudah berobat ke dokter spesialis jantung dan dikatakan tidak ada masalah pada jantungnya. Keluhan ini mulai dirasakan sejak suaminya mengalami PHK 2 tahun yang lalu,  rasa cemas ini semakin bertambah jika anak dan suaminya belum pulang ke rumah sehingga pasien menelfon mereka berkali-kali. Rasa cemas ini dirasakan sepanjang hari.  Kemungkinan diagnosis kasus ini adalah :
a.       Gangguan campuran anxietas dan depresi
b.      Gangguan panic dengan aurafobia
c.       Gangguan panic tanpa aurafobia
d.      Gangguan cemas menyeluruh
e.       Gangguan obsesif kompulsif

50.  Anak laki-laki 10 tahun dibawa org tuanya ke praktek dokter umum dengan keluhan kejang seperti menyentak-nyentak pada seluruh tubuh sejak 10 menit yang lalu selama  10 menit. Pasien tidak sadar, keluar busa dari mulut. Ini merupakan serangan ketiga dalam 1 tahun terakhir. Orang tua menyangkal trauma kepala, demam sebelum serangan, dan nyeri kepala pada saat ini. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan. Dimanakah lokasi lesi yang paling sering terjadi pada proses  ini :
a.       Lobus frontal
b.      Lobus temporal
c.       Lobus parietal
d.      Lobus occipital
e.       Semua lobus otak

51.  Perempuan 30 tahun dtg ke pkm dengan keluhan perdarahan per vaginam, hilang timbul sejak satu bulan terakhir. Pasien telah melahirkan anak 2 kali. Pasien tidak memiliki riwayat KB, tidak memiliki riwayat terlambat haid. Pada pemeriksaan tanda vital dbn.  Pemeriksaan inspekulo didapatkan darah mengalir dari ostium uteri eksternum. Pemeriksaan bimanual didapatkan  uterus anteflexi, kesan membesar, bentuk biasa, kenyal,  kedua adnexa tidak teraba. Diagnose yang mungkin :
a.       Mola hidatidosa
b.      Kehamilan ektopik terganggu
c.       Perdarahan uterus disfungsional
d.      Kanker mulut rahim
e.       Hyperplasia endometrium

52.  Laki-laki 69 thn dibawa ke UGD dengan keluhan nyeri kepala hebat sejak 5 hari belakangan ini yang disertai mual dan muntah, lemah anggota gerak sebelah kiri dan mengantuk. Kelemahan anggota gerak sebelah kiri dirasakan sejak 1 bulan yang lalu dan semakin lama semakin berat. Dua bulan yang lalu, pasien pernah terjatuh dengan posisi kepala terbentur ke lantai, lalu pingsan selama 5 menit. Dari pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran somnolen, TD 130/80mmHg, parese N fasialis kiri sentral, hemiparese kiri, reflex patologis (+) pada sisi kiri. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien di atas?
a.       Stroke hemoragik
b.      Perdarahan epidural
c.       Perdarahan subarachnoid
d.      Perdarahan intraserebral
e.       Perdarahan subdural

53.  Anak perempuan 3 thn dibawa ibunya ke pkm dengan keluhan batuk berdahak sejak 1 minggu yang lalu . Ibunya khawatir karena ayah pasien menderita tuberculosis paru dengan sputum BTA (+). Pada pemeriksaan fisik normal, foto thorax tidak ditemukan kelainan, scoring TB anak 3. Penatalaksanaan yang tepat untuk pasien ini adalah:
a.       Obat anti TB pasien  …
b.      INH selama uji tuberculosis (+)
c.        INH profilaksis selama 6 bulan
d.      Obat anti TB 2 macam
e.       Obat anti TB ….

54.  Anak laki2 5 tahun dtg ke praktek dokter dengan keluhan gatal pada lipatan paha sejak 2 minggu ini. Pada pemeriksaan fisik didapatkan lesi di skrotum hingga lingkar paha,  lesi ini kering dan didapatkan vesikel2 kecil  kemerahan di pinggirnya. Apakah jenis specimen yang dinilai untuk menegakkan diagnosis kasus di atas?
a.       Swab lesi
b.      Kerokan tengah lesi
c.       Kerokan pinggir lesi
d.      Biopsy lesi
e.       Serum

55.  Laki2 40 th dtg ke poliklinik dengan demam sejak 4 hari lalu dengan menggigil. Pasien juga diare sejak 2  hari yang lalu 3 kali sehari, lendir dan darah (-) . Pada pemeriksaan fisik didapatkan nyeri tekan perut kanan atas. Apakah kemungkinan diagnosis :
a.       Abses hati
b.      Malaria
c.       Demam tifoid
d.      Disentri basiler
e.       Kolera

56.  Laki2 23 thn dibawa ke UGD krn tidak sadar akibat ditabrak lari. Keadaan umum lemah,  Kehilangan banyak darah. Kaki tangan hancur dan harus segera diamputasi. Tidak ada satupun keluarga pasien yang ada saat itu. Dokter memutuskan untuk  melakukan amputasi. Kaidah bioetik yang sesuai dengan kasus di atas yaitu:
a.       beneficience
b.      non mal….
c.       autonomy
d.      justice
e.       confidential

57.  Anak laki2 15 tahun dibawa ke praktek dokter dengan keluhan gatal2 di seluruh tubuhnya sejak 3 hari yang lalu. Gatal sdh diarasakan sejak 2 minggu ini dan memberat dalam 3 hari ini, terutama di sela jari, pergelangan tangan dan sekitar pusat. Gatal dirasakan terutama di malam hari. Adik pasien juga merasakan keluhan yang sama. Pada pemeriksaan fisik didapatkan terowongan, papil dan vesikel di ujung terowongan, dan ekskoriasi. Pada kerokan kulit didapatkan tungau. Bagaimanakah mekanisme penularan penyakit ini:
a. melalui makanan
b. melalui minuman
c. melalui gigitan serangga
d. melalui kontak langsung
e. melalui inhalasi

58. Anak laki2 12 tahun dibawa  oleh ibunya ke poliklinik dengan keluhan demam tinggi terutama pada sore hingga malam hari, pasien juga mengeluh nyeri kepala dan nyeri perut, disertai mual dan muntah, BAB  encer 3x/hari . pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien apatis, nadi 88x/menit, pernapasan 22x, suhu 38. Lidah kotor, kulit kering, jantung paru dbn. Hepar ¼ 1/4 , lien S1. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada kasus ini?
a.       Demam tifoid
b.      Demam berdarah dengue
c.      Malaria          
d.      Appendisitis akut
e.       gastroenteritis

59.  Laki2 35 tahun dan istrinya 34 tahun dating ke poliklinik RS dengan keluhan tidak punya anak walaupun sudah menikah selama 7 tahun. Saat usia 2 tahun pernikahan, istrinya pernah hamil namun kegugruan saat umur kehamilan 5 bulan. Pasien adalah perokok berat. Ananeusis sperma, astenoteratos osternum? Apakah penyebab kelainan pada pasien di atas?
a.       Perokok
b.      Umur
c.       Pekerjaan
d.      Infeksi genital
e.       Gangguan sexual

60.  Laki2 18 tahun dibawa ke UGD dgn keluhan nyeri tungkai kiri bawah setelah KLL 1 jam lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pembengkakan pada tungkai kiri bawah, tegang, mengkilat, nyeri pada pemeriksaan dorso fleksi pergelangan kaki (+), nyeri sumbu (+) di 1/3 proksimal tungkai kiri bawah. Denyut nadi a.dorsalis pedis teraba lemah. Apakah tindakan awal yang harus dilakukan pada kasus ini jika sarana kesehatan memadai?
a.       Langsung ORIF cruris
b.      Fasiotomy
c.       Amputasi
d.      Pemberian manitol
e.       Pemberian heparin IV

61.  Perempuan 35 thn dtg ke pkm dgn keluhan bercak2 putih di lengan dan punggung sejak 2 minggu lalu. Bercak tersebut terasa gatal terutama bila berkeringat. Pada pemeriksaan fisik ditemukan macula hipopigmentasi berbatas tegas dan berskuama.Apakah diagnosis yang paling mungkin pada kasus di atas?
a.       Morbus Hansen
b.      Ptiriasis alba
c.       Vitiligo
d.      Ptiriasis versicolor
e.       Psoriasis vulgaris

62.  Perempuan 23 thn P3 A2, telah melahirkan bayi dengan BBL 3850 gram, pada UK 39 minggu. Perjalanan persalinan kala I lambat sehingga membutuhkan augmentasi oksitosin, sedangkan lama kala II 1,5 jam dan dibantu dengan forsep. Setelah plasenta lahir, terjadi perdarahan yang banyak dengan stolsel2 besar pervaginam. PDV uterus membesar dimana tidak berespon dengan masase. Kelainan yang dialami oleh pasien tersebut adalah:
a.       Plasenta akreta
b.      Atonia uteri
c.       Solusio plasenta
d.      Preeklampsia
e.       Rupture perineum

63.  Perempuan 33 tahun dtg ke praktek doketr umum untuk mengkonsultasikan hasil pap smearnya. Pasien telah melahirkan anak 2 kali. Hasil pap smearnya menunjukkan dysplasia ringan. Apakah anjuran penatalaksanaan pada pasien ini?
a.       Pemberian anti jamur  dan anti biotic
b.      Kuretase bertingkat
c.       Pemeriksaan pap smear ulang 3 bulan
d.      Operasi pengangkatan rahim (Histerektomi)
e.       Tidak perlu penanganan khusus

64.  Laki-laki 23 thn dibawa ke UGD karena KLL. Pasien mengeluh nyeri pada panggul kanan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tampak tungkai kanan memendek dengan  posisi panggul flexi abduksi dan ekso rotasi. Apakah diagnosis yang paling tepat
a.       Fraktur sub humeric
b.      Fraktur kolum femuris
c.       Dislokasi anterior caput femoris
d.      Dislokasi sentralis coxy
e.       Dislokasi posterior caput femoris

65.  Perempuan 20 th G3P2A0 UK 10 minggu dibawa ke dokter umum dengan keluhan  keluar gumpalan darah dari vagina 2 jam sebelumnya. Sebelumnya pasien mengeluh nyeri perut dan mules-mules. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD normal, pernapasan dan nadi normal. Pada pemeriksaan inspekulo tidak terlihat adanya jaringan dan ostium uteri eksternum tertutup. Apakah diagnosis dari pasien tersebut?
a.       Abortus imminens
b.      Abortus provokatus
c.       Abortus inkomplitus
d.      Abortus komplitus
e.       Abortus habitualis

66.  Laki-laki 36 thn ke pkm dgn keluhan kedua mata sering berair sejak 1 bulan yang lalu. Keluhan disertai dengan mata pegal  dan kabur saat melihat jauh. Pada pemeriksaan fisik mata segmen anterior tenang, pada pemeriksaan visus  VOD 6/15  dengan koreksi silinder +0,75 menjadi 6/6,  VOS 6/10 menjadi 6/6 dgn silinder +0,50. Sferis 0,5. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien di atas?
a.       Hipermetrop
b.      Anisometrop
c.       Presbiop
d.      Miop
e.       Astigmatisma

67.   Laki-laki 29 thn diantar keluarganya ke puskesmas karena sering gelisah, mondar-mandir, sulit tidur, dan sering berbicara sendiri. Hal ini disadari sejak 3 bulan terakhir dan memberat dalam seminggu terakhir. Pada anamnesis, pasien merasa dirinya adalah agen rahasia negara yang sedang dimusuhi dan merasa ada orang yang berbisik-bisik membicarakan tentang dirinya. Apakah obat yang tepat untuk pasien ini?
a.       Tioridazil
b.      Flufenazil
c.       Haloperidol
d.      Clorpromazin
e.     trifluoperazil

68.  Bayi laki2, umur  4 jam dikirim bidan ke UGD dengan sesak napas, asimposmatum, lahir spontan, tidak menangis, BBL 3500 gram, warna air ketuban hijau kental, nilai apgar 2/5. Pada pemeriksaan fisik didapatkan anak letargi, frekuensi napas 80x/menit, denyut nadi 150x/menit, temperature 36, 4 C, sianosis, napas cuping hidung, jantung dbn,  pernapasan bronchial, ronkhi kasar pada kedua lapangan paru. Pada palpasi abdomen hepar dan lien teraba, terdapat warna ketuban pada tali pusat. Apakah diagnosis paling tepat?
a.       Aspirasi mekonium
b.      Infeksi neonatorum
c.       Sindroma Gawat napas neonatus
d.      Pneumonia neonatal
e.       Penyakit membrane hialin

69.  Perempuan 18 thn diculik dari kampus, 2 hari setelah itu ditemukan mayat perempuan mengapung di sungai tidak jauh dari kampus. Mayat sudah busuk. Korban dibawa ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan demi kepentingan visum.  Dari hasil pemeriksaan ditemukan, mayat sudah mulai menggembung, terdapat beberapa luka lecet pada tungkai dan pada leher ditemukan bekas luka yang sudah mulai menghitam. Pada pemeriksaan getah paru tidak ditemukan tumbuhan air, pada selaput dara ditemukan robekan sampai ke dasar. Apakah kemungkinan sebab kematian korban tersebut?
a.       Kekerasan tumpul pada seluruh tubuh
b.      Kekerasan tumpul pada leher
c.       Perkosaan
d.      Mati lemas
e.       Tenggelam

70.  Perempuan 60 thn dibawa ke UGD dengan keluhan lemah pada tangan dan tungkai serta tidak dapat berbicara sejak tadi subuh, 5 jam yang lalu. Keluhan ini tidak disertai mual, muntah, kejang dan nyeri kepala. Pasien memiliki riwayat tekanan darah tinggi sejak 7 tahun terakhir dan DM sejak 5 tahun yang lalu. Pasien tidak berobat teratur. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran composmentis, TD 160/100  mmhg,N 80x/menit, P 20x/menit, S 36,8 C. pada pemriksaan status neurologis didapatkan tanda-tanda rangsang meanings, parese N.VII kanan sentral. Motorik hemiparese dextra dengan kekuatan 2, reflex fisiologis (+)/(+), reflex patologis (+)/(-), afasia motorik. Apakah penyebab dari afasia motorik pada pasien ini?
a.       Kelumpuhan otot2 pita suara
b.      Kelumpuhan otot2 lidah
c.       Gangguan pada gyrus parasentralis
d.      Gangguan pada wernicke
e.       Gangguan pada area broca

71.  Anak laki2 12 tahun ke pkm dengan keluhan bintik2 pada sela jari tangan, pergelangan tangan, alat kelamin, perut bagian bawah, pasien juga mengeluh gatal  terutama pada malam hari sejak 1 minggu yang lalu. Pasien bersekolah di pesantren dan teman sekamarnya juga menderita keluhan yang sama. Apakah diagnosis pasien tersebut?
a.       Dermatitis kontak alergi
b.      Dermatitis kontak iritan
c.       Scabies
d.      Dermatitis numularis
e.       Herpes genitalia

72.     Perempuan 24thn dibawa ke UGD RS karena kejang2 seluruh tubuh, disertai lidah tergigit dan mulut berbuih. Pada anamnesis diketahui bahwa keluhan ini dialami pasien sebanyak 2 kali dalam  sebulan sejak 1 tahun yang lalu yang sudah diderita pasuen sejak berusia 8 tahun. Pada pemeriksaan fisik didaptkan tanda vital dbn, tidak ditemukan kaku kuduk ataupun reflex patologis. Apakah diagnosis yang paling mungkin pasien tersebut?
a.       Epilepsy umum tonik
b.      Epilepsy umum klonik
c.       Epilepsy umum atonik
d.      Epilepsy umum tonik-klonik
e.       Epilepsy absat

73.     Anak laki-laki 3 tahun dibawa ortunya ke pkm dengan keluhan demam. Setelah dilakukan pengukuran suhu diapatkan suhu tubuh 39 C. Dokter mencoba mencari literature di internet mengenai obat antipiretik dengan judul  alternating  ibuprofen and acetaminophen in treatment of  febris …. Desain penelitian randomized  double blind and  placebo control trial. Grup trial diberikan acetaminophen + ibuprofen  dan grup control diberikan ibuprofen + placebo. Metode pemberian obat grup trial dan control masing-masing dengan obat awal diberikan ibuprofen dan 4 jam kemudian diberikan acetaminophen/placebo secara bergantian pada kedua  grup dengan primer like count? Penurunan demam setelah 6 jam dan hasil intension to treat sbb:
Unitcentral.com/17417015/4/4/4 march 2006
Comparison of  primary  and secondary  treatment

Combined acetaminophen + ibuprofen
Ibuprofen
Afebril at 6 hours
30
19 x 0,018
Afebril at 7 hours
31
14
Afebril at 8 hours
29
11
Maximal temperature declining
2,2
2,1

Berapa nilai experimental ….. rate pada penelitian tersebut?
a.       77,5 %
b.      83,3  %
c.       16,7 %
d.      42,5 %
e.       1,8%

74.     Perempuan 34 th datang ke pkm krn merasa berat pada kedua tungkai keluhan dirasakan sejak sebulan yg lalu, tambah lama tambah berat. Dari anamnesis, diketahui pasien pernah berobat 6 bulan tetapi tidak teratur dan jarang control. Pada pemeriksaan fisik didapatkan adanya benjolan di daerah vertebra thoracalis. Pada pemeriksaan laboratorium darah LED 48 . pada pemeriksaan radiologi didapatkan abses paravertebra, gibbus (+)  yang mengenai lebih dari 1 corpus. Apakah diagnosis yang sesuai untuk kasus di atas?
a.       Spondylitis TB
b.      HNP
c.       Metastasis tumor ganas
d.      Meningioma

75.     Laki2 25  th dengan BB 50 kg dibawa ke UGD dengan keluhan sakit perut hebat sejak 2 jam yang lalu. Dari hasil pemeriksaan fisis didapatkan turgor sangat jelek, TD 60/palpasi, N 160x/menit, sianosis dan kesadaran menurun. Berapa % kah total cairan yang hilang pada pasien tersebut?
a.       5 %
b.      8%
c.       10%
d.      15%
e.       20%

76.     Anak laki2 9 tahun dibawa ibunya ke poliklinik RS dengan keluhan lambat belajar. Pasien sering tidak naik kelas dan gurunya mengatakan pasien kesulitan dalam menerima pelajaran dan suka termenung. Di rumah pasien juga malas belajar dan kurang dapat menyesuaikan diri. Apakah kemungkinan diagnose pasien ini?
a.       Retardasi mental borderline
b.      Retardasi mental ringan
c.       Retardasi mental sedang
d.      Retardasi mental berat

77.     Perempuan 50 th sedang menjalani pengobatan gizi medis karena obesitas yang sudah mengganggu …., secara tidak sengaja memakan telur goreng dalam ketentuan  menu makan siangnya. Apakah kegiatan fisik yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?
a.       Berjalan kaki selama 20 menit
b.      Bersepeda selama 10 menit
c.       Bersepeda selama 5 menit
d.      Berlari kencang selama 1 menit
e.       Berlari kencang selama 5 menit

78.     Remaja 16 tahun dating ke polklinik RS dengan keluhan jerawat yang banyak. Pada pemeriksaan fisik didapatkan komedo, papul, parut akibat jerawat dipijit dengan kuku. Apakah obat antibiotic yang paling tepat diberikan kepada pasien?
a.       Ciprofloxacin
b.      Eritromycin
c.       Cefadroxyl
d.      Amoxicillin
e.       Gentamycin

79.     Laki 27 tahun dibawa ke UGD RS oleh polisi sebagai korban kebakaran di sebuah pabrik tekstil sekitar 1 jam lalu.  Dari pemeriksaan tanda vital  didapatkan kesadaran compos mentis, RR 32x/menit, HR 110x/menit. Pada pemeriksaan fisik didapatkan luka bakar derajat 2-3 pada masing2 1% di daerah muka, 5% pada ekstremitas atas, 4% pada ekstremitas bawah, 3% pada punggung dan 2% pada badan. Apakah tindakan awal yang paling tepat pada pasien ini?
a.       Debridement luka
b.      Pembersihan jalan napas
c.       Mengurangi cairan albumin
d.      Pemberian moisturisement  pada luka
e.       Pemberian antibiotic  topical pada luka


80.  Seorang perempuan 16 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan jerawat yang banyak. Pada pemfis ditemukan komedo, papul, pustul, dan parut akibat jerawat dipijit dgn kuku. Apakah obat antibiotik yang paling tepat diberikan pada kasus diatas
a.       Ciprofloksasin
b.      Eritromisin
c.       Gentamicin
d.      Cefadroxil 
e.       Amoksisilin

81.  seorang laki 27 thn datng k UGD korban kebakaran pabrik tekstil 1 jam yg lalu, kesadaran CM, Pernapasan 30x, Nada 110x, Luka Bakar derajat II, III 1%wajah, 3%ekstr atas, 4% ekstr kiri bawah, 3% punggung, 2% badan. tindakan awal yang dilakukan
a.       debridement luka
b.      pembersihan jalan napas
c.       pemberian albumin IV
d.      pemberian immunosuppresin luka
e.       pemberian antibiotik topikal pada luka

82.  seorang perempuan 68 thn dtng ke poliklinik dgn keluhan nyeri kepala sdh berulang-ulang sejak 3 thn yg lalu, dengan nyeri kadang terasa sprti diikat, bila tidak diobati nyeri bisa berhari-hari tetapi tidak disertai muntah dan mual, tidak ada fonofobia
a.       cluster headache
b.      tension headache
c.       brain tumor
d.      brain absess
e.       migrain headache

83.  seorang anak berusia 7 thn dibawa ke UGD dengn patah tulang, orang tuanya mengatakan anak jatuh dari sepeda, sedangkan anak tidak menjawab saat ditanta. Dokter menemukan luka-luka lain yang tidak sesuai dengan pernytaan orang tua anak. Dokter mencurigai adanya kekerasan pada anak tersebut. Masalah moral apakah yang dihadapi
a.       beneficience
b.      non maleficience
c.       justice
d.      altruism
e.       autonomy

84.  seorang laki-laki berusia 24 thn dibwa k UGD dengn penurunan kesadaran sejak 2 jam yg lalu. Sebelumnya pasien mengalami demam tinggi sejak 2 hari yg lalu dan tdk mengalami perbaikan dengan obat penurun demam. Pasien juga mengeluh sakit kepala yg hebat sejak sakit. Pemfis kesadaran suporius, nadi 112x/I, napas 24x/i, TD 130/80 mmHg, T 39,50C, burdinzki sign (+), kernig sign (+). Lab:  LCS glukosa 30, protein 65, leukosit 45.000 didominasi PMN. Diagnosis?
a.       encefalitis
b.      septik meningitis
c.       meningitis bakterialis
d.      Meningitis tuberkulosis
e.       Criptococcal meningitis

85.  Seorang perempuan 38 thn datng ke poli RS dgn keluhan keluar darah sedikit2 dari kemaluan sejak 1 mngg yg lalu. Pasien terlambat haid sejak 5 bln, pemeriksaan USG ?. Pemfis KU baik, TFU 2 jari diatas simfisis. VT: darah (+), Ostium tertutup, besarnya uterus sesuai dari pemeriksaan luar. Plano test (-). diagnosis
a.       Abortus iminens
b.      Abortus insipiens
c.       Abortus inkomplit
d.      Abortus komplit
e.       Missed abortion

86.  Seorang laki2 48 thn dtng k PKM dengan keluhan penglihatan terganggu sejk 1 hr yg lalu. Pasien mangatakan 2 hari yang lalu mata kiri merah disertai nyeri kepala,mual muntah. pemeriksaan oftalmologi tekann bola mata 35. Diagnosis
a.       Keratitis
b.      Ulkus kornea
c.       Glaukoma akut
d.      Glaukoma kronik
e.       Katarak traumatik

87.  Seorang anak laki2 usia 1 thn di bawa k PKM oleh ibunya dngn keluhan sesak napas sejak 4 jam lalu. Anak demam dan batuk sejak 3 hari yg lalu, setiap serangan anak batuk 3 menit tanpa berhenti d akhiri bunyi whoop atau melengking kdang disertai muntah . pemfis sakit berat,gelisah,  napas 68x/i, napas cuping hidung, retraksi epigastrium, gerakan ddng dada yg kanan tampak tertinggal, suara napas  paru kanan melemah, foto toraks (gambar...). kemungkinan diagnosis?
a.       Pneumotoraks
b.      Bronkopneumonia
c.       Bronkiolitis
d.      Efusi pleura
e.       Asma bronkial

88.  Seorang laki-laki 28 tahun dibawa ke UGD akibat tabrakan 4 jam yg lalu. Kesadaran CM, TD 80/40 mmHg, nadi 112 x/i, tampak fraktur femur kanan disertai luka terbuka dan dalam diperkirakan perdarahan diperkirakan pedarahan 100cc. Apakah cairan yang tepat untuk pasien ini?
a.       1 Koloid 2 kristaloid
b.      2 Koloid 1kristaloid
c.       1Koloid 3kristaloid
d.      2Koloid 3kristaloid
e.       1Koloid 1kristaloid

89.  Seorang laki-laki 29 tahun datang ke RS dengan keluhan benjolan di anus disertai rasa nyeri sejak 1mngg yg lalu. benjolan tersebut masih bisa masuk dengn spontan. Pasien tdk suka makan sayur dan buah, BAB 1 kali dalam 2 hari. Apakah kemungkinan yg tepat
a.       Prolaps ani
b.      Hemoroid
c.       Polip ani
d.      Polip rekti
e.       Fistel ani

90.  Seorang perempuan 70 thn datang ke poliklinik karna nyeri pada lutut kanan yang telah dirasakn sejak 10 thn yang lalu, tetapi nyeri semakin hebat sejak 1 bulan yang lalu. Nyeri bertambah bila pasien naik turun tangga, sering terdengar bunyi gemeretak. Pasien juga mengeluh lutu terasa kaku atau setelah istirahat dan ingin beraktivitas lagi. karena badannya gemuk pasien malas bergerak dan berolah. Pemfis inflamasi pada lutut kanan. diagnosa?
a.       Artritis sepik
b.      Gout artritis
c.       Osteoartritis
d.      Artritis Reumatoid
e.       Artritis tuberkulosa

91.  Seorang laki-laki 50 thn datang ke poliklinik dg keluhan napas mulai sesak bila naik tangga sejak 1 bulan yg lalu. Pasien didiagnosis menderita HT sejak 10 thn yg lalu. Pemfis TD 160/?mmHg, nadi 110x/i napas 28x/i, edema tungkai, pem.paru ada ronki. Pem EKG irama sinus, HR 110x/i, amplitudo R d V4,V5 29mm, foto toraks kardiomegali +tanda2 bendungan paru. Diagnosis yg paling tepat
a.       HT std I
b.      HT std II
c.       HT sistolik terisolasi
d.      HT emergensi
e.       HT diastolik terisolasi

92.  Seorang perempuan berusia 55 thn datang dgn keluhan nyeri pada kedua sendi lutut bila berdiri lama dialami sejak 5 bulan yll. Nyeri semakin hebat bila beraktivitas dan hilang bila beristirahat. Dan tdk dirasakan adanya kaku sendi saat bangun tidur. Pada pemfis tdk ditemukan deformitas, krepitasi (+). Apakah diagnosis yang paling tepa?
a.       OA
b.      Artritis gout
c.       Artritis septik
d.      AR
e.       Condromalacia patella

93.  Seorang laki-laki usia 18 tahun di bawa k UGD post KLL, mengeluh sesak napas dan nyeri dada. TV: kesadaran penuh ,TD 130/90mmHg,nadi 110x/i, napas 24x/x. inspeksi dada kanan tertinggal, perkusi hipersonor, auskultasi suara napas menghilang.foto toraks tampak pleural line, gambaran ...negatif
a.       Efusi plura
b.      Atelektasis
c.       Pneumonia akut
d.      Pleuritis
e.       Penumotoraks

94.  Seorang laki-laki 36 tahun datang ke PKM dengan keluhan mata terasa tidak nyaman di kedua mata, disertai batuk yang tidak mau sembuh sejak 3 bln yg lalu. Pasien tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Istri seorang IRT, anak usia 2 tahun sakit-sakitan,tdk pernah imunisasi, BB 12 kg. Apa tindakan pencegahan untuk mengatasi pasien ini?
a.       Health promotion
b.      Specific protection
c.       Early diagnosis and prompt treatment
d.      Disability Limitation
e.       Rehabilitation

95.  seorang laki-laki 25 thn di bwa ke PKM dengn keluhan nyeri pada kaki kanan akibt digigit ular 2 jam sebelumnya, sblm k PKM pasien munth 5kali. Pemfis kedaran CM, pasien terlihat lemah, bekas luka gigitan di kaki kanan disertai eritem, dan edema spnjng 30 cm, dan adanya bercak2 perdarahn di kulit. Derajat luka gigitan
a.       derajat 0
b.      derajat 1
c.       derajat 2
d.      derajat 3
e.       derajat 4

96.  Seorang laki-laki 50 thn datang ke poliklinik dengan keluhan mata kanan tidak bisa melihat sejak 1 mnggu yang lalu. Keluhan ini dirasakan sejak 1 bln yg lalu secara perlahan-lahan semakin berat di mulai dari pandangan bagian bawah dan secara perlahan-lahan pandangan tertutup seperti tirai. Tidak ada riw.trauma, riw. sakit kepala hebat, maupun kejang sebelumnya. pasien menggunakan kacamata -10 D sejak 5 thn. Pemfis TD 125/80mmHg Gula darah random 125. Apakah faktor resiko yang menyebabkan gangguan penglihatan pasien
a.       Hipertensi
b.      DM
c.       Trauma tumpul
d.      Miopia tinggi
e.       Tumor otak

97.  Seorang laki-laki usia 52 tahun warga negara Inggris datang ke poliklinik dgn keluhan mencret berulang kali sejak 1 hari yg lalu. Pada pemeriksaan fisik gambaran dihidrasi ringan sedang, beberapa hari sebelumnya pasien berwisata air di pinggiran kota. Pem.Tinja didapatkan konsistensi cair, berlemak dan tanpa darah, dijumpai juga bentuk tropozoid dan kista klasik yg berflagel. Apakah penyebabnya?
a.       Amoebiasis coli
b.      Giardiasis intestinalis
c.       Trepanozoma ...
d.      Ballantidiasis coli
e.       Leismanis coli

98.  Seorang perempuan 27thn datang ke poliklinik keluhan belum memiliki anak, menikah selama 3 tahun tinggal serumah, tdk pernah mnggunakan kontrasepsi, siklus haid tidak teratur, lama haid 1-2 hari, dengn perdarahan sedikit. Pemfis BB 90kg. Pernah USG dgn hasil uterus kecil penampang 50 mm. Apakah kemungkinan diagnosis
a.       Salpingitis
b.      Endometritis
c.       oligomenore
d.      PCO
e.       Infertilitas primer

99.  Pada minggu siang seorang petani melihat mayat dengan posisi tergantung di atas pohon durian. Mayat masih dalam keadaan segar dan berpakaian lengkap, lidah terjulur dan mulut keluar busa. Petani tersebut kemudian melaporkan kejadian kepada polisi. Mayat lalu dibwa ke RS untuk otopsi. Hasil otopsi didapatkan tali melingkari leher posisi mendatar, simpul???. Penyebab kematian
a.       Gantung diri
b.      Penganiayaan
c.       Penjeratan
d.      Pencekikan
e.       Terjatuh

100.    Seorang perempuan usia 45 thn datang ke poliklinik dengan keluhan benjolan pada leher depan sejak 6 bln yg lalu. Pasien juga mengeluh BB menurun, sering berdebar-debar, berkeringat banyak. Pada pemfis ditemukan exoptalmus, dan tremor pada kedua tangan. Kemungkinan penyakit tersebut
a.       ... Tiroid???
b.      Penyakit grave
c.       Gondok endemik
d.      Tiroiditis
e.       Karsinoma tiroid

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...