Kamis, 04 April 2013

Soal UKDI Part 4



soal prediksi UKDI, about eye…
Oleh Setiawan Widjaya
1. seorang wanita 23 thn datang ke tempat anda praktek dengan keluhan utama mata merah, keluhan disertai dengan mata gatal, nyeri, berair, pandangan kabur, terbentuk keropeng pada kelopak mata ketika bangun pada pagi hari, mengeluarkan kotoran yang kental dan berwarna putih. keluhan tidak disertai dengan penurunan visus. dia mempunyai kebiasaan memakai lensa kontak terus-menerus selama beberapa hari, meskipun sedang tertidur. apa diagnosis Anda yang paling mungkin untuk pasien ini?
a. ulkus kornea
b. abrasi kornea
c. konjungtivitis virus
d. konjungtivitis bakteri
e. konjungtivitis vernal

2. pada suatu malam hari, seorang pria berusia 50 tahun mengalami nyeri pada matanya, keluhan disertai dengan sakit kepala dan mata merah, penglihatan menurun, mual dan muntah. dia langsung datang ke tempat praktek saudara sebagai dokter umum, ketika anda memeriksa matanya, Anda melihat pupilnya midriasis dan tidak mengecil walau diberi sinar terang. Apa tindakan pertama Anda sebagai seorang dokter umum?
a. memberikan asetazolamid oral
b. memberikan timolol eye drop
c. memberikan manitol iv
d. memberikan pilokarpin eye drop
e. langsung rujuk ke pusat kesehatan sekunder secepatnya
Soal Prediksi UKDI Mata……. again!
Oleh Setiawan Widjaya
Seorang pria berusia 30 tahun datang konsul kepada Anda, mengatakan matanya merah sejak satu minggu lalu, seperti ada benda mengganjal di matanya, gatal tidak begitu terasa, keluar banyak sekret di pagi hari. ketika dilakukan pemeriksaan terlihat papila di konjungtivanya. Apa tindakan saudara yang akan meringankan penyakitnya?
a. asiklovir salep mata 5x / hari dan tetes mata idoksuridin tiap jam
b. ceftriaxone 1 gr IM dosis tunggal + irigasi mata dengan NaCl fisiologis sampai sekret negatif + ciprofloksasin tetes tiap 2 jam
c. sodium chromolyn tetes 4% 4 x / hari
d. ciprofloksasin tetes 4 x / hari selama 5-7 hari
e. naphazoline atau pheniramin 4 x / hari
SOAL PREDIKSI UKDI MATA LAGI!
Oleh Setiawan Widjaya
1. Seorang pasien datang ke tempat praktek Anda, dan mengeluhkan pandangan yang buram, apalagi ketika membaca dekat sejak 2 bulan terakhir, penderita diketahui mengidap diabetes melitus tipe 2 sejak 5 tahun yang lalu. ketika dilakukan funduskopi, terdapat lesi intraretinal terutama daerah polus posterior berupa mikroaneurisma, perdarahan bintik dan bercak, hard and soft exudat, oedema, neovaskularisasi, perdarahan vitreous. Apa diagnosa Anda?
a. retinopati hipertensi
b. retinopati diabetika non proliferatif
c. retinopati diabetika preproliferatif
d. retinopati diabetika proliferatif stadium dini
e. retinopati diabetika proliferatif stadium lanjut
2. Apa tindakan Anda yang paling tepat untuk pasien di atas?
a. diberikan obat-obatan empiris seperti vitamin E, Enico, dan antioksidan lain
b. fotokoagulasi laser
c. vitrektomi
d. konsul ke bagian IPD
e. edukasi untuk kontrol gula darah dengan ketat
SOAL PREDIKSI UKDI MATA
Oleh Setiawan Widjaya
Seorang pria 30 thn, pekerja industri, datang ke tempat praktek Anda dengan keluhan penglihatan menjadi SANGAT KABUR secara mendadak, lensa menjadi putih dengan cepat, mata menjadi merah. pada pemeriksaan dengan slit lamp setelah diteteskan midriatik, terlihat lensa posterior berbentuk bintang. Diagnosis apa yang mungkin terjadi pada pasien ini?
a. katarak traumatik
b. katarak senilis
c. uveitis
d. skleritis
e. dislokasi lensa
Seorang pria 17 tahun datang kepada anda dengan keluhan lapang pandang menjadi sempit.pada pemeriksaan konfrontasi didapatkan hanya di bagian temporal saja ia dapat melihat. COA sedang, dengan funduskopi didapatkan C/D ratio 0,8 untuk mata kanan dan 0,9 untuk mata kiri. Oleh dokter di DD dengan glaukoma sudut terbuka primer dan glaukoma sudut tertutup primer.Mana pernyataan yang paling tepat diantara pernyataan-pernyataan di atas yang dapat memberikan diagnosis kerja sementara belum dilakukan gonioskopi?
a. seorang pria berusia muda
b. lapang pandang menjadi sempit
c. dengan pemeriksaan konfrontasi hanya dapat melihat bagian temporal saja
d. COA sedang
e. dengan funduskopi didapatkan C/D ratio 0,8 OD dan 0,9 OS
3. Metode hirschberg dan uji Krimsky didapatkan pada penyakit apa?
a. konjungtivitis
b. episkleritis
c. strabismus
d. katarak
e. diabetic neuropathy

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...