Selasa, 07 Mei 2013

Back to the Furure

Sekarang sudah tanggal 7. Lima tahun lalu pada tanggal segini saya sedang apa ya? Malas-malasan di rumah atau lagi semangat-semangatnya mencatat bahan kuliah, yang pada akhirnya tidak pernah juga kubaca. Anggap saja waktu itu saya lagi kuliah. Ceritanya, dulu saya suka masuk kuliah. Karena cuma itu kegiatan utama dalam hidupku.

Waktu zaman kuliah dulu, saya hanya mencatat di tahun pertama kuliah. Pikirku, dengan mencatat, saya akan lebih terpacu belajar. Tapi saya salah. Bahan kuliah kucatat hanya untuk menghilangkan rasa mengantuk, lalu kubiarkan catatan itu tersedimentasi di tasku. Pernah beberapa kali kucoba untuk membaca ulang catatanku, tapi baru lihat bentuk tulisan sendiri, niat belajarku justru menguap. Ini tulisan apa sih? materi kuliah, mantera tidur, atau aksara prasejarah?

Pada akhirnya, di tahun kedua dan tahun-tahun seterusnya, saya memutuskan untuk tidak lagi mencatat. Dicatat tapi tak dibaca, kok kayak kitab suci? Dibeli, dipajang, tapi tak dibaca. Kata teman ekonomi, menguras saja sumber daya. Kalau lagi kuliah dan timbul rasa ngantuk, saya lebih memilih melakukan silaturahmi subversif dengan teman-teman sekitar. Yap, harus subversif. Kalau frontal, bisa-bisa dosennya mengamuk sambil bilang, "kalian yang keluar atau saya yang keluar?" Dilema yang dipaksakan.

Bagaimana dengan 5 tahun ke depan? Tanggal segini, saya di mana? Dengan siapa? Dan sedang berbuat apa?
Apa saat itu saya bersama Yolanda? Kangen Band? Atau Sammy?
Semoga saja saat itu saya telah menjadi orang yang tercerahkan. Seperti Budha atau bintang iklan Ponds mungkin. Jangan sampai 5 tahun lagi, Ponds bangkrut ya atau tiba-tiba beralih usaha jadi produsen aspal. Karena apa yang saya tulis sekarang mungkin tidak lagi relevan dengan masa depan.

Kalau di masa kini, tanggal segini, rencananya mau urus legalisir ijazah, npwp, str, dan pulang tidur. Tapi entahlah kalau bisa terlaksana. Ini masa kini, Bung.

Nb:
ini fiktif belaka. Kemiripan peristiwa, nama, dan tempat adalah kewajaran yang tidak perlu dipertanyakan.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...