Senin, 22 Juli 2013

Wind of Choke

Datang kembali ke Makassar. Dua minggu saja ditinggalkan, kota ini sudah berubah banyak. Tapi kata teman, belum banyak kok yang berubah dari Makassar, tetap panas dan masih latah. Dia yang tinggal terus di Makassar mungkin tidak menyadari semua perubahan yang telah terjadi di kotanya karena terlanjut larut bersama perubahan dan keriuhan kota.
Tapi saya yang hanya sesekali datang ke kota Makassar, merasa kota ini bergerak terlalu cepat.

Selain dikejutkan biaya angkot yang naiknya lebih dari 20%, saya juga kagok mendengar kalau biaya pondokanku juga melesat hingga mencapai 2 juta per tahun. Padahal waktu 2007, biaya sewanya masih 1,2 juta/tahun, include biaya listrik dan air. Sempat naik jadi 1,3 juta pada 2010, tiba-tiba saja pada tahun ini jadi 2 juta. Kenaikan yang wow, tapi saya cukup maklum dengan keputusan pemilik pondokan. Dunia telah berubah banyak sejak 2007, semua biaya kebutuhan hidup meningkat drastis, begitu juga dengan sewa pondokan.

Sebenarnya masih banyak pondokan lain dengan harga segitu yang fasilitasnya lebih bagus dari pondok yang saya tempati sekarang. Jadi opsi pindah ke tempat lain terdengar masuk akal. Meskipun pondokanku mungkin masuk kategori paling bobrok di kawasan Unhas setelah munculnya berbagai pondokan baru yang berfasilitas lebih lengkap, tetap saja sulit untuk meninggalkan pondokanku yang sekarang.

Satu-satunya kelebihan pondokan ini adalah dia memiliki nostalgia kehidupanku selama 6 tahun terakhir. Kenangan bersama teman-teman sepondok yang sekarang sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Tiap jengkal tembok dan lantainya memiliki cerita. Terkadang saya tertawa sendiri kalau mengingat peristiwa-peristiwa yang pernah kulewati di pondokan.

Saat ini, para penghuni lama telah berganti dengan penghuni baru. Kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa baru. Tak ada satu pun yang kukenal. Rasanya aneh, tempat yang dulunya sangat kukenal kini telah berubah jadi suatu dunia asing. Seperti menginjak planet atau benua baru.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...