Minggu, 18 Agustus 2013

Fate for Freedomioni

Merdeka itu terbebaskan dari siksaan perasaan obsesif dan posesif, teryakinkan bahwa tidak semua hal harus dan bisa dimiliki, segila apapun keinginan kita untuk mendapatkannya. Saya ingin sekali memiliki bulan, menyimpan dan menjadikannya salah satu koleksi di rumah. Sayangnya, hal macam itu hanya dapat terjadi di film Despicable Me. Di bumi yang kupijak, tempat orang-orang bisa saling bunuh atas nama tuhan atau malah karena uang seribu rupiah, antara yang realistis dan imajinatif sangat jelas batasannya. Ada jutaan hal imajinatif yang tetap menjadi imajinasi dan hanya menjadi obsesi gila karena hukum alam realitas tak pernah mengizinkan manifestasinya.

Meskipun kata orang, takdir itu di tangan tuhan, manusia sudah bisa memprediksi batasan-batasan probabilitas takdir. Seperti seorang pria yang hidup di pedalaman Kalimantan, yang tidak mungkin menikah dengan wanita yang hidupnya di pedalaman Afrika. Mereka tak mungkin bisa bertemu, tak ada transportasi, tak ada komunikasi, beda budaya, beda bahasa, mana mungkin bisa bertemu. Hanya kejadian luar biasa yang dapat menikahkan mereka. Misalnya saja tiba-tiba terjadi serangan alien yang menculik manusia untuk dijadikan permen lolipop, wanita Afrika dan pria Kalimantan tersebut diculik lalu dipertemukan di pesawat alien, tiba-tiba saja mereka jatuh cinta saat bertemu, dan 15 menit sebelum diubah jadi lolipop mereka menikah. Karena itu hanya pemisalan, jadi lupakan jalan cerita logis tentang penjajakan, pengenalan orang tua, atau tentang siapa yang harus pindah agama kalau mereka menikah, atau penghulunya harus menghadap mempelai atau membelakangi atau tentang kepanikan yang terjadi saat mereka akan diubah jadi lolipop, apalagi tentang maharnya. Karena membahas hal seperti itu akan sangat rumit dan menyusahkan.
Seperti halnya perasaan obsesif dan posesif yang melanggar batasan takdir, rumit dan menyusahkan. Terbebaskan dari rasa seperti itu adalah merdeka.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...