Selasa, 02 Desember 2014

Kebaikan vs Kejahatan

Mungkinkah membedakan kebaikan dan kejahatan, atau kebenaran dan kesalahan, sama saja dengan membedakan kecantikan dan kejelekan, yakni bahwa itu ditentukan oleh kedekatan kita dengannya atau kejauhan kita darinya? Bukankah kita setuju bahwa wanita paling cantik dan wanita paling tidak cantik akan tampak sama jika kita pandang dari puncak gunung? Mereka juga tampak sama jika kita memandang mereka terlalu dekat sehingga yang terlihat tidak lebih dari, katakanlah, ujung sebuah jari.

Mungkin karena kita dekat dengan apa yang terjadi kemarin, kita tidak dapat melihat apakah itu benar atau salah. Leluhur kita menyembah patung lembu, yang hari ini kita anggap sebagai kesesatan yang menjijikkan. Tapi karena pada masa itu mereka begitu dekat dengannya, mereka sama sekali tidak melihatnya demikian.

Apakah hal yang baik hari ini akan menjadi jahat sepuluh tahun dari sekarang dan menjadi baik lagi setelah dua puluh tahun? Apakah hal yang kita anggap baik di sini akan dipandang jahat oleh orang Roma? Di manakah kebaikan? Di manakah kejahatan? Keduanya tampak sangat mirip.

M. Kameel Husein
Shared from Google Keep

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...