Rabu, 17 Desember 2014

Subconscious

Alam Bawah Sadar
Penelitian tentang alam sadar masih sangat jarang dipublikasikan di Indonesia. Padahal potensi yang dapat digali dari penelitian tersebut sangat banyak, contoh yang paling riil adalah aplikasi dalam bidang pemasaran. Hasrat belanja manusia dikendalikan oleh dorongan alam bawah sadar. Dorongan-dorongan tersebut dapat dieksploitasi selama kita dapat menarik pemicunya. Yang menjadi masalahnya, untuk populasi Indonesia, belum banyak atau malah tidak ada penelitian yang berupaya untuk mencari tahu pemicu dorongan-dorongan alam bawah sadar penduduknya. Di Eropa, penelitian mengenai topik ini sudah melimpah ruah. Industri telah memetik buah dari alam bawah sadar. Mereka sudah mengetahui misteri mengapa anggur Prancis lebih laku ketimbang anggur Jerman ketika lagu Prancis diputar di toko, mengapa anggur Prancis seharga 45 dollar terasa lebih enak dari anggur Prancis serupa yang dibandrol dengan harga 5 dollar, mengapa orang lebih suka membeli mobil yang iklan mobilnya berbelok dari arah kiri ke kanan dan jarang membeli yang iklan mobilnya berbelok dari arah sebaliknya, dll.

Topik-topik di atas mungkin terdengar sepele namun jika dibahas secara serius, ada banyak permata di sana yang dapat didulang. Industri Indonesia mungkin sudah lama meneliti hal ini tapi tidak pernah dipublikasikan karena mengeksploitasi alam bawah sadar demi keuntungan korporat dianggap sebagai rahasia perusahaan yang sebaiknya tidak boleh diketahui oleh pesaing apalagi pembelinya. Lebih baik konsumen tidak tahu jika mereka sedang dikendalikan, biarkan mereka merasa memiliki kendali atas pilihan-pilihan konsumtif pribadi. Ilusi kendali.

Mengapa seseorang lebih memilih produk Apple ketimbang Xiaomi walaupun spesifikasi keduanya tidak jauh beda dan disparitas harganya sangat jomplang? Mengapa membeli Aqua dan bukannya JS atau Club meskipun mereka sama-sama terasa tawar serta sudah memenuhi standar BPOM dan SNI? Bisa berikan alasan pasti? Benarkah itu alasan yang rasional ataukah itu hanya dorongan alam bawah sadar yang dirasionalisasi oleh otak?

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...