Selasa, 06 Januari 2015

Dent Journ

Pagi. Menerjemahkan jurnal dental. Aneh rasanya menerjemahkan materi yang berada di luar area kompetensi. Rasanya seperti tukang batu yang disuruh membuat roket ke Mars. Ada banyak istilah baru yang entah harus ditafsirkan seperti apa.

Satu hal yang misterius, dari mana orang ini mendapatkan nomor kontakku. Sepertinya saya tidak pernah punya kenalan di FKG (atau ada kali ya...tapi saya mulai lelah untuk mengingatnya) serta tak pernah pula ku membuat promosi tentang kegiatan spare time-ku entah itu di mantan kampusku (jangan sampai salah dibaca sebagai kampus mantanku), media sosial, apalagi sampai di FKG. Saya sadar, kualitas terjemahanku masih di bawah standar Gramedia, Mizan, dan Elex Media sehingga menurutku promosi itu ibarat memamerkan kelemahan sendiri pada seluruh dunia. Apalagi hingga saat ini ritme sikardian terjemahanku masih sangat bergantung pada mood. Good mood fluent, bad mood stuck. Terkesan pesimistis? Itu tergantung perspektif dan pengalaman hidup masing-masing.
Yang pasti, hidup mengajarkan saya bahwa promosi adalah sejenis penipuan jika produk yang ditawarkan berkualitas sampah. Produk bagus akan terkenal dan bertahan dengan sendirinya tanpa harus dipromosikan.
Radiohead, Apple, dan permen tanpa nama yang nyaris tiap saat kulihat ada di warung sejak saya mengenal dunia dua dekade yang lalu telah membuktikannya.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...