Senin, 16 Februari 2015

Finding Nemu

Kata mereka sudah terlambat untuk mencari makna hidup ketika usiamu beranjak mendekat ke klub 27. Mungkin mereka belum pernah membaca biografi seseorang yang bernama Muhammad. Seorang buta aksara yang baru menggebrak dunia di usia kepala empat. Dia mungkin bukanlah prodigy seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang mulai mencuri perhatian seantero bumi sejak belasan tahun. Tapi pengaruhnya yang bertahan hingga lebih dari 14 abad sebetulnya patut dipertanyakan, kenapa nanti di usia yang telat beliau justru mendapatkan pencerahan?

Lain lagi dengan Yesus atau Isa Almasih, yang jika menilik catatan sejarah, beliau justru tidak pernah sempat mengecap usia kepala empat di bumi. Dalam hal ini, beliau menemukan jalan hidup di usia yang lebih muda. Dan periode pengaruhnya jauh lebih fantastis, lebih dari dua milenium.

Keduanya mendapatkan makna hidup di usia yang berbeda-beda, namun dengan pengaruh yang nyaris setara dalam mempengaruhi sejarah peradaban manusia. Anomali apa yang berlaku pada mereka? Mengapa mereka bisa menjadi manusia yang selalu dikenang meskipun beberapa abad telah berlalu? Apa yang membuat ajaran mereka begitu membahana? Apakah itu ada kaitannya dengan kebenaran ajaran yang disampaikan? Ataukah hanya persoalan loyalitas pengikutnya yang spartan untuk tetap mewariskan ajarannya pada keturunan? Sulit untuk menjawabnya. Karena kita tidak berada pada posisi seperti tim penilai SPMB yang memegang kunci jawaban pasti untuk tiap soalan. Fenomena sosial seperti agama adalah persoalan yang tidak memiliki jawaban mutlak secara universal. Kemutlakan hanya ada dalam lokus keyakinan para pengikut fanatik. Begitu keluar dari lokus itu, kemutlakan menjadi bencana. Karena tiap kemutlakan dari masing-masing fanatisme akan bertubrukan satu sama lain, seperti matahari yang menyeruduk habis Merkurius hingga Uranus karena gangguan medan gravitasi.

Pencarian makna hidup mungkin tak mengenal usia.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...