Senin, 09 Februari 2015

Loss

"Once you pass a certain age, life is just a continuous process of losing one thing after another. One after another, things you value slip out of your hands the way a comb loses teeth. People you love fade away one after another."

Seorang manusia tidak perlu menunggu usia tertentu untuk dapat kehilangan sesuatu yang penting. Karena sejak lahir hingga masa anak-anak, manusia sudah kehilangan banyak hal penting dalam hidupnya. Mulai dari air ketuban, tali pusar, plasenta, gigi susu, hingga perkara yang sifatnya transendental, mereka semua pamit tanpa peringatan. Hal-hal penting yang telah hilang namun masih tergantikan oleh sesuatu yang baru biasanya akan memudar eksistensinya dari memori manusia tanpa pernah disadari, seolah itu tak pernah ada, tak pernah terciptakan. Sedangkan semua penggantinya itu bagaikan terbuat dari udara yang muncul tiba-tiba dari kekosongan.

Siapa manusia yang dapat mengingat betapa pentingnya gigi susu ketika gigi permanen sudah mengkudeta jabatannya di gusi? Nyaris tak ada, karena begitu kudeta terjadi, sejarah kolektif langsung ditulis ulang sehingga gigi susu bertransformasi menjadi suatu entitas yang teralienasi. Mungkin hanya dokter gigi yang dapat mengingatnya, itu pun dapat terjadi setelah mereka digodok selama 6 tahun di pendidikan khusus yang kurikulum utamanya adalah komparasi gigi susu dan gigi permanen.

Jadi dapat dikatakan bahwa salah satu tugas utama manusia di dunia ini adalah melupakan. Entah itu untuk perkara yang sepele maupun yang penting. Jadi tidak perlu kaget jika seseorang melupakanmu meskipun kalian sudah pernah makan di nampan bersama dan tidur di ranjang yang sama karena sudah tugasnya untuk melupakannmu. Dan tidak usah khawatir apabila ingatanmu tak lagi mampu menjangkau kawan-kawan lama yang pernah berjanji sehidup-semati denganmu karena sudah menjadi kewajibanmu untuk melupakan mereka begitu waktu bergerak ke stasiun berikutnya. Melupakan dan dilupakan.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...