Minggu, 22 Februari 2015

Miskin Itu Pilihan, Percayalah...

“Jika Anda tidak memiliki banyak harta, maka Anda tidak perlu bekerja sepanjang hidup Anda seperti seorang budak untuk mempertahankan mereka, dan karena itu Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri."
"Orang miskin adalah mereka yang hanya bekerja untuk mencoba memelihara gaya hidup yang mahal, dan selalu ingin berlebih-lebihan." -Mujica-

Entah jenis kehidupan apa yang telah dihadapi oleh seorang José Alberto Mujica Cordano hingga bisa menjadi dirinya saat ini. Di usianya yang mencapai lebih dari 70 tahun, dia melegalkan ganja, menyisihkan 90% gajinya, memelihara anjing berkaki tiga, serta menolak semua kemewahan yang menjadi idaman jutaan manusia di berbagai belahan dunia.

Di sini, saya terpisah sejauh 1.500-an km dari kampung halaman dan orang-orang terdekat untuk mencari apa yang telah dibuang Mujica. Saya mungkin bisa menemukannya dalam waktu yang entah kapan, namun itu tidak menjamin jika saya akan mencapai kematangan mental seperti dia. Harus menahan beberapa timah panas dengan badan dan mendekam di penjara selama 14 tahun seperti yang dialami Mujica bukanlah ujian yang dapat dilewati oleh mayoritas manusia biasa seperti saya. Pada akhirnya, adagium yang menyatakan bahwa orang-orang besar selalu lahir dari pengalaman hidup yang antimainstream, masih sulit untuk terpatahkan.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...