Sabtu, 14 Maret 2015

Agnes's Speech on Totti

Tahu tentang hal yang pernah dilakukan seseorang, dan tahu seperti apa seseorang, adalah dua hal yang sangat berbeda.

Seringkali kita menghakimi seseorang hanya karena satu tindakannya dan kita melupakan ribuan tindakan lain yang pernah dilakukannya.

Meskipun dunia mengajarkan pada kita bahwa tindakan lebih berbicara dari kata-kata, terkadang, tindakan dapat berbohong. Seringkali, beberapa orang terpaksa melakukan suatu kekeliruan karena mereka tidak punya kesempatan.

Di tubuh kita, nyaris tiap saat terjadi replikasi gen. Sekitar 1000 pasang basa amino direplikasi tiap detik, dan dari semua gen yang direplikasi, ada kemungkinan 1-10 gen salah direplikasi. Bayangkan dalam satu hari, berapa jumlah gen yang salah direplikasi. Sialnya, jika kesalahan replikasi tidak dapat ditoleransi, maka kanker dapat lahir ke dunia. Untungnya, kebanyakan kesalahan replikasi itu tidak terlalu bermakna sehingga dapat diabaikan oleh tubuh.

Sejak awal, inti tubuh kita, gen, sudah rentan terhadap kesalahan. Jadi mengapa mempermasalahkan satu kesalahan jika kesalahan itu tidak sampai mengancam kelangsungan hidup umat manusia dan bumi?

Tidak adil jika orang-orang mengaku mengenalmu hanya berdasar dari satu dua tindakan yang pernah kau lakukan secara kebetulan di depan umum, bukannya menyaksikan jalan hidupmu selama bertahun-tahun. Walaupun telah berusaha keras menjalani hidup bersih, satu kesalahan dapat merusak segalanya. Meskipun dirimu menggadang-gadangkan jargon "whatever people say I am, that's what I'm not", orang-orang akan tetap menghakimimu. Pendapat orang lain tentang dirimu, itulah yang menentukan siapa dirimu.

Karena itu saya percaya pada plastisitas dan potensi pemulihan pada setiap diri manusia. Kita semua bisa berubah.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...