Selasa, 10 Maret 2015

Beyond the Door

Philip Kindred Dick mungkin bukanlah penulis yang populer untuk manusia di milenium ketiga Masehi. Karena era kejayaan novel-novel dan cerita pendek-nya berlangsung di medio 60-an. Orang saat ini hanya mengenal karyanya secara tidak langsung lewat film yang teradaptasi dari novelnya, seperti Paycheck, Minority Report, Total Recall, dan Next. Hampir semua film yang teradaptasi dari novelnya bercerita tentang semesta yang paralel, tentang perjalanan waktu, dan kondisi delusional. Contohnya saja di film Paycheck, yang dalam kisah itu Ben Afleck berhasil merancang alat yang dapat melihat masa depan atau di film Next, tentang Nicholas Cage yang mengalami gangguan delusional yang membuatnya dapat memprediksi suatu kejadian hingga beberapa langkah ke masa depan atau di Minority Report, yang menceritakan tentang Tom Cruise dan divisi kepolisiannya yang memanfaatkan kekuatan prakognisi sehingga mereka dapat menangkap seseorang sebelum orang tersebut melakukan kejahatan. Ide-ide ceritanya brilian hingga bisa menginspirasi banyak film Hollywood.

Salah satu karyanya yang dianggap paling fenomenal adalah novel "Do Androids Dream of Electric Sheep?".Banyak pembaca di Goodread yang memasukkan novel ini dalam list must read. Dan bahkan film adaptasi novel tersebut, Blade Runner, juga disebut sebagai salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa. Sayangnya, saya belum sempat membaca ataupun menonton keduanya.

Saya sendiri baru membaca satu karyanya, Beyond the Door, yang merupakan salah satu cerita pendek sci-fi yang diterbitkan dalam majalah Fantastic Universe. Dalam cerita pendek ini, terdapat empat tokoh yang berinteraksi, yakni Larry, Doris, Bob, dan sebuah jam dinding tekukur. Entah pesan alegori dan metafora apa yang hendak disampaikan oleh Dick di cerita pendek ini. Tentang kecemburuan yang membunuh? Perselingkuhan yang lintas dimensi? Atau tentang kemarahan yang terkontrol? Entahlah. Yang pasti, alur cerita pendek ini terkesan gelap karena berakhir pada kematian yang misterius dan kesimpulan serta motif yang menggantung. Mungkin di tahun 1950-an, ketika cerita pendek ini diterbitkan, kisah-kisah menggantung sedang populer atau ...

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...