Kamis, 05 Maret 2015

Fyodor

Fyodor. Nama yang aneh untuk orang Indonesia namun terdengar biasa bagi orang Rusia di abad ke-19 karena di zaman itu, hidup salah satu novelis termahsyur yang bernama Fyodor Mikhailovich Dostoevsky. Satu-satunya penulis Rusia yang dapat menyaingi popularitasnya adalah Leo Tolstoy.
Pertama kali saya membaca karya Dostoevsky saat tahun kedua kuliah. Saya menemukan buku Crime and Punishment di Perpustakaan Pusat Unhas di rak yang berdebu. Dengan sampul yang terlihat jauh dari kesan superior. Yang membuat buku itu menarik di mataku adalah ketipisannya. Mungkin saat itu saya sedang tidak ada kerjaan atau justru terlalu frustrasi, sehingga saya memutuskan untuk meminjam buku itu untuk dibawa pulang agar bisa dibaca secara cepat. Saya tidak ingin menghabiskan waktuku untuk membaca novel yang panjang, begitu pikirku. Padahal ketika itu saya tidak tahu siapa Dostoevsky, yang saya tahu hanyalah Leo Tolstoy, itupun saya tahunya dari kisah surat-menyuratnya dengan Mahatma Gandhi. Konon katanya, perjuangan Ahimsa Gandhi terinspirasi dari Tolstoy. Entahlah. Dostoevsky dan Tolstoy sendiri hidup di zaman yang sama, namun anehnya mereka tidak pernah bertemu sekalipun. Mungkin Rusia terlalu luas untuk dijangkau oleh transportasi abad ke-19, sehingga mereka sulit untuk saling mengunjungi. Kalau untuk analogi zaman sekarang, mereka bagaikan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Hanya saja Tolstoy dan Dostoevsky adalah manusia bebas bukan milik klub.

Crime and Punishment adalah salah satu karya yang fenomenal. Tulisan Dostoevsky ini merupakan suatu prosa psikologi yang agak kompleks untuk otakku saat itu. Pergolakan batin Raskolnikov antara hendak melakukan kejahatan demi bertahan hidup atau mempertahankan idealismenya telah menghantarkannya pada kisah hidup yang penuh ironi. Karena prosa ini, saya jadi tertarik untuk membaca karya Dostoevksy lainnya, seperti Brother Karamazov dan The Idiot. Sayangnya, kedua karya tersebut belum pernah sempat saya baca. Mungkin nanti, jika waktu luang dan kesempatan ada.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...