Sabtu, 21 Maret 2015

Hope Trial

"Wherever there’s hope there’s a trial. You’re exactly right. Absolutely. Hope, however, is limited, and generally abstract, while there are countless trials, and they tend to be concrete. That is also something I had to learn on my own."

Saya berharap dapat memiliki harapan yang tak berbatas. Bahkan satu harapan saja, sudah dapat membuatmu hidup hingga puluhan tahun. Seperti Sang Pedagang Kristal di novel The Alchemist karangan Paulo Coelho, yang berharap dapat ke tanah suci untuk melaksanakan haji, namun dia tidak mau pernah melakukannya meskipun punya banyak kesempatan dan uang. Dia takut, setelah mencapai harapan itu, tidak akan ada lagi harapan yang tersisa untuknya. Apa jadinya kehidupan yang tanpa harapan?

Banyak orang yang pernah menjadi seperti Sang Pedagang. Para istri yang menjadi korban KDRT, para pacar yang senantiasa diselingkuhi, para budak yang senantiasa terjajah. Mereka dapat bertahan karena di hati mereka terdapat harapan bahwa kondisi dapat berubah, mereka akan terbebas dari semua penderitaan. Entah harapan itu kosong atau akan menjadi nyata, sulit untuk memastikannya. Kalau kata Sonmi di Cloud Atlas, saat hendak menjajah orang lain, sisakan sesuatu untuk mereka yang terjajah, entah itu harapan atau apapun. Jika kau merampas semuanya, mereka akan bangkit dan melawanmu.

Mungkin ini klise seperti yang sering diumbar manga Naruto dan One Piece, tapi harapan memang penting.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...