Senin, 15 Juni 2015

Jumat, 22 Mei 2015

Hari ini, saya berhasil menamatkan buku 1Q84 karangan Haruki Murakami. Buku tebal berbahasa Inggris itu akhirnya selesai juga setelah menghabiskan waktu sejak 26 Desember 2014 hingga 22 Mei 2015. Suatu periode membaca yang sangat lama. Ingin rasanya menceritakan ringkasan buku itu, tapi saya tidak ingin melanggar aturan spoiler. Jadi mungkin saya akan membahasnya saja dalam bentuk abstrak tanpa spoiler.

1Q84 merupakan suatu jenis buku yang sifatnya surealis metafisika. Ada dunia paralel di sana, ada pencarian terhadap Tuhan, ada psikologi Freud, ada Jung, ada pencarian jati diri, ada misteri yang sampai akhir novel tak juga terungkap. Membaca 1Q84 rasanya seperti membaca ringkasan novel Dostoevsky, Chekov, Tolstoy, dan novel-novel lain. Selain itu, Murakami sangat lihai dalam mengkonversi hal absurd menjadi hal yang tampak masuk akal.

Seperti keluarnya Little People dari mulut kambing dan Ushikawa, atau munculnya Air Chrysalis di tempat tidur ayah Tengo, atau bergentanyangannya isi pikiran ayah Tengo ke rumah Aomame,  Fuka-Eri, dan Ushikawa. Dan yang paling absurd, bagaimana bisa Aomame hamil lalu ada dua bulan muncul  di langit. Sungguh, absurd kalau dikaitkan dengan logika tapi terasa makes sense begitu dibaca. Bagaimana cara menjelaskannya dengan tepat ya? Pokoknya, ini seperti mendengarkan kebohongan dari seseorang yang kita sukai, yang kita tahu persis bahwa dia melakukannya untuk bercanda agar kita semua tertawa. Kita tahu bahwa itu bohong, namun kita justru menyukainya. Padahal, basic instinct atau naluri dasar manusia cenderung membenci kebohongan dan penyimpangan sehingga manusia harus menciptakan banyak institusi seperti kehakiman, kepolisian, dan badan-badan lain yang mengharuskan kita untuk membaca kitab undang-undang.

Akhirnya, silakan baca saja buku ini. 

p.s.: Salah satu tulisan titipan si empunya blog yang dikirim via sms tanpa ada singkatan satu kata pun. Saya ulangi; dikirim via sms tanpa ada singkatan satu kata pun. Bisa dibayangkan, sebesar apa jempolnya sekarang.
p.s.s.: Dikirim di pinggir pantai sambil memandangi langit.
p.s.s.s.: Ini diposting setelah saya diteror berkali-kali dengan pertanyaan “Bagaimana blog?” “Update blogku”

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...