Senin, 13 Juli 2015

Minggu, 12 Juli 2015: Continue

Oma Rbca sudah dikuburkan sejak dua minggu yang lalu sedangkan Opa Hbl baru dikuburkan kemarin. Semenjak berada di sini, rasanya sudah sekitar tujuh atau delapan kali saya ikut serta dalam prosesi penguburan. Entahlah, saya lupa persisnya. Terlalu banyak kematian yang terjadi. Saya jadi sulit menghitungnya. Padahal waktu masih di Makassar dan Muna dulu selama 24 tahun lebih, saya hanya mengikuti prosesi penguburan teman bermain semasa kecil yang meninggal karena sebab yang tak jelas dan ayah dari teman seangkatan yang meninggal karena kanker pankreas. Malah, waktu kematian nenek saya dulu, saya tidak ikut dalam prosesi penguburannya. Rasanya cukup menyedihkan jika harus melihat orang yang pernah kita kenal berkalang tanah dan takkan pernah ditemui lagi di bumi ini. Momen-momen kesedihan selalu menyesakkan.

Prosesi penguburan di Ndao sungguh berbeda jauh dengan dua prosesi penguburan yang pernah saya saksikan dulu. Perbedaan paling besarnya terletak pada ritual ibadahnya karena mayoritas warga di Ndao beragama Protestan. Doa-doa yang dipanjatkan, susunan acaranya, sungguh berbeda.

Kembali ke soal ponsel. Tadi siang, sinyal menghilang selama seharian. Asli terputus dari dunia luar. Nampaknya cuaca terlalu buruk hingga menimbulkan interferensi pada jaringan telekomunikasi. Bahkan setelah berkeliling pantai berkali-kali, sinyal tetap kosong. Untungnya jam 8 malam sinyal langsung pulih. Tapi kami mendapatkan kabar yang kurang membahagiakan karena kapal ferry dari Rote ke Kupang tidak bisa beroperasi karena gelombang terlampau tinggi. Padahal kawan-kawan yang lain telah bersiap-siap untuk mudik. Semoga saja cuaca bisa membaik.

Selain sinyal, solar juga sedang mengalami kelangkaan. Sejak kemarin hingga tadi siang, kami menjadi seperti tentara infanteri yang mengelilingi medan Ndao untuk menemukan solar. Padahal semua baterei ponsel kami telah mencapai titik nadirnya hingga harus mendapatkan suntikan daya dari genzet. Penjual-penjual solar kami sambangi namun jawaban yang kami dapatkan hanya "maaf solar habis".

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...