Sabtu, 04 Juli 2015

Rabu, 3 Juni 2015



Hadir di PKM pukul 7.30. Mau absen pagi, tapi tidak ada daftar hadir. Sudah sebulan di sini, namun saya belum menemukan yang namanya daftar hadir. Kepala PKM sepertinya tidak terlalu concern dengan masalah daftar hadir dan petugas PKM lain nampaknya memiliki sikap yang sama.

Kami berdelapan agak kebingungan dengan kondisi ini. Karena kami tidak tahu persis, sebetulnya jam berapa kami harus masuk dan pulang. Kami mau mengusulkan pengadaan absen pada kepala PKM namun kami merasa agak risih karena kami berdelapan masih baru di sini. Mengusulkan hal tersebut secara prematur dapat menimbulkan resistensi dari petugas lainnya yang bisa jadi sudah merasa nyaman dengan kondisi yang sekarang. Namun jika membiarkannya berlarut-larut, maka bisa jadi justru kami yang akan melebur dan mengikuti kebiasaan di sini. Kemenkes tidak munngkin buang-buang banyak uang mengirim kami ke sini untuk mengikuti kebiasaan lama di PKM ini. Menkes dan eselon 1 lainnya berharap agar kami dapat membawa perubahan yang lebih baik ke Ndao. Tapi melihat kondisi di sini, sepertinya kami harus lebih kreatif dan lihai dalam membuat inovasi yang dapat diterima oleh semua pihak.

Ganti topik. Sepertinya hari ini saya akan menulis buku kegiatan harian. Untuk bisa mencatat dan menjejaki semua pasien yang saya tangani dalam satu hari. Itu salah satu cara untuk mengurangi kebosanan. Sebetulnya saya lebih suka mencatatnya di seluler seperti ini. Sayangnya, Ndao bukanlah tanah yang ramah bagi pengguna seluler. Tanah Ndao lebih suka pendekatan tradisional seperti buku dan pena, meskipun Indonesia telah merdeka selama 69 tahun. Sinyal dan listrik masih jauh dari sini.
Mungkin kegiatan pencatatan itu dapat dimulai dengan membeli buku tulis dan pena.

08.36. Teman-teman yang lain masih menunggu kepastian mengeni jadi tidaknya penyuluhan yang semestinya dilaksanakan pada jam 09.00 di Desa Ndao. Dua penyuluhan sebelumnya di Desa Mbiu Lombo dan Desa Mbali Lendeiki berlangsung dengan jadwal yang juga telat. Nampaknya hari ini akan terjadi kejadian yang sama.

08.41. Pasien pertama hari ini.
10.29. Pasien terakhir hari ini.
Total 18 orang.

Ternyata 10.56 ada satu lagi pasien, sehinggat total pasien yang datang adalah 19 orang.
Jam 11.20. Pasien datang lagi.
Total 20 orang.

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...