Sabtu, 29 Agustus 2015

Sabtu, 29 Agustus 2015: Lunatic

Kalau dipikir-pikir, melihat bulan purnama seperti yang kulakan saat ini, adalah salah satu momen alam yang langka. Purnama hanya dapat ditemukan sebanyak 12 kali dalam setahun. Memang itu belumlah ada apa-apanya jika dibandingkan dengan menanti datangnya komet Halley yang mampirnya sampai butuh waktu 76 tahun sekali. Tidak semua manusia yang pernah menghuni bumi ini dapat melihat komet Halley. Bahkan seorang Nuh yang konon katanya punya umur sampai 600 tahun pun, mungkin hanya punya kesempatan melihat Halley sebanyak 7 kali. Sehingga saya tak ingin melewatkan kesempatan melihat purnama walaupun hanya sekali. Di usiaku yang sudah seperempat abad lebih lima bulan dua hari ini, semestinya saya sudah melihat 305 purnama. Tapi sepertinya, pengalaman mentalku tidak sampai merekam memori sebanyak itu. Terlalu banyak momen purnama yang kulewati dengan ketidakpedulian pada pekatnya malam atau ketidaksengajaan terkurung di ruangan tertutup.

Purnama yang kulihat malam ini bisa jadi merupakan benda yang sama dengan yang dilihat oleh nenek moyangku dulu ribuan tahun yang lalu. Apakah mereka merasakan kekaguman yang sama ketika mendongakkan kepala ke angkasa malam? Atau hanya saya saja yang.merasakan sentimen seperti itu?

Ada kisah yang menyebutkan bahwa di Inggris masa lalu, sering ditemukan banyak orang yang menjadi gila ketika bulan purnama. Karena itu timbul istilah "lunatic" untuk mengatakan jenis kegilaan itu. Saat itu, orang yang melakukan hal-hal gila yang melanggar hukum di malam bulan purnama tidak ditangkap.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...