Selasa, 15 September 2015

Selasa, 15 September 2015

Jika Dagny Taggart dan John Galt memang ada di dunia ini, mereka mungkin akan menyanyikan lagu Arctic Monkeys, Stop The World Cause I Wanna Get Off With You, lalu menghilang ke Atlantis seperti yang mereka sudah lakukan di Atlas Shrugged. Saya merasa Ayn Rand begitu membenci altruisme hingga dia harus menulis Atlas Shrugged dan The Fountainhead untuk memperjelasnya. Menurutnya, kolektivisme adalah hal yang harus dimusnahkan dari muka bumi ini. Individu semestinya bebas untuk menentukan jalan hidupnya sendiri tanpa perlu memikirkan kebaikan kelompok. Nilai tertinggi adalah kebaikan individu. Seseorang tidak boleh mengorbankan kepentingan pribadinya demi kepentingan publik. Tidak ada yang namanya pengorbanan dalam kamus Ayn Rand.

Saat membaca Atlas Shrugged dan Fountainhead, saya seperti sedang dalam program cuci otak. Semua nilai-nilai yang saya sudah pelajari selama ini, seperti Pancasila, betul-betul bertentangan dengan nilai-nilai yang dipercaya oleh Ayn Rand. Pancasila yang saya kenal selama ini, sangat menekankan pentingnya mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi. Namun Ayn Rand yang libertarian, sangat mengutuk hal tersebut. Menurutnya, saat individualisme tergilas oleh kolektivisme, maka saat itulah kreatifitas dan kehendak bebas manusia sirna ditelan bumi. Manusia yang inkompeten akan menjajah manusia-manusia yang kompeten atas nama kepentingan publik.

Filosofi Ayn Rand sangat tegas. Tidak ada yang namanya abu-abu di muka bumi ini, semua hanya hitam dan putih. Dia percaya dengan logika Aristoteles mengenai prinsip identitas eksistensi, A=A, kebenaran itu sifatnya absolut. Nilai keabsolutan tersebut bukan berasal dari pendapat mayoritas, wahyu ataupun firman Tuhan, tapi semata berasal dari prinsip eksistensi manusia. Bahwa semua hal benar jika itu sesuai dengan prinsip bertahan hidup manusia.

Dunia ideal yang diinginkan Ayn Rand begitu indah. Sebuah utopia yang mustahil diwujudkan di dunia saat ini. Apalagi semenjak hampir semua orang di dunia ini menjadi pendukung sosialisme baik secara sadar maupun tak sadar.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...