Jumat, 27 November 2015

Lundi, 23 Novembre 2015: Rêve

Di surat At Taubah ayat 38-40, terdapat perintah untuk berperang. Di surat Al Anfaal ayat 45-47, malah terdapat penjelasan strategi untuk berperang. Di kitab Joshua (6:21) terdapat cerita perang yang disertai pembataian rakyat dengan mengatasnamakan Tuhan. Saya tidak tahu persis di kitab suci agama lainnya tapi ayat-ayat dari kitab suci ini, sering digunakan sebagai pembenaran untuk melakukan peperangan. Jika ada yang bertanya, kapan perang di Timur Tengah akan berakhir? Sepertinya itu hal yang mustahil. Karena semua orang di sana berperang dengan mengatasnamakan Tuhan. Mereka semua merasa paling benar dan menganggap bahwa Tuhan senantiasa menyertai mereka dalam pertempuran.

Bayangkan sebuah kasus, seorang suporter klub sepakbola AC Milan tiba-tiba saja memutuskan untuk berhenti mendukung klub AC Milan lalu memutuskan untuk mengalihkan dukungan ke klub Inter Milan. Karena jengkel, suporter klub AC Milan lainnya memutuskan untuk membunuh suporter yang membelot tersebut. Kebanyakan orang yang bernalar tidak akan pernah setuju dengan pembunuhan seperti itu, tapi coba gantikan kata klub AC Milan dan Inter Milan dengan kata agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, atau lainnya. Maka orang-orang yang bernalar tersebut akan memberikan jawaban yang beragam. Akan ada yang setuju dengan pembunuhan tersebut karena mengatasnamakan agama, ada juga yang mungkin tidak sepakat.

Terkadang saya bingung dengan agama, di satu sisi, agama mengajarkan tentang cinta kasih, namun di sisi lain, agama tidak melarang peperangan dan perbudakan. Mungkin karena itulah peperangan di muka bumi ini tidak akan pernah berakhir

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...