Minggu, 07 Februari 2016

Minggu, 7 Februari 2016: Sense and Sensibility

Kemarin setelah memposting artikel Sense and Ignoramus, tiba-tiba ada yang bertanya, mengapa memilih judul artikel seperti itu?

Sebetulnya judul awal artikel tersebut adalah Sense and Sensibility, sekalian untuk mengenang Alan Rickman yang baru saja wafat. Siapa Alan Rickman? Para penggemar film Harry Potter pasti kenal sosok ini jika mereka bersemangat melihat gulungan kredit di akhir film. Dia adalah sosok yang berperan sebagai Severus Snape di 8 film berseri tentang penyihir yang punya tanda petir di jidatnya. Sebelum main film Harry Potter yang bertahun-tahun tayangnya, dia sudah ambil bagian pada beberapa film yang cukup terkenal di masa lalu, seperti Die Hard dan Sense and Sensibility.

Die Hard adalah film layar lebarnya yang pertama. Dia mendapatkan peran sebagai tokoh antagonis ketika usianya sudah 41 tahun. Oleh karena itu dia cukup layak untuk dimasukkan dalam kategori tua-tua keladi. Die Hard sangat sukses saat itu, sampai dibuatkan beberapa sekuel. Dan kesuksesan itu tidak lepas dari aktingnya yang ciamik sebagai penjahat yang ingin meledakkan Bruce Willis. Rasanya greget kalau lihat aktingnya yang jahat di film itu.

Tapi dibanding dengan dua film box office di atas, Sense and Sensibility adalah film terbaik Alan Rickman, yang menjadi inspirasi awal judul artikel kemarin. Memang sih dia cuma jadi Supporting Actor di film yang diadaptasi dari novel Jane Austen ini. Tapi aktingnya yang handal seolah menutupi pemeran utama di film itu, Hugh Grant. Bahkan Kate Winslet pun tidak dapat menjadi mengimbangi akting Alan di film yang diarahkan oleh Ang Lee tersebut. Hanya Emma Thompson yang sepertinya punya satu resonansi dengan Rickman di film itu. Wajar saja sih, karena Emma lah yang menulis screenplay untuk film itu, dan dia bahkan meraih Oscar karena hal tersebut. Sayang sekali, Alan Rickman tidak dapat Oscar untuk film itu. Bahkan masuk nominasi saja dia tak bisa, pada akhirnya Oscar tahun itu dibawa pulang Kevin Spacey yang menjadi pemeran pembantu di film The Usual Suspect, salah satu film yang menurutku juga cukup fenomenal karena plotnya yang tak terduga. Seperti halnya Alan, akting Spacey di film tersebut juga menjadi semacam gerhana yang menutupi cahaya pemeran utama di film itu. Kadang-kadang nominasi Oscar memang membingungkan. Sampai akhir hayatnya, Rickman tidak pernah masuk nominasi Oscar.

Sepertinya Alan Rickman memang cocok berperan menjadi tokoh jahat dan sinis. Selain menjadi Hans Gruber yang jahat di Die Hard, dia juga pernah menjadi Sheriff of Nottingham yang merupakan lawan Robin Hood serta pernah juga menjadi Rasputin dan pengisi suara Marvin Si Robot Paranoid di film Hitchhiker's Guide To The Galaxy.

Sayangnya, kita tidak bisa lagi melihat akting Rickman. Kanker pankreas telah mengalahkannnya.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...