Jumat, 18 November 2016

War

Lelah rasanya melihat timeline media sosial dan media konvensional dalam satu bulan terakhir, temanya hanya mengorbit pada dua nama, Donald Trump dan Ahok. Terus terang saya sebenarnya tidak peduli dengan semua persoalan yang saat ini terkait dengan kedua orang tersebut. Kalaupun saya peduli, apa yang bisa saya lakukan untuk kedua orang tersebut? Donald Trump sudah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, yang mana itu bukanlah negaraku dan Ahok adalah kandidat Gubernur Jakarta, yang juga bukanlah daerah pemilihanku. Jadi mau bagaimana lagi? Terpilihnya Trump mungkin akan memicu timbulnya perang dunia ketiga dan terpilihnya atau tidak terpilihnya Ahok mungkin akan memicu kemarahan partisan bahkan mungkin perang antar-golongan, kalau hanya daerah Jakarta saja yang perang, mungkin daerah lain bisa turut prihatin saja namun perang antar-golongan jarang terlokalisasi kadang merembet hingga ke daerah lain, dan tentu saja itu berbahaya. Tapi sekali lagi, apakah saya memiliki kuasa untuk mengubah semua hal tersebut? Tak ada yang bisa dilakukan. Saya hanya bisa diam saja dan tidak memperkeruh suasana dengan membuat status-status media sosial yang menyudutkan kelompok-kelompok tertentu.
Dengan semua sejarah yang panjang mengenai betapa buruknya konflik partisan dan perang terhadap umat manusia, saya sungguh tidak mengerti mengapa begitu banyak manusia zaman sekarang yang masih terlihat begitu mendambakan peperangan.
Manusia memang mahluk yang aneh. Begitu kedamaian datang, mereka menginginkan perang namun saat perang terjadi, mereka merindukan kedamaian.
Belum sampai 100 tahun bumi terlepas dari perang besar antara Tentara Sekutu versus Jerman-Jepang-Italia-Turki, kini manusia sedang dalam perjalanan untuk menuju peperangan yang baru. Saat itu, Jerman dkk. kalah perang, sehingga mereka yang jadi penjahatnya. Dunia mungkin akan berbeda jika tentara sekutu yang kalah. Tujuh puluh tahun yang lalu hanya Amerika Serikat yang memiliki nuklir, kini sudah banyak negara yang memilikinya. Jika perang dunia terjadi lagi, mungkin takkan ada lagi yang tersisa bagi para pemenang perang.

Tidak ada komentar:

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...