Sabtu, 26 Agustus 2017

When You Take a Bath

Di masa lalu, saya pernah beberapa kali menulis artikel disorientatif yang temanya adalah mandi. Namun jika ditelisik lebih jauh sebenarnya tema mandi bukanlah hal yang terlalu urgent untuk dibahas karena hampir semua orang yang pernah mendengarkan penyuluhan sanitasi, sudah mempraktikan ritual mandi tanpa pernah sekalipun menemui rintangan ataupun ujian yang berat ketika melakukannya. Memangnya siapa sih orang yang ketika mandi tiba-tiba harus menghadapi ujian berupa soal matematika yang isinya rumus integral dan diferensial. Bahkan Isaac Newton yang menjadi teladan di dunia matematika tidak pernah bertemu hal macam itu. Kalau ada yang tiba-tiba bertanya, "Kok bisa tahu tentang urusan mandi Newton sih?"(meskipun rasanya mustahil akan ada orang yang mengajukan pertanyaan konyol seperti ini) Jawabannya sih simpel, dari hasil baca buku (semoga ini bukan congkak terselubung). Hal incredible seperti mengerjakan ujian matematika ketika sedang mandi semestinya dicatat dalam buku-buku biografi Newton, tapi  sejak masih muda dulu, saya tidak pernah menemukan adanya catatan mengenai hal ini. Paling banter sih catatan anekdot tentang bagaimana apel bisa menjadi inspirasi teori gravitasi Newton atau tentang kontroversi kalkulus Newton-Leibniz.
Mungkin dulu saya bukanlah seorang penganjur mandi teratur karena saya selalu menganggap mandi teratur hanyalah suatu cara yang tidak efektif dalam memanfaatkan air. Namun setelah beberapa tahun menjalani kehidupan dengan mandi teratur, saya menyadari bahwa ternyata tiap kali selesai mandi, bad mood tiba-tiba bisa sedikit berkurang. Dan saya semakin yakin dengan efek tersebut setelah membaca beberapa penelitian mengenai hydrotherapy. Sejak zaman dulu, air sudah digunakan oleh manusia sebagai media terapi dan mandi merupakan salah satu metode untuk melakukan hydroterapi. Untuk sementara itu saja dulu perkara mandi yang akan saya bahas di blog ini guna mengisi kekosongan.

Blog ini sudah terlalu lama tidak diupdate.

2 komentar:

  1. Siip....mas, efek air terhadap tubuh manusia bisa dipelajari dalam ilmu "hidroterapi", simpelnya air sebagai suatu benda cair yg memiliki ciri fisika yg menguntungkan bagi tubuh berdasarkan teori fisika. antara lain ya adanya gaya apung dan efek penekanan keseluruh arah. gaya2 tersebut bila bekerja pada tubuh manusia misalnya mandi atau terutama berenang, akan memberikan efek masase/pijatan terhadap otot2 tubuh manusia, sehingga akan membantu kelancaran aliran sirkulasi darah mikro di permukaan tubuh. menghilangkan kepenatan dan memberikan rasa segar. sedangkan efek gaya tekan pada kondisi berenang misalnya maka akan memberikan efek exercise/latihan peningkatan kapasitas kardiorespirasi (jantung-paru), gitu mas sebagian urun pikiran secara simple ajalah, dariku yg jujur saja sudah sangat amat sibuk dg pekerjaan...tetap semangat ngBlog mas...

    BalasHapus
  2. Terimakasih Pak Srex atas insight-nya mengenai hidroterapi. Sepertinya Pak Srex mulai aktif lagi ini nge-blog. :D

    BalasHapus

Pencarian Referat - Dokumen - Artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut